Recent Post

    5 The Best Free Cloud Storage You Must Try

    Cloud Storage atau Penyimpanan Awan merupakan media penyimpanan data yang sifatnya memanfaatkan teknologi awan (cloud) yang membutuhkan koneksi internet untuk bisa mengakses atau mengoperasikannya. Meskipun media penyimpanan data cukup banyak, tetapi dengan seiring perkembangan teknologi muncul lah Cloud Storage ini untuk memudahkan dalam menyimpan, mendownload sebuah data dengan resiko kehilangan data yang kecil.

    the best free cloud storage


    Keunggulan yang dimiliki layanan Cloud Storage yaitu, kamu tidak perlu membawa media penyimpanan lain seperti flashdisk karna kamu dapat mengakses data dengan menggunakan perangkat apapun dan dimanapun asalkan terhubung dengan koneksi internet. Selain itu, keamanan dan keutuhan data terjamin.

    Kamu bisa menggunakan layanan Cloud Storage secara gratis loh, ada beberapa layanan Cloud Storage yang tersedia gratis. Kira-kira apa aja ya layanan Cloud Storage nya?

    The Best Free Cloud Storage


    1. Google Drive



    the best free cloud storage

    Google Drive merupakan layanan dari Google yang berfungsi sebagai media penyimpanan berbasis internet atau Cloud Storage. Kamu bisa memanfaatkan layanan ini secara gratis dengan kapasitas penyimpanan sebanyak 15 GB, atau kamu bisa menggunakan layanan Google Drive secara berbayar dengan masing-masing kapasitas penyimpanan 25 GB, 100 GB hingga 16 TB. Masing-masing kapitas penyimpanan tersebut berbeda harganya. Jadi, kamu dapat memilih apakah ingin menggunakan kapasitas yang besar atau kecil.

    Dalam Google Drive ini kamu dapat menyimpan, mendownload, mengedit dokumen, foto, video atau yang lainnya. Kamu bisa mendapatkan Google Drive dengan mendownload nya, dan hanya perlu masuk menggunakan akun gmail kamu. Atau kamu bisa mengakses nya dengan mengunjungi website Google Drive dan masuk menggunakan akun gmail kamu.

    2. Dropbox


    the best free cloud storage

    Dropbox merupakan media penyimpanan data dalam bentuk Cloud Storage, dropbox dapat dimanfaatkan untuk berbagi file. Dropbox memberikan layanan penyimpanan secara gratis dengan kapasitas penyimpanan sebesar 2 GB. Selain itu, dropbox memberikan layanan berbayar bagi pengguna yang ingin menyimpan file besar dengan kapasitas hingga 1 TB.

    Kamu dapat mengakses dropbox melalui website dropbox.com atau mendownload nya. Salah satu kelebihan yang ada pada dropbox ini yaitu, kamu dapat mengerjakan suatu tugas bersama-sama. Dengan membuat folder bersama kamu bisa mengisi folder tersebut dengan orang-orang yang terlibat dalam folder tersebut. Apakah aman jika kita mengerjakan tugas bersama-sama? Tentunya aman, tidak ada pihak luar yang bisa mengakses nya selain orang-orang yang terlibat tersebut.


    3. OneDrive


    the best free cloud storage

    OneDrive merupakan media penyimpanan file atau dokumen pribadi secara online (Cloud) dengan menggunakan akun Microsoft atau Outlook.com. Kamu bisa mengakses OneDrive dimanapun dan kapanpun. Untuk menggunakan OneDrive kamu perlu memiliki akun Microsoft jika telah memiliki akun Microsofot kamu tinggal sign in.

    OneDrive ini memudahkan kamu dalam hal berbagi file, melakukan backup file serta menyimpan dan dapat mengakses file kapanpun dimanapun. Serta, OneDrive ini terintegrasi dengan office secara online, kapasitas penyimpanan mencapai 7 GB untuk yang gratis cukup besar dibanding media penyimpanan lainnya. OneDrive juga memiliki dua layanan yaitu OneDrive for Business dan OneDrive saja.

    4. Box


    the best free cloud storage

    Box merupakan media penyimpanan data online (Cloud Storage) pertama yang ada di internet, Box diluncurkan pada tahun 2005. Box dapat diakses menggunakan berbagai perangkat kapanpun dan dimanapun. Box dapat melakukan sharing (berbagi), editing (mengubah), scanning (memindai) file sesuai dengan OS dan browser yang dipakai oleh pengguna.

    Box memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB untuk versi free (gratis), dan kamu dapat membeli versi berbayar dengan layanan kapasitas penyimpanan yang lebih besar mulai dari 25 GB, 50 GB, 100 GB. Sama seperti OneDrive, Box juga memiliki dua jenis layanan yaitu untuk pengguna bisnis dan pengguna umum.


    5. Mega


    the best free cloud storage

    Mega merupakan media penyimpanan Cloud (online) yang menawarkan kapasitas penyimpanan data sebesar 50 GB secara gratis. Pada Mega ini kamu dapat membuat link download, dengan dukungan untuk download berupa ZIP (kompresi). Dan juga terdapat enkripsi kriptografi (2048-bit RSA public/private key) untuk keamanan dan kerahasiaan data. Kelebihan lainnya dari Mega antara lain: tidak ada iklan, multiple download, simple dan ringan, dan masih banyak lagi.

    Kesimpulan


    Nah, itu dia Cloud Storage terbaik gratis yang dapat kamu coba gunakan. Selain aman, kamu juga tidak perlu repot dengan penyimpanan-penyimpanan berbentuk benda yang harus dibawa kemana-mana.


    Belum ada Komentar untuk "5 The Best Free Cloud Storage You Must Try"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel