Recent Post

    5+ Pakaian Adat Jawa Barat Terlengkap Dengan Penjelasannya

    Pakaian Adat Jawa Barat - Salah satu provinsi di pulau Jawa yang memiliki berbagai ragam budaya termasuk pakaian adat nya ialah provinsi Jawa Barat. Mengenai Jawa Barat biasanya yang kita kenal yaitu orang sunda, sebab Jawa Barat di dominasi oleh suku Sunda.


    Gaya berbicara atau bahasa suku Sunda juga sangat unik banyak orang yang dari luar daerah ingin belajar bahasa sunda. Selain bahasanya, suku Sunda juga memiliki pakaian adat khas Jawa Barat.

    Mungkin kamu hanya mengenal beberapa saja kan atau malah belum mengenal sama sekali pakaian adat Jawa Barat ini ya? Kalo belum tahu pada pembahasan kali ini saya akan memberi tahu apa saja pakaian adat khas Jawa Barat ini.

    Pakaian Adat Jawa Barat Khas Sunda


    Secara khusus, untuk pakaian adat Jawa Barat ini dibedakan menjadi 3 macam berdasarkan status sosialnya, yaitu pakaian adat untuk bangsawan, pakaian adat untuk kaum menengah, pakaian adat untuk rakyat biasa. Berikut ini daftar pakaian ada khas sunda Jawa Barat yang perlu kamu ketahui:

    1. Jas Beludru


    baju beludru
    gambar/www.pengajar.co.id

    Jas beludru atau menak ini merupakan pakaian ada khas Jawa Barat untuk kalangan bangsawan atau kalangan atas saja. Pada jaman dulu jas beludru disulam dengan benang emas dan dipakai oleh raja-raja Sunda.

    Jika dilihat lebih jelas lagi pakaian ini memiliki kesan mewah dan tidak semua orang bisa memakainya. Hanya kalangan bangsawanlah yang bisa memakainya. Jas beludru memiliki bentuk jas tutuo dengan paduan warna celana yang sesuai dengan warna jas nya.

    Pakaian ini juga dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris seperti, penutup kepala, sandal selop berwarna hitam, dan Benten atau yang biasa disebut sabuk emas. Untuk wanita nya ditambah dengan hiasan bros, cincin dan sebagainya.


    2. Bedahan


    baju bedahan

    Bedahan menjadi pakaian adat khas Sunda untuk kaum menengah dimana bentuk dari baju bedahan ini lebih sederhana dari pakaian adat untuk kalangan bangsawan. Untuk pria bentuk baju bedahan ini seperti jas tutup yang berwarna putih dengan bagian dalam juga berwarna putih. Untuk wanita menggunakan kebaya dengan tambahan aksesoris lainnya.

    3. Kebaya Sunda


    kebaya sunda
    gambar/www.popbela.com

    Kebaya Sunda atau kebaya pengantin merupakan pakaian adat yang dipakai oleh seorang wanita pada saat acara pernikahan. Kebaya ini memiliki ciri khas dengan bahan broklat yang berwarna cerah. Ditambah lagi dengan aksesoris seperti permata, gelang, cincin, dan 2 kalung yang dipakai secara bersamaan.

    Pada rambutnya diberi sanggul dengan hiasan lima untaian bunga sedap malam serta tujuh kembang goyang juga menjadi pelengkap hiasan untuk mempelai wanita. Sedangkan, untuk pria menggunakan jas tutup berwarna putih dan dilengkapi dengan ikat pinggang yang warna sama.

    4. Pangsi


    baju pangsi

    Pangsi merupakan pakaian adat Jawa Barat khususnya untuk kalangan bawah karna bentuk dari pangsi ini sangat sederhana dengan warna yang tidak mencolok dan terkesan kumal yang biasanya dipakai oleh rakyat biasa. Untuk saat ini, pangsi tidak lagi menjadi bagian kalangan bawah lagi. Sebab, kalangan atas juga sering memakainya hanya saja dengan model dan bahan yang lebih bagus.

    Atasan dari pangsi ini berupa baju salontreng atau yang kita kenal dengan baju kemeja polos. Bawahan dari pangsi berupa celana yang longgar dan panjangnya tidak melebihi batas mata kaki dan biasanya dilengkapi dengan kulit maupun kain ikat.

    5. Beskap


    beskap

    Beskap termasuk pakaian dengan bentuk seperti jas tutup, tetapi sebenarnya bukan jas loh kalo kamu perhatikan lebih baik. Bentuk beskap lebih kearah kemeja lengan panjang dengan bahan yang tebal biasanya pakaian ini dipakai oleh laki-laki Jawa Barat untuk acara resmi.

    Beskap identik dengan warna gelap dan polos, akan tetapi banyak juga kok yang memakai beskap dengan warna lain. Kalo kemeja biasanya kancing berada ditengah berbeda dengan beskap yang memiliki pola kancing menyamping.

    6. Mojang Jajaka


    mojang jajaka

    Mojang jajaka merupakan pakaian adat yang dipakai oleh para wanita dan laki-laki Jawa Barat. Untuk wanita memakai kebaya dengan warna polos yang dipadukan dengan kain kebat untuk bagian bawahnya. Sedangkan untuk laki-laki menggunakan beskap atau jas tutup sebagai atasannya dan celana panjang sebagai bawahannya.

    Ditambah lagi dengan berbagai aksesoris berupa sanggul untuk rambut, cincin, kalung, bros, gelang, peniti rantai, dan perhiasan lainnya bagi wanita. Bagi pria menggunakan jam atau arloji yang dipasangkan dengan cara dijepit di saku Jas bagian atas sebelah kiri.

    Belum ada Komentar untuk "5+ Pakaian Adat Jawa Barat Terlengkap Dengan Penjelasannya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel