Recent Post


    Cara Membuat Subdomain Di Blogger Melalui Hostinger

    Cara Membuat Subdomain Di Blogger - Subdomain adalah sebuah bagian domain dari domain utama kamu, misalkan domain utama coldeja.com, maka kamu bisa membuat subdomain seperti otobussiness.coldeja.com atau yang lainnya. Dan yang dimaksud subdomain disini adalah nama yang tertulis sebelum domain utama yaitu otobussiness.


    Subdomain berfungsi sebagai halaman atau url khusus tergantung dari kebutuhan website kamu. Jika dalam website kamu memiliki halaman promo dan halaman tersebut termasuk halaman khusus, maka kamu bisa membuat halaman promo menjadi sebuah subdomain untuk memudahkan kamu dalam mengelola halaman tersebut.

    Lalu, bagaimana cara membuat subdomain? Membuat sebuah subdomain sebenarnya sangatlah mudah dan yang paling penting adalah gratis. Bagi pengguna wordpress kamu tidak perlu ribet lagi karna bisa membuatnya melalui cpanel akun hosting, namun bagaimana dengan pengguna blogspot?.

    cara membuat subdomain di blogger

    Bagi pengguna blogspot untuk membuat sebuah subdomain memang agak sedikit ribet. Perlu kamu ketahui juga domain root yang masih tertulis .blogspot.com tidak bisa dibuat sub domain. Oleh karena itu, kamu harus membeli sebuah domain baru banyak kok penyedia hosting dan domain yang menawarkan harga murah untuk setiap domainnya.


    Jika kamu sudah mengganti domain rootnya sekarang saya akan memberikan tutorial membuat subdomain di blogger, namun karna disini saya membeli domain di hostinger maka proses selama pembuatan berada di server hostinger. Ini semua berlaku juga bagi kamu tergantung dari kamu membeli domain tersebut dimana.

    Cara Membuat Subdomain Blogger Di Hostinger


    Oke simak penjelasannya dibawah ini bagaimana cara custom subdomain di blogger tanpa menggunakan cpanel. Sekali lagi saya beritahu bahwa cara ini bisa kamu ikuti juga di tempat kamu membeli domain tidak hanya di hostinger saja.

    1. Membuat Sebuah Blog Baru


    Berbeda dengan wordpress pada blogger kamu harus membuat sebuah blog baru terlebih dahulu jika ingin membuat subdomain. Hal ini dikarenakan kita ingin membuat sebuah halaman khusus untuk sebuah kepentingan, maka diperlukan blog baru yang nantinya akan dijadikan subdomain.

    cara custom subdomain di blogger

    Kamu bisa membuat blog baru tersebut dengan cara buka blogger.com domain utama, lalu klik nama domain utama dan pilih blog baru. Buatlah judul dan url blog kamu bisa sesuai dengan nama subdomain nanti yang ingin dipakai atau menggunakan nama lainnya bebas.

    cara custom subdomain di blogger

    cara custom subdomain di blogger

    2. Masuk Ke Member Area


    Jika sudah berhasil membuat blog baru langkah selanjutnya yaitu masuk ke member area. Karena saya menggunakan hostinger, maka saya akan masuk ke member area hostinger. Begitupun dengan kamu masuk ke member area tempat kamu membeli domain.


    Setelah masuk ke halaman member pilih "DNS Zone". Jika sudah terbuka jendela DNS pada tahap ini kita akan membuat sebuah domain dari blog baru yang kita buat menjadi sebuah subdomain dari domain utama kita.

    3. Menambahkan A (Host)


    Yang perlu kamu lakukan yaitu menambah A (Host) jika kamu menggunakan hostinger, maka bisa langsung klik "Tambah Baru" dan kamu akan disuruh untuk mengisi "host", "diarahkan ke", dan "ttl".

    tambah host

    Untuk host silahkan isi sesuai dengan nama url blog yang kita buat karna sebelumnya saya membuat url "penjelajahlokasi", maka masukkan url tersebut ke host, lalu kolom "diarahkan ke" samakan isinya dengan yang lain dan "ttl" atur menjadi 1/2 jam. Buatlah sebanyak 4 baris untuk host ini.

