Recent Post

    Cek Sertifikat Tanah Di BPN Maupun Online

    Cek Sertifikat Tanah Di BPN - Sertifikat tanah merupakan dokumen penting saat kamu hendak membeli rumah, tanah, ataupun bangunan. Hampir setiap rumah pasti memiliki sertifikat tanah. Namun, kamu jangan merasa baik-baik saja ketika memiliki sertifikat ini karna keaslian sertifikat tanah ttersebut belum terbukti. Kamu perlu cek sertifikat tanah di BPN maupun secara online.


    Seperti yang kamu ketahui bahwa banyak sekali sertifikat bodong atau palsu dan duplikasi sertifikat asli baik itu pada kasus jual-beli tanah maupun rumah. Antara sertifikat bodong dan duplikasi sertifikat masing-masing memiliki perbedaan.

    cek sertifikat tanah di bpn

    Sertifikat bodong adalah sertifikat dimana penjual mencoba memanipulasi isi sertifikat yang hendak dibeli oleh pembeli. Sedangkan, duplikasi sertifikat adalah proses yang terjadi pada saat pengecekan berlangsung seperti lahan yang tertera tidak ada.

    Oleh karena itu, agar kamu tidak terlibat dalam sengeketa lahan atau kejadian yang tidak diinginkan saat membeli rumah atau lahan. Sebaiknya kamu cek terlebih dahulu keaslian dari sertifikat tersebut. Kamu bisa mengecek keaslian sertifikat melalui dua cara diantaranya yaitu: datang langsung ke kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) atau cek sertifikat tanah online.

    Cek Sertifikat Tanah Di BPN (Badan Pertanahan Nasional)


    Apabila kamu ingin melihat keaslian sertifikatmu melalui kantor BPN. Ada beberapa dokumen yang harus kamu bawa dan dilengkapi diantaranya yaitu:
    • Sertifikat tanah asli yang mau diperiksa
    • Fotokopi KTP atau identitas diri
    • Surat kuasa apabila dikuasakan
    • Mengisi formulir yang diberikan di kantor BPN

    Untuk proses pengecekan sertifikat asli cukup cepat kok setidaknya 1x24 jam kamu sudah mengetahui hasilnya. Apabila dalam proses pengecekan tersebut petugas BPN mendapat hasil sertifikat asli maka akan dicap. Namun, jika petugas mendapatkan hasil kejanggalan maka akan diajukan plotting.

    Plotting merupakan usaha pengajuan BPN kepada pemohon yang bertujuan memastikan kebenaran dari data sertifikat. Prosesnya sendiri menggunakan GPS (Global Positioning System) untuk masuk ke dalam peta pendaftaran.

    Sehingga petugas bisa mengetahui hasilnya bila sertifikat asli hasil dari plotting bersifat valid yang menunjukkan data pendaftaran dan lokasi tanah. Jika, pada teknologi GPS tidak ditemukan lokasi tanah (fiktif), sertifikat dinilai tidak valid meski data pendaftaran telah tercantum.


    Cek Sertifikat Tanah Online


    Kamu juga bisa mengecek keaslian sertifikat melalui cara online. Cukup melalui sebuah aplikasi yang disediakan oleh BPN yang bernama "Sentuh Tanahku" semua bisa melihat hasilnya dengan cepat dan mudah.

    Fitur yang disediakan juga sangat mendukung seperti adanya Notifikasi, Info Berkas, Plot Bidang Tanah, Info Sertifikat, Lokasi Bidang Tanah, dan Info Layanan. Fitur tersebut bisa membantu kamu dalam hal yang berhubungan dengan sertifikat.

    Berikut ini bagaimana cara cek sertifikat tanah secara online dengan bantuan aplikasi Sentuh Tanahku. Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

    1. Unduh aplikasi Sentuh Tanahku di playstore atau appstore.
    2. Silahkan melakukan registrasi dengan mengisi username, email, dan password.
    3. Jika sudah, login dengan username dan password yang telah dibuat.
    4. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman home, klik menu info sertifikat
    5. Klik daftar sertifikat, kalo kamu memiliki seritifkat fisik bisa masukkan info kepemilikannya.
    6. Jika muncul hasilnya maka sertifikat kamu terdaftar di kantor BPN. Namun, jika tidak ada maka informasi tersebut tidak muncul dan sertifikat kamu tidak terdaftar.

    Kesimpulan


    Nah, itulah bagaimana cara cek sertifikat tanah di BPN dan cek sertifikat tanah online. Dengan perkembangan teknologi memudahkan segala urusanmu termasuk dalam hal pengecekan keaslian sertifikat ini. Semoga informasi ini bermanfaat ya sob.

    Belum ada Komentar untuk "Cek Sertifikat Tanah Di BPN Maupun Online"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel