Recent Post


    Cara Membuat Bit.ly Untuk Memperpendek URL (Whatsapp/Youtube/Google Drive)

    Memperpendek URL Dengan Bit.ly - URL atau link suatu halaman pasti memiliki bentuk yang unik. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi duplikat URL sehingga bisa membawa kita ke tautan yang dituju dengan tepat.


    Biasanya link dibuat dengan bentuk yang panjang mengikuti judul yang ditulis. Namun, link yang terlalu panjang juga tidak efektif karena ketika kita hendak membuka tautan tersebut harus menulis ulang link yang panjang itu.

    Oleh karena itu, solusi mengatasi link yang panjang agar lebih mudah untuk ditulis ulang dan mudah diingat yaitu dengan memperpendek URL nya. URL yang diperpendek ini dapat berupa URL dari halaman sebuah website, video youtube, atau yang lainnya.

    cara membuat bitly untuk meringkas url

    Ada beberapa cara memperpendek URL salah satunya melalui situs bit.ly. Bit.ly adalah sebuah situs memperpendek URL dimana URL yang telah diperpendek tautan tujuannya tetap sama. Selain itu, bit.ly juga memberikan fitur analisa performa link, maksudnya adalah untuk mengetahui performa baik dari klik, jangkauan, dan lainnya saat link telah diperpendek.

    Situs ini menyediakan versi gratis dan berbayar, jadi kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan karna keduanya memiliki fitur yang berbeda. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan dalam meringkas URL dan bagaimana cara membuat bit.ly dengan mudah.

    Cara Membuat Bit.ly Untuk Meringkas URL


    Meringkas URL menggunakan bit.ly tidaklah sulit, kamu bisa mengikuti cara dibawah ini hanya dengan beberapa klik saja URL sudah diperpendek.

    1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka situs bit.ly di browser kamu.

    2. Selanjutnya, jika kamu hanya ingin memperpendek link atau membuat link menjadi singkat, maka kamu hanya perlu paste/menempelkan link tujuan ke dalam kotak 'Shorten Your Link'. Lalu, klik 'Shorten' untuk proses perpendek link.

    cara membuat bit ly

    3. Setelah selesai akan muncul link yang telah disingkat seperti dibawah ini. Copy saja link tersebut dan coba klik apakah link yang diperpendek tetap mengarah ke tujuan yang sama atau tidak.

    cara meringkas url dengan bit ly


    Cara Memperpendek URL Dengan Bit.ly Menggunakan Custom URL


    Atau mungkin kamu ingin meringkas URL dan membuatnya sesuai dengan keinginanmu? Tentu bisa kok karena bit.ly menyediakan fitur kustomisasi URL. Berikut ini cara custom URL termudah menggunakan bit.ly.

    1. Sama seperti cara sebelumnya yaitu kamu perlu membuka situs website bitly.com di browser yang kamu gunakan.

    2. Perbedannya terletak pada langkah ini, jika sebelumnya kamu langsung paste link yang dituju. Akan tetapi, disini kamu perlu melakukan daftar akun terlebih dahulu dengan cara klik 'Sign Up' atau 'Get Started For Free'.

    cara membuat akun bitly

    3. Untuk mempercepat proses daftar saya merekomendasikan untuk menggunakan akun google saja. Jika ditanya alasan menggunakan bitly, maka kamu bisa pilih 'Personal'.

    cara membuat akun bitly

    4. Setelah selesai otomatis akunmu berhasil dibuat dan untuk custom link klik 'Create'.

    cara membuat link bitly

    5. Masukkan link yang ingin diperpendek ke dalam kotak 'Paste Long URL'. Respon bit.ly sangat cepat sehingga setelah kamu paste link tersebut, maka kamu akan diarahkan ke bagian selanjutnya.

    cara membuat link bitly

    6. Pada kotak 'Customize Back-Half' silahkan ganti dengan custom link yang kamu inginkan. Begitupun dengan judulnya mau kamu ganti dengan nama yang sama atau beda terserah saja. Setelah selesai klik 'Save'.

    cara membuat link bitly

    7. Bitly custom kamu telah berhasil dibuat dan sekarang kamu bisa gunakan link yang pendek tersebut.

    Kesimpulan


    Mudah bukan cara membuat bitly untuk memperpendek URL? Perlu kamu ketahui bahwa kamu bisa memperpendek link kurang lebih sebanyak 20 buah. Namun, jika kamu ingin lebih dari itu, maka kamu harus upgrade dengan membayar sesuai dengan harga yang ditentukan. Demikianlah penjelasan mengenai cara meringkas URL semoga informasi ini bermanfaat ya.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Bit.ly Untuk Memperpendek URL (Whatsapp/Youtube/Google Drive)"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close