    4. Menambahkan CName (Alias)


    Sama seperti dengan menambah A (Host) pada CNAME ini kamu perlu menambahkan url yang telah dibuat tadi, misalkan yang saya buat adalah "penjelajahlokasi", maka pada kolom "Host" masukkan "www.penjelajahlokasi" dan kolom "diarahkan ke" isikan "ghs.google.com".

    cname

    Pada tahap ini kamu berhasil setting url blogspot menjadi subdomain. Langkah selanjutnya, masuk ke dashboard blogger dan pilih "setelan". Untuk menu privasi "dapat diakses mesin telusur" silahkan di on kan, dan pada menu memublikasikan "alihkan domain" jangan kamu centang.

    custom subdomain blogger

    Kenapa jangan dicentang? sebab, jika kamu centang alihkan domain tersebut maka domain utama kamu akan teralihkan ke subdomain, bukan blog baru yang telah dibuat. Hal ini harus kamu perhatikan dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan seperti itu, bisa-bisa setiap orang yang ingin mengakses domain utamamu malah beralih ke subdomain.


    Proses konfigurasi dan peralihan url ke subdomain kurang lebih membutuhkan waktu 1x24 jam tergantung dari server itu sendiri. Setelah 1x24 jam masih belum bisa, periksalah kembali apakah ada langkah-langkah diatas yang terlewatkan atau tidak. Jika tidak ada kamu bisa menghubungi CS penyedia domain kamu untuk memberi arahan lebih lanjut.


    Kelebihan Membuat Subdomain


    Membuat subdomain bukan semata-mata hanya ingin memperbanyak website, blog, atau halaman saja. Lebih dari itu, berikut beberapa kelebihan membuat subdomain website.


    1. Menghemat Uang


    Kenapa bisa dibilang menghemat uang? Hal ini dikarenakan jika kamu ingin membuat sebuah website dengan domain yang unik tentu kamu perlu mengeluarkan dana yang lebih untuk membeli domain tersebut dan jika kamu menggunakan wordpress pastinya perlu mengeluarkan biaya untuk hosting.

    Bayangkan saja itu hanya 1 website lho, bagaimana jika kamu ingin mengelola banyak website sudah pasti mengeluarkan dana yang lebih besar lagi. Nah, dengan membuat subdomain ini kamu tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk mengelola banyak website.

    Cukup dengan membayar 1 domain kamu bisa menghemat uang dan bisa membuat banyak website puluhan bahkan hingga ratusan tergantung kebutuhan. Mungkin kamu akan mengeluarkan sedikit uang untuk menambah kapasitas hosting agar website tidak lemot ketika banyak pengunjung hal ini ditujukan bagi pengguna wordpress bagi pengguna blogger kamu tidak perlu memikirkan hal tersebut.

    2. Terlihat Professional dan Dapat Menjangkau Audiens Yang Spesifik


    Dengan membuat subdomain website kamu akan terlihat professional karna website utama tidak tercampur dengan halaman seperti blog, promo, dan sebagainya. Sehingga pengunjung bisa fokus dengan tujuan mereka dan kamu juga bisa fokus pada pembahasan tiap website.

    Saya ambil contoh kamu memiliki website dengan domain utama yaitu travel.com. Jika pembahasan website tersebut ingin lebih spesifik ke kota-kota yang memiliki tempat wisata yang indah kamu bisa membuat subdomainnya. Kamu bisa membuat subdomain menjadi jogja.travel.com, jakarta.travel.com, dan lain-lain.


    Beberapa subdomain yang kamu buat tentu akan menjangkau pengunjung sesuai traget mereka sehingga mereka tidak mencari kemana-mana lagi dan hanya fokus pada subdomain kamu karna pencarian mereka semuanya terdapat pada website tersebut.

    3. Meningkatkan Kualitas SEO


    Untuk kualtias SEO sendiri kamu tidak perlu mengkhawatirkannya karna SEO pada subdomain hampir sama dengan domain utama. Jadi kamu bisa tetap mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian bahkan bisa lebih baik dari domain utama.


    Hal ini disebabkan karena pembahasan pada subdomain sangat relevan dan lebih spesifik. Sehingga mesin pencari merekomendasikan websitemu karna menganggap seseorang yang mencari konten yang mirip dengan pembahasan diwebsitemu.

    4. Pembuatan Cukup Mudah


    Baik di wordpress maupun blogger keduanya sama-sama mudah untuk membuat subdomain. Kamu hanya perlu mengikuti panduan diatas untuk blogger dan tutorial lainnya untuk wordpress.

    Kesimpulan


    Demikianlah tutorial cara membuat subdomain di blogger melalui cpanel hostinger beserta kelebihan membuat subdomain. Sekarang kamu bisa membuat subdomain untuk websitemu agar pembahasan menjadi lebih spesifik lagi di setiap websitenya sehingga pengunjung dapat fokus.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Subdomain Di Blogger Melalui Hostinger"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel