Kenali 5 Bahaya Memakai Softlens Untuk Mata Normal

Softlens merupakan alat bantu untuk menambah penglihatan mata bagi mata kamu yang memiliki kendala seperti rabun dekat maupun rabun jauh, tidak jarang softlens sebagai alat ganti dari kacamata alasannya adalah karena softlens pemakaiannya sangat mudah tinggal pasang dibola mata, dan nyaman digunakan. 

bahaya memakai softlens
unsplash/hubble


Selain sebagai alat bantu untuk menambah penglihatan, memakai softlens dipakai sebagai penunjang penampilan karna warna pada softlens sangat banyak. Tapi sebelum kamu memakai softlens kenali dulu barang yang kamu pakai, bagaimana cara memakainya. Salah-salah dalam pemakaian softlens dapat berakibat fatal loh, kasus seperti ini sudah sering kita temui terkait dengan pemakaian softlens.

Maka dari itu kamu perlu mengenali bahaya apa saja yang dapat muncul ketika kamu memakai softlens, berikut bahaya memakai softlens:

5 Bahaya Memakai Softlens Untuk Mata Normal


1. Mata Merah

Pemakaian softlens dapat berakibat pada mata merah disertai dengan keluarnya air mata karna pemakaian softlens selama berjam-jam. Juga bisa disebabkan karena softlens yang digunakan tidak cocok dengan mata kamu.

2. Iritasi Mata

Softlens dapat menyebabkan iritasi mata jika kamu masih menggunakan softlens atau lensa kontak sebaiknya selalu membersihkan lensa dan jangan sampai lensa kontak tersebut kering untuk menghindari terjadinya iritasi mata.



3. Rasa Nyeri Pada Mata

Rasa nyeri pada mata saat menggunakan softlens bisa terjadi karena pemakaian softlens yang terlalu lama dan juga ukuran softlens dan bola mata kamu berbeda sehingga tidak nyaman dan membuat nyeri pada mata.

4. Pembengkakan Pada Mata

Pembengkakan pada mata terjadi saat kamu menggunakan softlens dan mata banyak mengeluarkan air biasanya pembengkakan diakibatkan oleh bakteri yang masuk ke dalam mata kamu.



5. Kebutaan

Bahaya yang paling fatal ialah kebutaan bagaimana tidak bila kamu memakai softlens setiap harinya dari pagi sampai malam tidak dilepas dan dibersihkan bukan tidak mungkin pada softlens tersebut terdapat bakteri yang dapat merusak kornea mata kamu dan membuat kebutaan pada mata.

Untuk menghindari bahaya-bahaya yang timbul akibat menggunakan softlens seperti yang diatas kamu bisa melakukan tips merawat atau menggunakan softlens untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk, berikut tips menggunakan softlens:

1. Pastikan tangan bersih
2. Rutin ganti cairan softlens
3. Jangan sampai mata kering
4. Saat beraktivitas diluar yang penuh debu pakailah kacamata
5. Perhatikan tanggal kadaluarsa cairan softlens
6. Jangan memakai softlens seharian

Nah, itu dia bahaya memakai softlens untuk mata normal. Softlens memang membuat mata kamu menjadi menarik untuk dilihat tapi perhatikan baik dan buruknya yang terjadi saat menggunakan softlens. Tetap merawat softlens yang kamu pakai agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Kenali 5 Bahaya Memakai Softlens Untuk Mata Normal"

Back To Top