Apa itu SEO? Definisi Serta Penjelasan Optimasi Lengkap

Apa itu SEO?

   
   SEO (Search Engine Optimazition) adalah sebuah teknik dalam mengoptimasi sebuah website agar menampilkan website dihalaman pertama (page one) dengan kata kunci tertentu dari hasil pencarian di mesin pencari (search engine) seperti (Google, Bing, Yahoo).

unsplash/merakist


   Pastinya kamu ingin kan website kamu berada di peringkat teratas? Khususnya untuk kamu yang memiliki bisnis online, SEO ini merupakan hal yang penting didunia bisnis online untuk membantu dalam pencarian di mesin pencari. 

   Nah, karna mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk menaikkan ranking website. Tentunya untuk mendapatkan pengunjung yang banyak itu kamu perlu memperhatikan hal-hal tertentu.

   Salah satunya adalah dengan bantuan SEO, kamu akan mendapatkan manfaat yaitu dapat menaikkan ranking website dan mendapatkan visitor/pengunjung terhadap website kamu hingga ribuan pengunjung. Terdapat 2 penentu SEO yaitu, SEO On Page dan SEO Off Page.

unsplash/webhost


Apa itu SEO On Page?


   SEO On Page adalah sebuah teknik mengoptimasi didalam sebuah halaman website atau blog yang kamu miliki. Dengan menerapkan keyword target dalam konten yang kamu buat akan memudahkan mesin pencari untuk menemukan konten yang relevan atau sesuai dan berkualitas bagi seseorang yang melakukan pencarian dengan keyword tertentu. Berikut ini beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam SEO On Page:

1. Title Tags

   Kamu perlu menentukan kata kunci untuk Title kamu, inilah pentingnya riset kata kunci terlebih dahulu sebelum menentukan title, karna title menjadi ukuran mesin pencari untuk menentukan apakah halaman kamu sesuai dengan sebuah kata kunci tertentu atau tidak.

   Berikan judul yang menarik agar pengunjung dapat tertarik dengan isi konten dan untuk judul yang lebih dari 60 karakter maka akan diganti menjadi titik-titik, oleh karena itu usahakan tidak melebihi batasnya.

2. Meta Description, Heading

   Gunakan Meta description sebagai keterangan disuatu halaman dari kalimat artikel kamu. Jangan mengulang lebih dari satu kata dan letakkan kata kunci target artikel kamu diawal deskripsi.

  Heading berbeda dengan title ataupun meta description, heading merupakan beberapa kata yang disatukan menjadi judul dan sub-judul dalam dokumen html. Heading terdiri dari <h1>, <h2>, <h3>, <h4>, <h5>, <h6> untuk <h1> merupakan heading terbesar dan <h6> heading terkecil. 

3. Content

   Buatlah konten yang berkualitas artinya konten yang benar-benar banyak dicari dan buatlah menarik sehingga pengunjung yang membaca artikel kamu betah berlama-lama

4. URL

   Gunakan struktur URL yang jelas, pakai kata kunci di URL kamu agar terlihat terstruktur.
Contoh Url yang baik untuk wordpress yaitu: 
     namadomain/kategori/sub-kategori/judul-artikel
Contoh Url yang baik untuk blog seperti: 

5. Image dan Alt Image

   Usahakan setiap artikel ada gambar agar pembaca tidak bosan dan bertujuan membuat halaman lebih menarik. Jangan lupa untuk memberi Alt text agar gambar kamu bisa ditelusuri juga oleh mesin pencari.


Apa itu SEO Off Page?


    SEO Off Page adalah teknik optimasi sebuah halaman diluar dari website itu sendiri yang bertujuan menaikkan ranking pada SERP (Search Engine Results Pages), meningkatkan Page Rank halaman web atau website, mendapatkan lebih banyak unique visitor, dan reputasi website meningkat.


   Pada intinya teknik optimasi SEO Off Page yang dilakukan diluar yaitu, backlink dan mempromosikan website di media sosial. Backlink yang disukai oleh google yaitu berasal dari situs-situs yang dipercaya oleh google atau memiliki page rank yang tinggi.

   Cara mendapatkan backlink yang berkualitas untuk optimasi SEO Off Page antara lain:

1. Blog Walking

   Blog walking merupakan cara optimasi SEO Off Page yang mudah karna hanya dengan meninggalkan komentar di blog/website orang lain yang mengarah ke website kamu, tetapi untuk sekarang ini proses blog walking dianggap oleh google sebagai spam

2. Share ke media sosial

  Manfaatkan media sosial kamu untuk membangun sebuah backlink dengan menyertakan domain website kamu di profil dan membagikan setiap artikel yang kamu buat. Cara tersebut mampu meningkatkan jumlah visitor terhadap website kamu.
Tag : seo
4 Komentar untuk "Apa itu SEO? Definisi Serta Penjelasan Optimasi Lengkap"

Mantap sih, itu ilmu dasar ngeblog cocok sekali untuk para pemula...

untuk yang share ke media sosial harus hati-hati sih banyak orang suka jail main jigling bikin situs down juga. Salam dari Admin Pintarsaurus :D

Betul gan bahaya juga sih jigling :D

Back To Top