Recent Post

Cara Membuat Subtitle Film di Laptop Termudah

Cara Membuat Subtitle Film Di Laptop- Bagi sebagian orang nonton film hollywood atau film dari negara lain tanpa menggunakan subtitle adalah kepuasan tersendiri. Sebab, mereka bisa belajar bahasa asing melalui film yang ditonton, namun bagi sebagian lainnya nonton film luar negeri tanpa subtitle sangatlah menyiksa.


Subtitle pada film memang memiliki peran penting karna seperti yang kita ketahui perkembangan teknologi yang kian makin berkembang pesat membuat sebuah film yang ada di seluruh dunia bisa diakses melalui internet. Oleh karena itu, agar film mudah dipahami penonton diperlukan sebuah terjemahan atau subtitle.

cara membuat terjemahan film di laptop

Cara membuat subtitle film sebenarnya tidak sulit, bahkan siapapun bisa membuatnya tanpa keahlian khusus hanya bermodalkan dapat menguasai bahasa asing saja. Diluar sana terdapat banyak aplikasi pembuat subtitle dengan segala fitur menariknya sehingga dapat memudahkan orang yang akan membuatnya.

Akan tetapi, kamu juga bisa membuat subtitle video atau film tanpa install aplikasi lain yaitu dengan menggunakan notepad. Umumnya subtitle ini memiliki format SubRip (.srt) dimana kamu bisa membuatnya melalui notepad atau text editor.

Dalam membuat terjemahan ini kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal penting diantaranya yaitu:
  • Penomoran : dimana kamu harus mengurutkan text yang akan muncul
  • Timestap : timestap ini menentukan tulisan muncul dan hilang di detik, menit, dan jam pada film tersebut
  • Text : Isi atau terjemahan dari film itu sendiri

Setelah kamu memahami hal-hal penting diatas. Sekarang kita akan coba membuat sebuah sub menggunakan aplikasi notepad. Semua hal diatas harus dimasukkan ya agar terlihat rapih dan juga jelas.

Cara Membuat Subtitle Film Di Laptop Menggunakan Notepad


Kamu tidak perlu lagi menginstall software karna notepad sudah tersedia pada setiap sistem operasi windows. Kenapa saya lebih memilih notepad dibandingkan text editor lain? Karena aplikasi ini sudah bawaan dan juga lebih mudah karna tidak ada warna-warna lain seperti menggunakan text editor. Berikut ini langkah-langkah membuat subtitle di notepad.
  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu buka aplikasi notepad terlebih dahulu
  • Setelah itu, buatlah penomoran seperti yang sudah dikatakan sebelumnya untuk mengurutkan subtitle disini mulai dari angka 0 sampai seterusnya
  • Tekan 'enter' untuk membuat baris baru, lalu masukkan timestap mulai dari milidetik, detik, menit, dan jam adegan dimulai hingga berakhir
  • Selanjutnya, masukkan isi terjemahan atau teks subtitlenya
  • Ulangi langkah yang diatas terus hingga film selesai
cara membuat terjemahan film
  • Terakhir jika subtitle sudah diketikkan hingga selesai. Simpan file tersebut dalam bentuk format yang telah ditentukan (.srt)
format subtitle
Agar subtitle terlihat lebih rapih buatlah jarak sebanyak 1 baris yang berfungsi sebagai pemisah. Hal penting lainnya agar pembuatan subtitle lebih akurat yaitu kamu harus sambil menonton videonya juga dengan begitu dijamin terjemahan yang diketikkan akan sama.


Untuk melihat hasilnya sekarang kamu coba masukkan atau tarik file (.srt) yang telah dibuat kedalam video. Masih bingung cara memasukkan subtitle ke dalam video? Berikut ini langkah-langkahnya:

Cara Memasukkan Subtitle Ke Dalam Video

  • Buka video yang ingin dimasukkan subtitle bisa menggunakan VLC Media Player atau pemutar lainnya. Sebelumnya pastikan video tersebut adalah video yang kamu buatkan sub nya. Tapi, kali ini saya akan menggunakan VLC Media Player karna lebih mudah
  • Setelah video terbuka klik 'Terjemahan' lalu pilih 'Tambah Terjemahan'. Kemudian kamu cari file .srt yang telah dibuat
cara menampilkan subtitle film di laptop
  • Sekarang lihat hasilnya kamu bisa mainkan video beserta subtitlenya

Kesimpulan


Demikian bagaimana cara membuat subtitle film di laptop tanpa bantuan aplikasi. Sekarang kamu bisa membuat berbagai subtitle film agar lebih mudah memahami jalan ceritanya. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikelnya ya guys.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Subtitle Film di Laptop Termudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel