Memahami Perbedaan Apa itu UI dan UX Design Lengkap!

Apa itu UI dan UX Design?


ui & ux design


UI dan UX design merupakan dua hal yang berbeda tetapi saling terikat. Tugas seorang UI dan UX design tidak hanya membuat tampilan menjadi lebih indah tetapi bagaimana dia membuat sebuah aplikasi atau produk yang mudah digunakan. Masing-masing tugas dari UI dan UX pun berbeda berikut perbedaan antara UI dan UX design:

Perbedaan UI dan UX Design


User Interface (UI)


User Interface (UI) adalah design tampilan antarmuka yang berfokus pada memaksimalkan pengalaman seorang pengguna UI ini merupakan ilmu tentang tata letak grafis sebuah aplikasi atau website. Desainer UI adalah seorang desain grafis yang sangat peduli tentang keindahan/estetika mereka  lah yang menentukan tampilan yang tepat untuk sebuah website atau aplikasi yang mencakup diantaranya adalah tombol yang akan di klik oleh pengguna, bentuk teks, ukuran gambar, text entry fields, dan semua item yang berinteraksi dengan pengguna.
Visualisasi merupakan kunci bagi seorang Desainer UI agar dapat menciptakan sebuah design tampilan interface yang menarik untuk dipakai seorang user. Biasanya UI akan diimplementasikan atau dikerjakan setelah UX selesai dengan menentukan desain layout, logo, warna, text dan hal lainnya untuk mempercantik tampilan.

User Experience (UE)


User Experience (UE) adalah proses meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. Desainer UX merupakan orang yang membuat produk yang bermanfaat dan memvisualisasi user flow menjadi desain produk yang teruji dan indah. Seorang desainer UX juga perlu mempelajari hal tentang marketing dan data analytics guna mencari kebutuhan pengguna dan mencapai tujuan bisnis yaitu membuat produk yang bermakna, berguna, dan menyenangkan.

Design UX mencakup desain interaksi, desain komunikasi, dan arsitektur informasi. Cakupan UX sangat luas bersinggungan dengan ilmu komputer, arsitektur dan faktor manusia. Seorang UX design berkonsentrasi penuh terhadap perancangan bagaimana sebuah produk dapat memecahkan masalah yang ada pada pengguna saat ini. Untuk menjadi seorang UX design tidak harus bisa desain karna visual desain merupakan tugas seorang UI design.

Akhur Kata


Nah, itu dia penjelasan lengkap perbedaan antara UI dan UX design. Kesimpulannya adalah UI memiliki tujuan dalam membuat dan menampilkan desain tampilan antarmuk/interface dalam hal yang meliputi keseragaman warna, bentuk text, gambar dan visual lainnya. Sedangkan UX memiliki tujuan agar sebuah produk yang dibuat dapat berjalan lancar, dan jelas mudah digunakan oleh pengguna. Kamu dapat lebih lanjut memahami UI & UX design di website berikut dribbble.com dan uniteux.com  
0 Komentar untuk "Memahami Perbedaan Apa itu UI dan UX Design Lengkap!"

Back To Top