Recent Post

5 Cara Merawat Ikan Glofish yang Wajib Pemula Ketahui

 

Cara Merawat Ikan Glofish yang Wajib Pemula Ketahui
Cara Merawat Ikan Glofish yang Wajib Pemula Ketahui

Coldeja.com - Salah satu jenis ikan dengan corak indah dan warna-warni serta tampak menyala terang adalah ikan glofish. Pada kesempatan kali ini, artikel berikut akan mengulas seputar bagaimana cara merawat ikan glofish yang patut diketahui terutama oleh pemula.


Simak lebih lanjut artikel ini agar dapat merawat ikan glofish dan menjaganya agar selalu sehat, lincah, dan aktif, serta terhindari dari segala penyakit.


Ikan glofish terbilang ikan yang mudah dirawat dan tidak gampang mati, bahkan ikan ini bisa tetap hidup dengan normal meski kolam atau akuarium kalian tidak menggunakan aerator atau mesin filter.


Meski demikian, kita sebagai penghobi ikan hias dan pemilik yang baik bisa tetap memaksimalkan perawatan ikan ini agar selalu senang dan tidak stress. Untuk itu, ada beberapa tips mengenai cara merawat ikan glofish yang perlu diperhatikan.


Cara Merawat Ikan Glofish yang Wajib Pemula Ketahui


1. Pelihara dengan Settingan Akuarium yang Nyaman


Jangan lupa untuk memelihara ikan glofish menggunakan settingan akuarium yang dapat membuat ikan-ikan merasa nyaman. Pastikan juga untuk menggunakan mesin filter agar sirkulasi air dalam akuarium terus berjalan dengan baik dan air selalu bersih.


Pastikan juga untuk memperhatikan jumlah ikan glofish dan luas akuarium yang dimiliki agar tidak terlalu berdempet-dempetan. Upaya ini perlu dilakukan supaya glofish dapat berenang ke sana kemari dengan leluasa.


Sebagai contoh, untuk akuarium dengan ukuran 40 cm x 40 cm x 40 xm, pemilik ikan hias dapat memelihara maksimal 20 ekor glofish. Jumlah tersebut sudah terbilang banyak dan ideal bagi lingkungan hidupnya atau lebih sedikit akan lebih baik, misalnya cukup 10 ekor.


2. Isi Akuarium dengan Tanaman Aquascape


Kemudian, isi akuarium berisi ikan glofish ini dengan beragam furniture, seperti tanaman aquascape. Ibaratnya, ketika kita berada dalam sebuah ruangan jika dibiarkan kosong akan membuat penghuninya merasa bosan dan gabut.


Sama halnya dengan akuarium ikan, di mana ikan akan merasa bosan ketika tidak ada furniture lain yang dipasang di sekitar lingkungan hidupnya dan inilah peran dari tanaman aquascape.


Apabila ingin menggunakan konsep kekinian seperti lampu ultraviolet bisa tetap menggunakan tanaman. Cukup dengan tanaman plastik untuk memasangnya di akuarium yang bisa dengan mudah diperoleh di toko ikan hias.


Ikan glofish yang terkena cahaya lampu ultraviolet akan membuat tubuhnya semakin total dalam memancarkan cahaya.


Namun, jika pemilik hendak menggunakan konsep aquascape, akan lebih bagus sebab ikan akan terasa benar-benar seperti di alamnya.


Cukup dengan memberikan beberapa batang tumbuhan dan disusun dengan sedemikian rupa akan semakin memperindah akuarium yang berisi glofish milikmu.


3. Perhatikan Pakan Ikan Glofish


Selanjutnya, tips ketiga yang bisa kamu ikuti dalam merawat ikan glofish adalah dengan memperhatikan pakannya. Berikan pelet atau pakan ikan dengan ukuran mikro.


Selain itu, pemilik glofish juga bisa memberikan pakan alami berukuran kecil yang udah dimakan seperti cacing beku, jentik nyamuk, cacing sutera, dan masih banyak lagi.


Intinya, pemberian pakan ikan glofish tidak ribet dan rewel, yang terpenting adalah memberikannya makan secukupnya dan ini tentu perlu diperhatikan oleh pemilik ikan terutama yang masih pemula.


Kamu bisa memberi makan ikan sebanyak satu kali sehari atau maksimal dua kali sehari di waktu pagi dan malam dengan jumlah secukupnya.


Pemberian pakan berlebihan pada ikan akan membuat makanan yang tidak termakan membucuk di dalam akuarium juga membuat air menjadi kotor. Dampaknya, air menjadi tercemar dan bisa membuat ikan keracunan dan sakit.


4. Rutin Mengganti Air Akuarium


Tips keempat yang perlu pemilik ikan glofish perhatikan adalah rutin mengganti air akuarium. Hal ini sering tidak disadari oleh pemilik ikan terutama yang masih awam mengenai betapa pentingnya pengantian air akuarium yang sudah kotor secara rutin.


Hal ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap ikan yang sedang dipelihara. Namun, ketika air yang diganti atau disedot total dan diganti dengan air baru dapat mengakibatkan ikan akan stres, termasuk ikan glofish.


Jadi, ketika hendak mengganti air dalam akuarium pastikan tidak lebih dari setengah volume airnya. Sebenarnya, cara menguras air di akuarium terbilang sederhana, kamu cukup.


Apabila secara visual, sedot saja kotoran yang terlihat hingga bersih. Lalu, isi air akuarium seperti sedia kala.


5. Rajin Mengulangi Keempat Tips Sebelumnya


Tips kelima berikut ini merupakan tips yang sangat penting dan kunci dari semuanya. Tips tersebut yaitu rajin mengulangi tips pertama hingga keempat yang tadi telah dijelaskan.


Dengan begitu, ikan glofish yang kita pelihara akan selalu sehat, senang, tidak mudah stres, dan tidak gampang terserang penyakit.


Itulah beberapa cara merawat ikan glofish yang bisa pecinta ikan hias terapkan maupun pemula yang ingin mencoba memelihara ikan satu ini.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Merawat Ikan Glofish yang Wajib Pemula Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel