Recent Post


    7 Teknik Fotografi Bagi Pemula Untuk Menjadi Fotografer Profesional

    Teknik Fotografi - Fotografi merupakan proses menangkap atau menghasilkan sebuah gambar dari suatu objek menggunakan media cahaya. Dalam menghasilkan sebuah gambar tersebut seorang fotografer harus paham akan dasar-dasar teknik fotografi.


    Alasan mengapa teknik ini harus dimiliki oleh seorang fotografer adalah agar hasil foto yang diambil bukan hanya bagus tetapi dapat terlihat menarik dan memiliki arti. Karna kalo bagus saja kamu bisa pakai peralatan yang mewah dengan jenis kamera dan lensa yang lengkap.

    teknik fotografi

    Memang bagi seorang fotografer pemula teknik ini harus sering dilatih agar terbiasa mendapakan foto yang menarik. Oleh karena itu, mereka lebih ditekankan untuk belajar memahami komposisi maupun teknik dalam fotografi daripada harus memikirkan peralatan yang mereka gunakan.

    Karna nanti akan kelihatan bagaimana hasil foto dari fotografer yang menguasai teknik dengan tidak. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa cara pengambilan foto bagi seorang pemula agar menjadi seseorang yang profesional.

    Teknik Fotografi Dasar Bagi Pemula


    Sebenarnya fotografi memiliki berbagai teknik yang bisa kamu pelajari. Tetapi, pada kali ini saya akan memberikan beberapa teknik dasar saja terutama bagi kamu seorang pemula yang hobi fotografi agar mendapatkan hasil foto seperti layaknya seorang profesional.

    1. Teknik Foto Rule Of Third


    rule of third
    sumber: pinterest

    Salah satu teknik dasar fotografi yang wajib banget diketahui bagi pemula adalah Rule of Third. Rule of Third merupakan sebuah teknik dengan membagi layar kamera menjadi 9 kotak yang besarnya sama.

    Rule of Third menekankan pada Point of View (PoV) dengan objek yang berada di tengah atau diantara 4 titik pada kotak tengah. Dimana hal ini bertujuan agar orang yang melihatnya dapat langsung mengetahui arti dari foto tersebut.

    2. Teknik Foto Simetris


    foto simetris
    sumber: pinterest

    Kalo sebelumnya teknik dengan membagi layar menjadi 9 kotak. Pada teknik simetris kamu membagi bidang foto menjadi 2 saja dengan jarak yang sama besarnya dan posisi objek tepat memotong garis simetris tersebut.

    3. Teknik Foto Highspeed


    highspeed
    sumber: pinterest

    Teknik pengambilan gambar ini terletak pada kecepatannya. Dimana foto yang kamu hasilkan didapat dari pengambilan foto dengan waktu yang sangat cepat. Telat se-persekian detik saja bisa membuat teknik foto ini gagal.

    Kunci utama dari pengambilan foto ini yaitu dari pengaturan shutter speed kamu. Jadi, aturlah shutter speed kamu untuk pengambilan gambar dengan waktu yang cepat. Contoh hasil dari teknik ini ialah saat balon air dipecahkan dan hasil fotonya terdapat percikan air dari balon tersebut.


    4. Teknik Foto Siluet


    siluet
    Sumber : pinterest

    Foto siluet merupakan foto yang menghasilkan latar belakang terang dengan objek yang difoto berwarna gelap total sehingga Point of View (PoV) nya terbentuk dari objek gelap tadi. Sebenarnya teknik fotografi ini tidaklah susah bahkan sekarang foto siluet bisa dilakukan melalui proses editing bukan dari hasil foto sesungguhnya.

    Namun, bagi seorang fotografer memotret dengan teknik siluet tanpa editing ini sangatlah epic. Karna mereka harus memperhatikan beberapa hal diantaranya yaitu dapat menemukan latar belakang dengan pencahayaan yang tepat serta harus berusaha menampilkan objek yang menarik.

    5. Teknik Foto High Dynamic Range (HDR)


    hdr
    Sumber : pinterest

    Kebalikannya dari foto siluet dengan teknik foto HDR ini membantu kamu dalam menghasilkan foto yang memiliki pencahayaan sangat tinggi agar hasil foto lebih hidup. Hasil foto HDR bisa dihasilkan langsung dari jepretan kamera maupun bantuan aplikasi untuk meningkatkan exposure.

    6. Teknik Foto Perspektif


    perspektif
    Sumber : pinterest

    Teknik perspektif mungkin menjadi teknik fotografi yang lumayan susah bagi seorang pemula. Karna kamu harus bisa memanfaatkan objek agar bisa dilihat dari berbagai sudut atau dimensi.

    Meski bisa dilihat dari berbagai sudut tetapi fokus atau PoV pada hasil foto perspektif mengarahkan pada 1 sudut saja. Sehingga dapat menghasilkan sebuah foto yang menarik, tetapi hati-hati dalam melakukan teknik ini karna jika salah sedikit hasil foto bisa tidak enak dilihat.

    7. Teknik Foto Refleksi


    refleksi
    Sumber : pinterest

    Teknik refleksi ini memiliki PoV pada hasil foto refleksi itu sendiri. Bentuk refleksi dari objek menjadi Point of Interest utama sehingga objek menjadi sebuah pelengkap saja.

    Kamu bisa melakukan teknik ini contohnya pada danau, genangan air, cermin, dan hal-hal yang bisa melakukan refleksi terhadap objek utama.

    Kesimpulan


    Nah, itulah teknik dasar fotografi bagi seorang pemula yang harus dipelajari. Jika beberapa teknik diatas sudah kamu kuasai bukan tidak mungkin kamu bisa menguasai teknik yang lebih rumit dan menjadi seorang fotografer profesional.

    Belum ada Komentar untuk "7 Teknik Fotografi Bagi Pemula Untuk Menjadi Fotografer Profesional"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel