6 Software Recovery Data Gratis Terbaik Untuk Mengembalikan Data Yang Hilang

Pernah tidak kamu menghapus file atau data di laptop/komputer kamu ketika sudah tidak dipakai lagi atau kamu tidak sengaja memformat data tersebut?  tetapi setelah selang beberapa waktu ternyata kamu membutuhkan lagi file yang telah kamu hapus tersebut, atau dalam kasus lain bisa juga kamu kehilangan data-data disebabkan karena virus yang dapat merusak harddisk kamu.


Sebenarnya ada solusi bagi kamu yang kehilangan data tersebut untuk menarik kembali datanya:


    • Mencari kembali didalam recycle bin
    • Memulihkan data file dari cadangan jika kamu melakukan backup data tersebut 

unsplash/gustasbrazaitis
Akan tetapi bagaimana bila kamu sudah mencari kembali baik itu kedalam recycle bin dan ternyata data tersebut sudah tidak ada. Hmm, pasti bakal jadi masalah ya. Jika kamu sering mengalami situasi tersebut jangan panik, kamu bisa mengembalikan lagi data-data tersebut dengan menggunakan software recovery data. Berikut ini beberapa software untuk mengembalikan file data yang terhapus:

Recuva


recuva

Recuva merupakan software freeware kecil yang mampu mengembalikan data-data yang terhapus seperti foto, video, atau dokumen yang tidak sengaja kamu hapus meskipun sudah dalam waktu yang lama.


Recuva juga menyediakan fitur-fitur yang sangat bermanfaat selain kemampuannya untuk mengembalikan file yang telah terhapus seperti: portable version (kemampuan untuk menjalankan tanpa harus instalasi), recovery from damaged disks, superior file recovery dan lainnya.

Testdisk


testdisk
Testdisk mampu mengembalikan partisi yang hilang dimana kesalahan ini biasanya disebabkan perangkat lunak yang rusak, terkena virus dan memperbaiki disk non-booting. Testdisk memiliki banyak pilihan pengaturan bagi kamu yang baru memakainya dan fitur recovery data lainnya.


Easeus Data Recovery


easeus data recovery
Easeus Data Recovery merupakan software pemulihan data lengkap seperti file, partisi dan lainnya. Software ini mampu memulihkan file yang kosong sekalipun di recycle bin, hilang karena software crash, kehilangan partisi, maupun harddisk yang rusak. 

Kamu dapat mepreview dahulu sebelum melakukan proses recovery, artinya kamu dapat memilih data apa saja yang kamu butuhkan untuk dikembalikan jadi tidak perlu semuanya. Namun, software ini hanya mampu memulihkan file dengan limit maksimal 2 GB saja untuk versi yang free, untuk versi pro nya kamu dapat memulihkan tanpa batas limit. 

Wondershare Data Recovery


wondershare data recovery

Software ini dapat memulihkan hampir semua jenis file yang telah hilang di recycle bin. Software ini memiliki 2 versi, untuk yang free kamu hanya bisa memulihkan data sebesar 100 Mb saja sedangkan yang berbayar kamu dapat memulihkan data tidak terbatas.


Wondershare data recovery juga memiliki fitur preview sebelum memutuskan untuk melakukan recovery data, memulihkan data yang dihapus sesuai dengan nama aslinya, mengembalikan data yang terhapus dan hilang hanya dengan sekali klik saja.

Undelete360


undelete360

Undelete360 merupakan software yang dapat mengembalikan data atau file yang terhapus baik itu di harddisk, flashdisk, atau memory card. Software ini akan menelusuri dan mencari file yang terhapus pada perangkat penyimpanan.

Setelah berhasil mencari kamu akan dapat melihat hasil penelusuran dari software ini dan kamu juga dapat membatalkan penghapusan file.

Photorec


photorec

Photorec sebuah software yang memungkinkan kamu untuk memulihkan file data yang hilang dari berbagai jenis seperti doc, pdf, video dan juga dapat merecovery foto selama format foto kamu bisa dikenali oleh photorec. 

Aplikasi ini berbasis command line/terminal jadi tidak ada tampilan GUI nya, namun pemakaiannya tidak serumit yang kamu bayangkan meskipun berbasis command line aplikasi ini sangat mudah bagi kamu yang baru memakainnya.
0 Komentar untuk "6 Software Recovery Data Gratis Terbaik Untuk Mengembalikan Data Yang Hilang"

Back To Top