Recent Post


    8 Cara Merawat Laptop Gaming Agar Tidak Cepat Rusak

    Cara Merawat Laptop Gaming - Dunia game dari dulu hingga sekarang mengalami perkembangan yang sangat pesat baik untuk game hp maupun game pc. Meskipun saat ini yang paling banyak dimainkan adalah game mobile, bukan berarti game pc hilang begitu saja. Masih ada game pc yang banyak dimainkan dan bertahan hingga sekarang sebut saja DOTA 2, LOL, dan sebagainya.


    Sebenarnya masih banyak game pc yang memiliki penggemar serta pemain yang sangat banyak. Namun, ada beberapa game yang mengharuskan untuk memiliki spesifikasi minimum pada laptop atau pc untuk bermain game tersebut. Hal inilah yang membuat game pc terlihat tidak ada yang memainkannya lagi dan kalah dengan game mobile.

    Bagi kamu yang lebih suka bermain game pc dibanding game mobile disarankan untuk membeli laptop gaming. Jika kamu memiliki laptop gaming sudah dijamin kamu bisa memainkan game pc apa saja. Sebab, laptop ini dirancang khusus untuk para gamer sejati yang senang bermain game. Selain itu, kamu juga bisa mengedit sebuah video tanpa ngelag sedikitpun lho.

    cara merawat laptop gaming

    Meski spesifikasi dari laptop gaming sangat memadai kamu perlu melakukan perawatan dan pemeliharaan. Jangan mentang-mentang laptop ini memiliki spesifikasi yang mumpuni lalu kamu yakin bahwa laptop ini akan baik-baik saja atau tidak akan pernah mengalami masalah.

    Perawatan dan pemeliharaan laptop gaming bertujuan untuk menjaga baik hardware maupun software tetap awet dan kinerja laptop tetap optimal. Percuma dong punya laptop tersebut tapi performa dan kinerjanya sama dengan laptop biasa. Nah, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tips dan cara merawat laptop agar tidak cepat rusak.

    Cara Merawat Laptop Gaming Agar Awet


    Berikut ini ada beberapa cara memelihara laptop gaming agar tidak cepat rusak. Sehingga bisa kamu pakai hingga bertahun-tahun.

    1. Paki Kipas Pendingin Tambahan


    Cara pertama agar laptop tidak cepat rusak yaitu gunakan kipas pendingin tambahan. Seperti yang kamu ketahui saat bermain game, laptop pasti mengeluarkan daya yang lebih sehingga membuat laptop menjadi panas. Meskipun laptop tersebut sudah ada kipasnya tentu itu belum cukup sehingga kamu perlu kipas pendingin tambahan.

    Apabila laptop terlalu panas dan tetap dimainkan nantinya akan berdampak pada performa laptop itu sendiri. Selain performa, ada bagian baik dari software maupun hardware akan mengalami masalah. Oleh karena itu, untuk mencegah atau mengatasinya sebaiknya kamu membeli kipas pendingin ya guys.

    2. Bersihkan Laptop Secara Rutin dan Menyeluruh


    Selanjutnya kamu perlu membersihkan laptop secara menyeluruh. Mulai dari layar laptop dan bagian keyboard menggunakan tisu atau lap setengah basah. Pembersihan ini bertujuan untuk membersihkan debu-debu serta kotoran yang menempel pada layar dan keyboard. Apalagi buat kamu yang suka main game di luar atau tidak dirumah.

    Kalo tadi hanya bagian luar laptop saja, sekarang kamu bersihkan bagian dalamnya yaitu software. Pada bagian dalam kamu bisa membersihkan menggunakan antivirus atau menghapus cache laptop minimal sebulan sekali untuk meningkatkan performa laptop.

    3. Atur Waktu Bermain Game di Laptop


    Meskipun laptop gaming memiliki spesifikasi yang tinggi dan daya tahan baterai yang lama. Kamu perlu mengatur waktu untuk bermain game terutama game berat. Sebab, secanggih-canggihnya laptop apabila terus-menerus digunakan tanpa henti pasti akan mengalami masalah fatalnya mengalami kerusakan pada laptop.


    4. Jangan Bermain Laptop di Kasur


    Sepertinya untuk para gamer hampir semua tidak ada yang main laptop di kasur ya. Tapi, perlu diingatkan kembali untuk tidak bermain laptop diatas kasur karna dapat memperlambat sirkulasi udara yang masuk dan keluar pada laptop. Ketika hal itu terjadi laptop akan menjadi overheat dan dapat merusak laptop tersebut.

    5. Jauhkan Benda-Benda Yang Ada di Sekitar Laptop


    Ini juga sangat penting lho biasanya para gamer bermain ada snack atau minuman untuk menemaninya. Nah, minuman dan snack ini kalo bisa berada jauh dari laptop karna takutnya jika ada disekitar laptop, benda tersebut akan tumpah dan mengenai bagian laptop.

    6. Gunakan Stabilizer Saat Bermain Laptop


    Tambahan barang elektronik lainnya ketika kamu sedang bermain laptop yaitu harus menggunakan stabilizer. Tujuannya adalah ketika daya listrik tiba-tiba mengalami perubahan tidak langsung menuju ke laptop. Perubahan mendadak tersebut akan menuju ke stabilizer terlebih dahulu baru disampaikan ke laptop agar laptop tidak mengalami kerusakan secara tiba-tiba karna pengaruh listrik.

    7. Perbarui Drivers Tools


    Kamu harus sering mengecek dan memperbarui drivers tools yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki bug yang ada pada driver sebelumnya. Terutama driver pada bagian suara dan tampilan yang paling sering mengalami bug.

    8. Hindari Pemakaian Laptop Sambil Ngecas


    Sebisa mungkin untuk tidak memainkan laptop sambil ngecas ya. Karna terkadang saat bermain laptop sambil ngecas akan mengalami masalah. Seperti setelah casan dicabut meski baterai sudah penuh, laptop tersebut akan mati tiba-tiba dan ketika mau dinyalakan harus dicas terlebih dahulu.

    Kesimpulan


    Demikianlah bagaimana cara merawat laptop agar awet terutama untuk laptop gaming. Karna tidak main-main untuk harga laptop gaming itu sendiri. Oleh karena itu, perawatannya pun harus maksimal dan terus diperhatikan. Share artikel ini ke temanmu semoga informasi ini bermanfaat ya guys.

    Belum ada Komentar untuk "8 Cara Merawat Laptop Gaming Agar Tidak Cepat Rusak"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel