Recent Post

    10 Alat Musik Khas Betawi Beserta Gambarnya

    Alat Musik Khas Betawi - Betawi merupakan suku yang berasal dari daerah Jakarta, suku Betawi ini terkenal akan keseniannya seperti seni bela diri, seni tari, dan seni musik. Untuk bela diri sejak dulu orang-orang Betawi dikenal jago silat yaa mungkin karena adanya seorang legenda bernama pitung seorang yang jago bela diri pada zamannya.


    Bukan hanya seni bela dirinya aja yang terkenal, seni tari dan seni musikpun enggak mau kalah. Terutama pada seni musik, Betawi memiliki ciri khasnya dalam bermusik dengan alat musik khas betawi masyarakat ini bisa memainkan lagu dengan merdu.

    alat musik tradisional betawi

    Salah satu seniman Betawi yang terkenal akan ciri khas musiknya yaitu Alm. Benyamin Sueb. Beliau merupakan seniman Betawi yang cukup populer dari dulu hingga sekarang karya-karyanya selalu hits dan gak ada yang gak kita kenal 

    Setiap karyanya selalu dimainkan oleh alat musik khas betawi sebagai pengiringnya, selain itu alat musik ini juga dimainkan pada acara-acara penyambutan tamu atau pertunjukan adat. Terdapat berbagai macam alat musik betawi, seperti alat musik gesek, alat musik pukul, alat musik tiup, alat musik petik.


    Penasaran apa aja macam-macam alat musik khas Jakarta tersebut? Yukk, mari langsung aja simak artikel dibawah ini:

    Alat Musik Khas Betawi


    Terompet

    terompet betawi
    sumber: indonesiakaya.com

    Terompet termasuk alat musik tradisional Jakarta yang dimainkan dengan cara di tiup umumnya terompet dibuat dari bahan logam atau kuningan. Kamu perlu cermat menekan tombol-tombol yang ada pada terompet supaya menghasilkan suara yang merdu.

    Gambang Kromong

    gambang kromong
    sumber: negerikuindonesia.com

    Bagi masyarakat Betawi alat musik ini sangatlah familiar, yaitu gambang kromong. Gambang kromong termasuk orkes khas Betawi yang terdiri dari Gambang kayu, seperangkat Bonang atau disebut sebagai Kromong, Rebab, Ohayan dan Gihyan, Suling Laras Diatonik, Kenong dan Gendang, Sedangkan instrumen musik baratanya yaitu terompet, gitar, biola dan saksofon. Gambang kromong menjadi bagian yang penting dalam pertunjukan kesenian tradisional.

    Trombon

    trombon

    Alat musik betawi dengan cara ditiup lainnya yaitu Trombon, mirip dengan terompet hanya saja trombon ukurannya lebih besar. Perbedannya bukan dari ukuran saja, tetapi juga dari cara memainkannya dimana trombon dengan menggesernya ke depan atau ke belakang untuk menghasilkan suara yang indah.

    Kecrek

    kecrek

    Kecrek merupakan alat musik tradisional khas betawi, biasanya alat musik ini digunakan untuk mengiringi pertunjukan wayang, seperti pemberi isyarat aba-aba, iringan atau gerakan wayang dalam seni perdalangan. Kecrek dimainkan dengan cara di kecrek nadanya yang dimainkan pun mengikuti pertunjukkan.

    Tanjidor

    tanjidor
    sumber: lembagakebudayanbetawi.org

    Tanjidor merupakan alat musik betawi berbentuk orkes, tanjidor ini terdiri dari 10 instrumen lebih diantaranya Baritone, Tuba, Trompet, Simbal, Quarto, Cabasa dan masih banyak lagi alat musik lainnya yang bercampur juga dengan alat musik barat seperti Klarinet, Trombone dan lain-lain. Tanjidor sekarang ini bisa kamu temukan pada saat pertunjukan Cap go meh atau acara betawi lainnya.

    Rebana Ketimpring

    rebana ketimpring
    sumber: infobaru.id

    Rebana ketimpring termasuk ke dalam alat musik asal betawi, nama Ketimpring sendiri diambil dari tiga pasang "ketimpring" atau "kerincingan" yang diikatkan pada Rebana tersebut. Ukuran dari rebana ketimpring ini sebesar 20 sampai 25cm dan biasanya dimainkan untuk acara seperti pernikahan atau sunatan.

    Marawis

    marawis
    sumber: medium.com

    Marawis sering dimainkan oleh masyarakat betawi sebagai pengiring acara keagamaan atau sebagai pengiring pernikahan, alat musik tradisional ini berbentuk mirip seperti rebana. Namun, marawis bentuknya lebih besar sedangkan rebana lebih pipih.

    Marawis dimainkan dengan cara di tepak atau di pukul, perlu banyak orang untuk memainkan alat musik ini agar menghasilkan nada-nada yang indah.

    Keroncong Tugu

    keroncong tugu
    sumber: selebtempo.co

    Alat musik khas Jakarta lainnya yaitu Keroncong Tugu, nama Tugu sendiri diambil karna alat musik ini sering kali dimainkan oleh masyarakat Tugu yang tinggal di Jakarta Utara. Musik ini termasuk golongan keroncong asli Betawi yang dimainkan oleh beberapa orang dengan alat musik khas betawi lainnya.

    Tamborin


    Tamborin biasa disebut dengan kerincingan dimana alat musik tradisional ini terbuat dari kayu, kulit dan lempengan alumunium. Bentuknya seperti rebana ketimpring, hanya saja Tamborin ini dimainkan dengan 2 cara yaitu di tabuh dan di goyangkan.

    Gong

    gong
    sumber: nesabamedia.com

    Kamu pasti sudah gak asing lagi dengan nama Gong, Gong memang lebih dikenal di lingkungan masyarakat Jawa tapi ternyata Gong juga merupakan alat musik khas betawi. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dan digunakan untuk mengiringi musik orkes atau pertunjukan khas betawi.

    Sukong


    Kamu pasti pernah melihat alat musik tradisional Jakarta ini, Sukong namanya. Alat musik ini dimainkan untuk pertunjukkan atau pementasan lenong khas betawi. Sukong sangat erat kaitannya dengan masyarakat Betawi, salah satu lagu yang diiringi Sukong adalah Kicir-Kicir.

    FAQ

    Apa Saja Alat Musik Khas Betawi?
    1. Terompet
    2. Gambang Kromong
    3. Trombon
    4. Kecrek
    5. Tanjidor
    6. Rebana Krimping
    7. Marawis
    8. Keroncong Tugu
    9. Tamborin
    10. Gong
    11. Sukong

    Kesimpulan


    Selain dari yang sudah disebutkan diatas masih ada banyak alat musik betawi lainnya. Tetapi, inilah yang sering kita jumpai dan merupakan ciri khas masyarakat Betawi. Share artikel ini ke temanmu, semoga artikel ini bermanfaat ya sob.

    Belum ada Komentar untuk "10 Alat Musik Khas Betawi Beserta Gambarnya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel