Recent Post


    4 Perbedaan CV Dan Resume Lamaran Kerja Yang Perlu Kamu Ketahui

    Perbedaan CV dan Resume - Saat kamu melamar kerja pasti selalu menemukan lowongan ynag mengatakan "kirim cv melalui email.." atau "kirim resume melalui email..". Meskipun cv dan resume merupakan dokumen yang harus disiapkan untuk melamar kerja yang didalamnya berisi branding dirimu sendiri. Namun, tanpa kamu sadari dari kedua kata tersebut ternyata memiliki perbedaan.


    Masih banyak yang mengira bahwa cv dan resume adalah dokumen yang sama. Ya, bisa dibilang tidak salah memang dokumen tersebut sama-sama berguna untuk mempromosikan dirimu kepada perusahaan. Namun, isi dan tujuan dari penggunaannya lah yang berbeda dan terbilang cukup signifikan.

    perbedaan cv dan resume

    Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perbedaan dari cv dan resume. Sebaiknya kamu perlu mengetahui apa itu cv dan resume terlebih dahulu. Simak pembahasannya dibawah ini.

    Apa Itu CV?


    CV (Curriculum Vitae) atau biasa disebut dokumen yang menggambarkan perjalanan atau riwayat hidup seseorang. Isi dari cv itu sendiri dibuat secara rinci dan lengkap mengenai informasi pribadi yang didalamnya terdapat kewarganegaraan, tempat dan tanggal lahir, foto, riwayat pendidikan.

    Karena banyaknya informasi yang harus diisi, maka kamu juga perlu menulis atau menyusun urutannya secara jelas agar para hrd atau recruiters dapat memahami maksud dokumenmu.

    Apa Itu Resume?


    Resume kebalikannya dari cv dimana resume menggambarkan dirimu secara singkat. Tidak seperti cv yang mencantumkan informasi pribadi secara detail seperti status, kewarganegaraan dan yang lainnya. Di resume berisi kemampuan dan pengalaman kerja dan bentuknya bisa berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan lowongan kerja.

    Dengan adanya informasi kemampuan yang relevan terhadap posisi lowongan kerja. Ini akan memudahkan recruiters dalam memilih seseorang yang tepat untuk mengisi posisi yang kosong tersebut.


    Dari penjelasan diatas apakah kamu sudah mengetahui perbedaan diantara keduanya? Jika masih belum paham, saya akan lanjutkan membahas apa perbedaan cv dan resume ini.

    Perbedaan CV dan Resume


    Simak baik-baik perbedaan antara cv dan resume agar kamu dapat menentukan akan mengirim dokumen lamaran kerja yang mana.

    1. Isi atau Konten


    Pada umumnya untuk isi dari resume itu sendiri lebih pendek dan bentuknya tidak tetap alias dapat diubah sedemikian rupa sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar.

    Perubahan tersebut misalnya seperti kemampuan yang kamu miliki dan riwayat pekerjaan sebelumnya. Intinya resume ini dapat diubah sesuai dengan posisi yang dilamar agar terlihat relevan.

    Sedangkan cv umumnya memiliki isi yang lebih panjang dan berisikan informasi pribadi secara lengkap. Informasi tersebut seperti riwayat pendidikan, pekerjaan, pencapaian, dan lain-lain.

    2. Jumlah Halaman


    Jumlah halaman dari kedua dokumen ini juga sangat berbeda. Resume secara umum hanya terdiri dari 1 halaman saja dan berisikan kemampuan yang kamu miliki ditulis secara ringkas.

    Sementara cv memiliki jumlah halaman yang cukup banyak umumnya 2-3 halaman yang berisikan secara rinci dan jelas mengenai informasi hidupmu. Untuk ketentuan isinya sendiri tidak memiliki batas artinya bisa lebih dari halaman yang ditentukan. Jika kamu masih bingung silahkan baca artikel sebelumnya mengenai format cv lamaran kerja.

    3. Penulisan Urutan


    Dalam penulisan urutan keduanya juga tidak sama dimana urutan penjelasan pada resume cukup fleksibel atau tidak statis. Berbeda dengan cv yang memiliki urutan penjelasan mengenai sebuah informasi dengan mengikuti aturan yang berlaku.

    4. Tujuan Penggunaan


    Dalam tujuan penggunaannya pun sebenarnya berbeda terutama di setiap negara. Misalnya saja penggunaan resume di negara-negara seperti Amerika Serikat, Australia, atau yang lainnya dimana negara tersebut memilih resume sebagai syarat untuk melamar kerja dibandingkan cv.

    Sementara di Indonesia kebanyakan perusahaan memilih cv sebagai salah satu dokumen yang harus dilampirkan saat melamar kerja. Karan cv berisikan daftar riwayat hidup yang lebih rinci termasuk kemampuan dan pencapaian yang pernah didapat.

    Kesimpulan


    Nah, itulah perbedaan cv dan resume yang perlu kamu ketahui saat melamar pekerjaan. Sekarang kamu tidak lagi mengirim dokumen yang sama setiap melamar kerja karna telah mengetahui dokumen yang tepat ketika diminta oleh recruiters. Jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu semoga informasi ini bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "4 Perbedaan CV Dan Resume Lamaran Kerja Yang Perlu Kamu Ketahui"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel