3 Rekomendasi Software Animasi 2D dan 3D Gratis Terbaik

Bagi kamu yang senang dengan sebuah animasi tahukah kamu animasi 2D dan 3D dibuat dengan software apa saja? Apakah software untuk membuat animasi gratis atau berbayar? Hmm biasanya dalam membuat animasi yang hasil jadinya sangat bagus pasti kita mengira menggunakan software yang berbayar dan pastinya mahal. Tapi ternyata tidak juga karna software free atau gratis pun dapat membuat sebuah animasi yang bagus, berikut rekomendasi software untuk membuat animasi 2D dan 3D:

animasi 2d dan 3d


Software Animasi 2D


1. Adobe Flash


Adobe Flash merupakan software terbaik untuk membuat gambar bergerak 2D. Software yang dulunya dikenal dengan nama macromedia flash merupakan produk unggulan dari Adobe yang digunakan untuk membuat animasi gambar. Adobe Flash merupakan program yang didesain khusus untuk keperluan membangun website yang dinamis dan interaktif.
Selain digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi software ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, menu interaktif, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner dan masih banyak lainnya. Flash menggunakan bahasa pemrograman action script dengan adanya action script ini flash juga dapat membuat game.

Karena script dapat menyimpan variable dan nilai, melakukan perhitungan dan lainnya. Oleh karena itu, flash masih menjadi aplikasi yang populer dalam membuat animasi web karna ukuran file yang kecil dan didukung oleh banyak pihak.

2. Anime Studio


Bagi kalian para pecinta game anime, software ini merupakan software untuk membuat gambar-gambar animasi yang cantik seperti dalam anime. Software animasi berbasi 2D yang didistribusikan oleh Smith Micro Software pada awalnya didistribusikan oleh LostMarble, dan kemudian oleh e fronter sayangnya aplikasi ini sudah tidak lagi mendukung platform linux selengkapnya baca di https://en.wikipedia.org/wiki/Moho_(Anime_Studio)

3. Synfig Studio


Synfig Studio merupakan software 2D yang user friendly, aplikasi ini mampu menciptakan animasi yang ciamik dan berjalan dengan baik pada sistem operasi windows, osx dan linux aplikasi ini juga bersifat opensource. Karna aplikasi ini user friendly memberikan kemudahan bagi pengguna jadi kamu juga tidak perlu bantuan video tutorial waktu pertama kali memakainya.
Synfig Studio dibuat untuk menghilangkan metode proses gambar frame by frame karna Synfig menciptakan 2 metode yang diistilahkan bernama Morphing animation dan Cutout animation. Peranan Synfig studio dari 2 teknik diatas adalah untuk mengisi kesenjangan yang berada antara kedua frame yang dibuat dan menciptakan animasi yang mengalir secara lembut.

Software Animasi 3D


1. 3D Studio Max


3D Studio Max merupakan software grafik vektor 3D dan animasi ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment dulunya dikenal sebagai Discreet dan Kinetix. Aplikasi ini digunakan dalam pembuatan animasi 3D maupun finishing object, baik untuk keperluan film, arsitektural dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan obyek 3 dimensi.

3D Studio Max mampu membuat objek virtual 3 dimensi dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan juga memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan dan tanah. Efek-efek khusus yang diberikan 3D Studio Max pada hasil akhir berupa efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir (api, kabut, lighting).


2. Blender

Blender merupakan software animasi 3D gratis yang support multi platform. Blender mampu mendukung konsep 3D yaitu modeling, rigging, animasi, simulasi, rendering, compositing, editing bahkan pembuatan game.
Software free ini membuat kita selalu bisa update dengan versi terbaru dari Blender tentu dengan fitur-fitur yang baru juga. Hanya saja dalam membuat animasi beberapa detik saja file yang dihasilkan sangatlah besar dan proses rendering yang cukup memakan waktu.

3. Macromedia Director

Macromedia Director merupakan sebuah program yang dirancang khusus untuk membuat self-contained atau program yang dapat berjalan sendiri biasanya aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media presentasi maupun sebagai media interaktif untuk membuat CD interaktif.

Director juga mendukung banyak format bitmap, audio, video yang berbeda. Software ini sangat powerful yang bisa digunakan cross platform dalam membuat animasi/kartun dalam 2D dan mendukung proyek-proyek multimedia baik 2D maupun 3D
1 Komentar untuk "3 Rekomendasi Software Animasi 2D dan 3D Gratis Terbaik"

keren-keren software animasinya. jaman sekarang software editing memang jadi kebutuhan

Back To Top