Manfaat Daun Saga Selain Mengobati Sariawan Ternyata Dapat Mengobati Berbagai Penyakit

Daun saga merupakan tanaman yang berasal dari tanaman saga rambat (Abrus Precatorius). Saat mendengar kata daun saga pastinya kamu akan familiar dengan sariawan, yap tanaman ini memiliki khasiat untuk kesehatan yang sudah dari dulu dipercaya untuk mengobati berbagai penyakit salah satunya dipakai untuk mengobati sariawan. Kandungan yang dimiliki tanaman saga ini diantaranya adalah: Vitamin A, B1, B6, C, Kalsium Oksalat, Glisirizin, Flisirizinat, Polygalae turomic acid, Protein, Pentosan.

daun saga


Ciri tanaman saga ini bentuknya hampir mirip seperti putri malu, tetapi saga ini memiliki biji berwarna merah dan bentuknya cenderung seperti telur lonjong. Sifatnya yang merambat membuat tanaman ini cepat tumbuh dan jika kamu ingin merawatnya dirumah pastikan sediakan tali/kayu agar tanaman ini tidak merambat tumbuh liar.
Banyak khasiat dan manfaat yang dimiliki daun ini baik untuk kesehatan maupun kecantikan, berikut manfaat dari daun saga:

1. Mengobati Sariawan


Sudah tidak asing lagi bahwa daun saga merupakan tanaman herbal alami untuk mengobati sariawan. Penyakit yang cukup menyebalkan ini dapat menyebabkan menurunnya nafsu makan karna untuk makan aja terasa sakit.

Untuk mengobatinya, kamu dapat langsung makan daun saga ini sebelumnnya harus dicuci dahulu daun tersebut atau kalo kamu takut bahaya bila langsung memakannnya kamu bisa meminum air rebusan daun saga 2-3 kali sehari.

2. Mengobati Batuk berdahak dan Radang tenggorokan


Daun saga juga dapat mengobati batuk berdahak karna daun ini memiliki efek untuk membantu mencairkan dahak dan meredakan radang pada tenggorokan. Cukup dengan meminum rutin air rebusan daun saga tiap pagi dan sore.

3. Sebagai Obat Tetes Mata Meradang


Radang mata dapat membuat mata kamu menjadi berwarna merah dan kamu akan merasakan sakit serta gatal yang amat pedih. Untuk mengobati peradangan dan pembengkakan mata ini kamu dapat memanfaatkan daun saga ini. Caranya adalah dengan merebus daun saga hingga beruap dan gunakanlah uapnya sebagai obat tetes mata cukup 1 kali sehari.

4. Mengobati Panas Dalam


Sama seperti dengan radang, daun saga dapat mengobati panas dalam dengan meminum rutin air rebusan daun saga tiap pagi dan sore untuk mengobati panas dalam.

5. Mencegah Penuaan Dini


Senyawa antioksidan yang dimiliki daun saga ini cukup tinggi, mampu berperan menangkal radikal bebas dan mencegah atau memperlambat penuaan dini. Kamu cukup merebus daun saga dengan 1/2 liter air dan minum secara teratur.

6. Menghaluskan Kulit


Memiliki kulit halus dan bersih tanpa noda merupakan idaman bagi setiap wanita. Biasanya untuk mendapatkan hal tersebut perlu biaya yang cukup besar, wahh gimana dong kalo harus mengeluarkan biaya yang besar untuk perawatan kulit? eitts ternyata daun saga memiliki manfaat untuk menghaluskan kulit loh!

Cobalah manfaatkan khasiat didalam daun saga ini karena kandungan vitamin A dan C, gliserin, dan antioksidan memiliki peran penting dalam mencegah radikal bebas sehingga dapat menjaga kesehatan dan menghaluskan kulit.

7. Meningkatkan Nafsu Makan


Untuk kamu yang ingin menaikkan berat badan tapi tidak ada nafsu makan, cobalah dengan mengkonsumsi daun saga, karena daun saga memiliki kandungan Vitamin B yang berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Caranya ialah dengan menambahkan beberapa lembar daun saga dan masak bersamaan dengan nasi, setelah masak makan daun saga sebagai lalapan dari nasi.

8. Mengobati Bronchitis 


Penderita penyakit bronchitis sering kali mengalami batuk berdahak dan berwarna merah juga gangguan pernafasan tiap kali melakukan aktivitas. Untuk mengobatinya dapat memanfaatkan daun saga sebagai obat alami dengan cara meminum air rebusan daun saga secara rutin setiap hari.


9. Mengobati Hipertensi


Bagi kamu yang memiliki masalah hipertensi atau darah tinggi tidak ada salahnya untuk mencoba mengobatinya dengan daun saga dan beberapa tambahan bahan lainnya. Caranya yaitu potong kecil buah wuluh putih dan rebus bersama daun kejibeling, selamangi, dan pegagan minum hingga tekanan darah kamu normal lagi.
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Manfaat Daun Saga Selain Mengobati Sariawan Ternyata Dapat Mengobati Berbagai Penyakit"

Back To Top