Recent Post

6 Makanan Ikan Arwana Beserta Kegunaan dan Cara Pemberian

 

Coldeja.com - Pada kesempatan kali ini, artikel berikut akan memberikan informasi mengenai apa saja makanan ikan arwana lengkap dengan kegunaan dan cara pemberiannya. Simak selengkapnya untuk mengetahuinya lebih jauh seputar makanan ikan arwana.


Tahukah kamu? berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 2 Tahun 2021, Kementerian Kelautan dan perikanan telah menetapkan bahwa maskot ikan hias nasional adalah ikan arwana super red dan ikan banggai cardinal.


Kedua ikan tersebut berhasil terpilih sebagai ikan hias nasional, di mana ikan arwana super red dengan nama latin Scleropages formosus merupakan ikan hias air tawar dan ikan banggai cardinal fish adalah ikan hias air laut.


Ikan arwana jenis ini memiliki bentuk badan yang panjang dan memanjang ke samping. Ukuran ikan arwana bisa mencapai 70 sampai 80 centimeter. Sisik ikan arwana super red berukuran besar dan tersusun secara rapi seolah-olah seperti genteng.


Punggung ikan arwana cenderung lurus mulai dari kepala hingga ekor dan umumnya terdapat lekukan kecil.


Bagi kalian yang memelihara ikan hias air tawar satu ini tentunya patut merasa bangga memiliki ikan hias nasional.


Terutama para pemula sudah sepatutnya mengetahui apa saja makanan ikan arwana agar ikan yang dirawat ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan tetap dalam kondisi sehat.


Makanan dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya ikan secara umum, tidak terkecuali ikan arwana. Terdapat banyak sekali tipe makanan yang dapat diberikan kepada ikan arwana baik dalam kondisi beku maupun hidup.


Teruntuk yang masih bingung mengenai makanan apa saja yang dapat diberikan ke ikan arwana kesayangan, berikut ini adalah deretan ragam pakan untuk ikan arwana yang bisa disesuaikan dengan lingkungan sekitar.


Makanan Ikan Arwana Beserta Kegunaannya


1. Jangkrik


Jangkrik dapat dimanfaatkan sebagai makanan utama ikan arwana karena mudah untuk diperoleh dan banyak penjual jangkrik yang menawarkan serangga satu ini sebagai pakan hewan.


Untuk memacu perkembangan warna ikan, pemberian jangkrik sangat bagus untuk arwana seperti super red. Sangat disarankan untuk memberikan jangkrik berusia muda sebagai pakan.


Selain itu, ada baiknya untuk membuang kaki panjang bagian belakang dari jangkrik terlebih dahulu sebelum menjadikan pakan arwana. Hal ini perlu dilakukan sebab ada bagian tajam dari kaki jangkrik yang bisa mengganggu sistem pencernaan dari arwana.


Simpan jangkrik ke tempat tersendiri atau letakkan ke dalam kandang khusus. Bisa juga untuk membekukan jangkrik dengan memasukkan dalam wadah dan meletakkannya ke dalam freezer sebagai pasokan pakan ikan arwana.


2. Kodok


Kodok merupakan salah satu rekomendasi pakan lainnya untuk ikan arwana kita. Pemberian pakan jenis ini lebih cenderung kepada memacu perkembangan ukuran ikan.


Hewan ini mengandung tinggi lemak dan protein, yang membuatnya sangat bagus untuk memperbesar ukuran badan dari arwana itu sendiri.


Untuk mempermudah arwana kita menelan dan mencerna pakan satu ini, bisa menggunakan kodok berukuran kecil. Tak hanya itu, kodok perlu dibiasakan dulu sebab jika tidak demikian, akan membuat arwaan tidak mau melahap kodok.


Penyimpanan kodok terbilang tidak tahan lama sehingga disarankan untuk hanya membeli pakan ini dalam jumlah sesuai kebutuhan saja atau membeli dalam keadaan sudah membeku.


3. Ulat Jerman atau Ulat Hongkong


Baik ulat jerman maupun ulat hongkong juga bagus dijadikan sebagai pakan ikan arwana, lho! Pakan ulat jerman atau ulat hongkong memiliki fungsi yang mirip dengan kodok sebagai pakan arwana, yang memiliki kandungan lemak yang tinggi.


Banyak penjual yang mengembangbiakkan ulang ulat jerman atau ulat hongkong sehingga dapat dengan mudah menemukannya di pasar.


Namun, pemilik juga harus berhati-hati saat memberikan pakan ulat jenis ini. Mengapa? pemberian ulat jerman atau ulat hongkong secara berlebihan pada arwana dapat menyebabkan perut ikan bisa menjadi panas.


Sebelum memberikan pakannya ke arwana, dapat membekukan ulat dan memotong taringnya dulu. Upaya ini dilakukan karena mereka tidak seketika mati, tetapi dapat hidup selama beberapa saat di dalam perut ikan. Jika tidak dilakukan tindakan demikian, dikhawatirkan ulat akan menggikit isi perut arwana kita.


4. Udang


Udang sangat bagus dijadikan sebagai pakan arwana kesayangan kita, terutama sebagai pemacu perkembangan warna merah pada ikan arwana super red. Layaknya pakan lain, udang bisa digunakan sebagai pakan baik dalam keadaan hidup maupun sudah dibekukan dalam freezer.


Buang terlebih dahulu kepala udang saat mempersiapkannya sebagai pakan ikan untuk menghilangkan sungut tajam yang dapat membahayakan isi perut ikan arwana kita.


Merebus udang juga bisa memunculkan warna kemerahan pada bagian kulit, yang mana kulit udang menjadi nutrisi ekstra agar warna arwana semakin cerah.


5. Kelabang


Tak hanya memiliki daging tebal, kelabang juga sangat baik untuk perkembangan warna ikan arwana kita seperti halnya jangkrik. Bahkan, zat betakaroten yang terkandung dalam kelabang lebih tinggi daripada jangkrik.


Meski demikian, direkomendasikan untuk tidak terlalu sering memberikan pakan kelabang ke arwana kesayangan. Seyogyanya pemberian pakan jenis ini cukup sebagai snack atau makanan selingan saja.


Kelabang memiliki nilai beli yang terbilang lumayan mahal, apalagi jika membelinya dalam jumlah besar. Ketika ikan kita terbiasa mengonsumsinya, bisa jadi lama-kelamaan tidak mau makan pakan lainnya lagi.


Biasakan untuk memotong sengat dan kaki kelabang sebelum menjadikannya pakan atau santapan arwana. 


6. Cacing Dara


Frozen bloodworm atau cacing dara termasuk dalam pilihan pakan yang lumrah diberikan ke ikan arwana. Biasanya cacing ini dalam kondisi beku dijadikan pakan ke arwana yang masih kecil dengan panjang berkisar 8 centimeter ke bawah.


Berikan pakan cacing dara pada ikan arwana dengan lebih sering, misalnya tiga hingga empat jam sekali dengan jumlah wajar.


Hal ini perlu dilakukan karena anakan arwana membutuhkan makan secara kontinyu untuk memicu pertumbuhan mereka dan agar cepat mencerna makanan.


Saat panjang ikan sudah mencapai 12 centimeter atau lebih, bisa mengganti pakan dengan udang beku yang telah dipotong-potong dalam ukuran kecil.


Demikian deretan makanan ikan arwana beserta kegunaan dan manfaatnya yang bisa kalian berikan ke ikan arwana kesayanganmu. Semoga artikel seputar makanan ikan arwana ini dapat memberikan wawasan lebih luas bagi pembaca dan dapat membantu memelihara ikan dengan lebih baik.


Belum ada Komentar untuk "6 Makanan Ikan Arwana Beserta Kegunaan dan Cara Pemberian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel