Recent Post

10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tanpa Oksigen, Cocok untuk Akuarium Tanpa Aerator

 

10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tanpa Oksigen, Cocok untuk Akuarium Tanpa Aerator

Coldeja.com - Artikel berikut di kesempatan kali ini akan membahas seputar jenis-jenis ikan hias air tawar tanpa oksigen yang tentunya cocok diletakkan dalam akuarium tanpa mesin oksigen atau aerator.


Bagi yang ingin memiliki ikan hias air tawar di rumah, tetapi, tidak memiliki akuarium yang dilengkapi dengan aerator, tak perlu khawatir. Persiapan perlu dilakukan dalam merawat ikan hias dalam akuarium, salah satunya adalah mesin oksigen atau biasa disebut dengan aerator.


Aerator merupakan alat yang berguna untuk membantu oksigen terlarut ke dalam air akuarium maupun kolam.


Keberadaan aerator dalam kolam atau akuarium dapat meningkatkan kadar oksigen dalam air. Hal ini membantu mencukupi asupan sirkulasi pernapasan ikan hias. Apabila gelembung oksigen yang dihasilkan oleh aerator semakin kecil, membuat air semakin cepat menyerap oksigen tersebut.


Dengan tidak adanya aerator dalam akuarium atau kolam, ikan hias yang hidup di sana akan mengalami kesulitan dalam bernapas karena sirkulasi oksigen tidak tercipta.


Meski demikian, ada beberapa jenis ikan air tawar yang tidak memerlukan bantuan aerator untuk dapat bertahan hidup.


Hal ini tentunya sangat cocok bagi calon pemilik ikan hias yang memiliki keterbatasan dalam menyiapkan aerator untuk akuarium.


Lantas, apa saja jenis ikan hias air tawar yang cocok untuk hidup di akuarium tanpa aerator? simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui jawaban apa saja jenis-jenis ikan tersebut.


10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tanpa Oksigen


1. Ikan Guppy


Ikan guppy adalah ikan kecil dengan corak warna-warni yang kerap menjadi pilihan bagi pecinta ikan hias. Hal ini dikarenakan ikan hias satu ini dapat hidup secara berkelompok dan memiliki daya tahan tinggi.


Daya tahan yang ada dalam tubuh ikan guppy tersebut membuatnya dapat bertahan hidup meski diletakkan dalam akuarium tanpa aerator sekalipun.


Ikan ini juga mudah untuk didapatkan. Kamu bisa membeli ikan guppy dengan harga terjangkau di toko ikan hias terdekat.


2. Ikan Cupang


Jenis ikan selanjutnya adalah ikan cupang yang memang sudah lama dikenal memiliki ketahanan tubuh yang baik dan bisa hidup dalam toples kaca tanpa disertai dengan bantuan aerator.


Tidak seperti ikan guppy, ikan cupang memiliki sifat teritorial sehingga pemilik ikan hias tidak boleh menempatkan ikan cupang dalam satu wadah secara bersama-sama karena bisa saja mereka saling berantem.


3. Ikan Molly


Ikan ketiga yang masuk ke dalam daftar ini adalah ikan molly. Ikan satu ini punya beragam warna yang berbeda-beda sesuai dengan warna yang dimilikinya.


Ikan molly biasa hidup dengan damai secara berkelompok dan corak warna-warninya dapat membuat tampilan akuarium tampak lebih berwarna.


Para pecinta ikan hias dapat memeilihara ikan molly tanpa menggunakan bantuan aerator karena ikan ini tergolong sebagai ikan yang memiliki daya tahan tinggi seperti jenis ikan yang telah disebutkan sebelumnya dan tidak mudah sakit. Meski tanpa aerator, saat merawat ikan molly pemilik perlu menjaga kondisi air.


4. Ikan Lele Hias


Berikutnya, ada ikan lele yang menjadi salah satu jenis ikan yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang kurang bersahabat, tidak terkecuali ikan lele hias.


Salah satu jenis ikan lele hias adalah reptil catfish yang bisa hidup di lingkungan tanpa aerator. Namun, perlu diperhatikan bahwa pada dasarnya ikan lele adalah ikan predator bahkan bisa dibilang bersifat kanibal.


Jangan sampai ikan yang kita campur dalam akuarium atau kolam dengan ikan lele atau membuatnya berakhir menjadi santapan bagi ikan predator tersebut.


Hal ini perlu diperhatikan oleh pemilik agar tidak menyatukan ikan lele dengan ikan lain yang berukuran lebih kecil agar tidak dimakan.


5. Ikan Oscar


Seperti ikan lele, ikan oscar adalah jenis ikan predator yang membuat pemilik ikan tidak menempatkannya bersama ikan yang berukuran lebih kecil.


Ikan oscar bisa kamu temui di pasaran dengan habitat asli dari spesies ini dari sungai Amazon.


Ikan ini tidak rewel dan terbilang kuat untuk hidup di lingkungan dengan kondisi air yang kurang baik bahkan tanpa memerlukan bantuan aerator.


6. Ikan Channa


Channa merupakan sejenis ikan gabus yang memiliki corak menarik dan hal inilah yang menjadikan ikan channa banyak peminatnya di kalangan para pecinta ikan hias.


Ikan ini berbeda dengan jenis ikan gabus lainnya yang biasanya berujung di meja makan sebagai santapan lezat.


Di berbagai habitat asalnya, ikan chann mampu hidup di perairan dengan kondisi yang buruk, bahkan ada beberapa varian yang dapat hidup di dalam lumpur, lho.


7. Ikan Pleco atau Sapu-sapu


Keberadaan dari ikan pleco atau biasa disebut juga dengan ikan sapu-sapu ini biasanya sebagai penghias akuarium. Ikan satu ini jarang sekali bergerak dan lebih sering menempel di dinding akuarium atau kolam sembari memakan alga.


Pleco adalah jenis ikan yang kuat terhadap berbagai kondisi, tak terkecuali dalam kondisi minim oksigen. Di alam liar, ikan ini bahkan mampu bertahan hidup dalam sungai yang mengering.


8. Ikan Neon Tetra


Meskipun berukuran kecil, ikan neon tetra termasuk ke dalam deretan ikan hias yang dapat hidup di akuarium tanpa aerator dan tergolong kuat serta tangguh.


Ikan yang berukuran mungil dan tampak menyala ini banyak digemari oleh pecinta ikan hias. Tubuh neon tetra seakan bersinar di siang hari dan meredup ketika malam hari.


9. Ikan Palmas


Ikan dengan bentuk tubuh seperti naga dalam mitologi China ini juga masuk dalam list ikan yang bisa bertahan hidup tanpa mesin oksigen.


Ikan palmas termasuk ikan karnivora. Meski begitu, tempramennya kalem dan lebih suka berenang atau merayap di bagian dasar akuarium atau kolam.


10. Ikan Alligator


Ikan satu ini memiliki bentuk badan dan mulut yang sekilas mirip dengan alligator dan termasuk ke dalam golongan ikan predator.


Sebaiknya, pemilik ikan alligator tidak menempatkan ikan lain secara bersama-sama yang bisa saja nantinya dimakan.


Pemilik ikan hias satu ini bisa memeliharanya tanpa perlu menggunakan aerator karena ikan alligator memiliki semacam organ yang mirip dengan paru-paru.


Apakah kalian tertarik memelihara salah satu di antara jenis ikan hias air tawar yang dapat hidup tanpa mesin oksigen atau aerator ini?


Demikian pembahasan mengenai enis ikan hias air tawar yang bisa hidup di akuarium atau kolam tanpa mesin oksigen atau aerator.

Belum ada Komentar untuk "10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tanpa Oksigen, Cocok untuk Akuarium Tanpa Aerator"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel