Recent Post


    10+ Jenis Batik Indonesia Beserta Daerah Asalnya

    Jenis Batik Indonesia - Batik merupakan kain khas Indonesia dimana proses pembuatannya dengan cara dilukis menggunakan canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk lukisan-lukisan dengan motif yang memiliki nilai seni tinggi.


    Perkembangan batik dari zaman dulu hingga sekarang mengalami tren yang positif. Jika, sebelumnya batik hanya digunakan oleh masyarakat Indonesia saat perayaan hari-hari besar atau kegiatan adat saja.

    jenis batik indonesia


    Kini batik telah menjadi tren fashion yang menarik perhatian bukan cuma di Indonesia tapi sudah ke seluruh dunia. Bukan itu saja, motif batik kini diaplikasikan sebagai dekorasi rumah sehingga kesan kuno pada batik sudah gak ada lagi malah sekarang terlihat mahal dan elegan.

    Batik Indonesia disahkan sebagai warisan dunia pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh UNESCO dimana saat itu ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Banyak batik Indonesia yang terkenal ke seluruh dunia mulai dari motif hingga pewarnaannya.


    Tiap jenis dan motif batik memiliki nilai serta sejarahnya sendiri sob, belum lengkap kalau bicara tentang batik tetapi kita enggak mengenal jenis batik serta daerah asalnya. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai jenis batik Indonesia yang mendunia. Apa aja yang kira-kira dan darimana saja batik tersebut? Simak artikelnya dibawah ini:

    Jenis Batik Indonesia Beserta Gambarnya


    Motif Batik Mega Mendung

    motif batik megamendung
    sumber: pintereset.com

    Sebagai masyarakat Indonesia khususnya Jawa Barat pasti gak asing lagi dengan jenis batik ini, yapp namanya adalah batik Mega Mendung. Mega Mendung merupakan motif batik terpopuler yang berasal dari Cirebon.

    Motif ini memliki ciri khas yaitu, harus terdapat tujuh gradasi warna yang menjadi pelapis dan memiliki bentuk seperti awan-awan yang besar. Biasanya warna gradasi ini adalah warna gelap, seperti biru tua, hijau tua, merah tua, ungu dan sebagainya.

    Motif Batik Kawung

    motif kawung
    sumber : pinterest

    Batik Kawung adalah jenis batik tertua yang ada di Indonesia. Nama kawung sendiri diambil dari buah kawung atau yang lebih kita kenal sekarang dengan nama buah aren dan motifnya pun serupa dengan buah kawung tersebut.

    Di zaman dulu jenis batik ini hanya diperbolehkan dipakai oleh orang-orang kerajaan saja. Jika, kamu lihat lebih teliti motif batik ini seperti berbentuk bunga teratai dengan 4 daun berbentuk oval yang merekah dan juga terdapat motif salib diantara 4 oval yang mengacu pada sumber energi universal.

    Motif Batik Bali

    motif batik bali
    sumber: grahabatik.com

    Motif batik Bali ini memang enggak setenar dengan batik lainnya yang berada di pulau Jawa. Namun, motif batik Bali memiliki ciri khasnya sendiri yaitu batik yang menggunakan dominan warna-warna cerah dan motifnya terinspirasi dari berbagai hewan seperti burung.

    Motif Batik Keraton

    motif batik keraton
    sumber: pinterest.com

    Batik Keraton termasuk batik terpopuler di Indonesia, pada mulanya batik Keraton ini dibuat oleh para putri dan pengrajin batik yang ada di lingkungan Keraton dan hanya dipakai oleh Sultan dan keluarganya saja, rakyat biasa tidak diperbolehkan menggunakan jenis batik ini.

    Namun, sekarang hal tersebut sudah gak ada lagi sehingga rakyat biasa bisa menggunakan batik ini. Motifnya pun terlihat sangat sakral dan penuh dengan filosofi kehidupan karena itu, dahulu enggak boleh sembarang orang yang memakainya.

    Motif Batik Betawi

    motif batik betawi

    Warga Jakarta perlu bangga nih! Jakarta juga punya batik dengan ciri khas sendiri loh, batik betawi ini memiliki motif dengan warna yang cerah dan terdapat gambar-gambar icon khas kota Jakarta seperti ondel-ondel, gambang kromong, dan lainnya.

    Kamu bisa melihat batik betawi ini pada saat perhelatan acara abang-none. Disana kamu bisa melihat para peserta yang menggunakan batik khas dari Jakarta ini.

    Motif Batik Jepara

    motif batik jepara
    sumber: infobatik.id

    Batik Jepara dikenal dengan nama batik kartini karna batik ini berasal dari kota Jepara. Batik Jepara memiliki 2 motif yaitu, motif lama dan motif baru dimana perbedaan antara keduanya ada di pola yang digunakannya.

    Motif Batik Parang Rusak

    motif batik parang rusak
    sumber: pinterest.com

    Nama Parang Rusak sendiri mungkin terdengar aneh bagi kamu. Tapi, ketika sudah melihat motif batik ini pasti akan sebaliknya, kamu akan terlihat familiar dengan batik Parang Rusak. Motif ini sangat populer sehingga banyak pengrajin kain batik yang menggunakan motif tersebut.

    Motif Parang Rusak pun memiliki arti yang mendalam yaitu, peperangan antara manusia yang melawan kejahatan atau sifat buruk selama masa hidup sehingga mereka bisa menjadi manusia yang lebih bijaksana lagi.

    Motif Batik Sidoluhur

    motif batik sidoluhur
    sumber: pinterest.com

    Batik Sidoluhur banyak yang bilang berasal dari Solo dan ada juga keraton Yogyakarta. Motif batik sidoluhur namanya sendiri diambil dari kata sida (dibaca sido) dan luhur. Sida artinya dalam bahasa Jawa jadi atau menjadi. Sedangkan, Luhur artinya terhormat dan bermartabat.

    Jadi, motif batik Sidoluhur memiliki arti harapan agar bisa meraih kedudukan tertinggi, serta dapat menjadi orang yang terhormat dan bermartabat. Umumnya batik ini dipakai oleh pengantin saat pernikahan atau malam pengantin.

    Motif Batik Tujuh Rupa

    motif batik tujuh rupa
    sumber: infobatik.id

    Sebagai salah satu daerah pengrajin batik dan pusat batik, Pekalongan memiliki motif batik yang cukup populer yaitu motif Tujuh Rupa. Banyak motif elegan yang dihasilkan oleh Pekalongan, ciri khas batik Pekalongan yang paling terlihat adalah didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan dan hewan.

    Selain itu, batik Pekalongan menggambarkan ciri kehidupan masyarakat pesisir yang dapat dengan mudah beradaptasi pengaruh budaya luar. Kalo kamu mau buat batik Pekalongan akan terlihat sangat cantik kalo dikombinasikan dengan pakaian berbahan polos.

    Motif Batik Malang

    motif batik malang
    sumber: pinterest.com

    Malang juga punya batik dengan ciri khasnya sendiri sob, motif batik Malang ini memiliki motif yang cenderung cerah dan kebanyakan motifnya mempunyai pola kombinasi antara gambar-gambar seperti candi atau beberapa lambang kota.

    Motif Batik Tambal

    motif batik tambal
    sumber: pinterest.com

    Batik Tambal berasal dari daerah Yogyakarta, sesuai dengan namanya motif batik ini mempunyai arti menambal atau memperbaiki sesuatu yang rusak. Pada zaman dulu orang-orang percaya bahwa kain ini bisa menyembuhkan orang yang sakit dengan cara diselimuti saja dengan menggunakan motif kain Tambal ini.

    FAQ

    Apa Saja Jenis Batik Indonesia Yang Terkenal?
    1. Motif Batik Mega Mendung
    2. Motif Batik Kawung
    3. Motif Batik Bali
    4. Motif Batik Keraton
    5. Motif Batik Betawi
    6. Motif Batik Jepara
    7. Motif Batik Parang Rusak
    8. Motif Batik Sidoluhur
    9. Motif Batik Tujuh Rupa
    10. Motif Batik Malang
    11. Motif Batik Tambal

    Kesimpulan


    Demikian pembahasan mengenai jenis batik Indonesia yang terkenal dan mendunia, ada gak motif batik daerahmu disini? Kalo gak ada sebutkan dikomentar ya sob apa aja. Share artikel ini ke temanmu, semoga informasinya bermanfaat ya sob.

    Belum ada Komentar untuk "10+ Jenis Batik Indonesia Beserta Daerah Asalnya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close