Recent Post


    6 Kesalahan Pelamar Kerja Dalam Membuat CV

    Kesalahan Membuat CV - CV (Curriculum Vitae) merupakan salah satu dokumen paling penting ketika kamu hendak melamar pekerjaan. Biasanya recruiters membuka lowongan kerja mengharuskan para pelamarnya mengirimkan cv terlebih dahulu untuk mereka tinjau.


    Mengapa harus cv terlebih dahulu? Mengapa tidak sekalian saja dengan berkas-berkas lainnya? Jawabannya karna sebagian hrd ingin menilai karakter kamu dari cv atau Resume yang telah kamu kirimkan. Disisi lain tidak memungkinkan bagi hrd untuk memeriksa semua berkas selain cv, apalagi jika jumlah pelamar hingga ribuan.

    kesalahan membuat cv

    Oleh karena itu, untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan buatlah sebuah tampilan cv yang menarik. Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuat cv yang baik, coba kamu ikuti artikel yang telah saya buat ini tentang tips cara membuat cv yang menarik.

    Setelah kamu baca artikel tersebut mungkin sudah ada gambaran tentang cv yang menarik itu seperti apa. Namun, terkadang masih ada saja hal-hal yang terlupakan ketika membuat cv. Beberapa hal tersebut sudah saya rangkum mengenai apa saja kesalahan dalam membuat cv.

    1. Tidak Menuliskan Informasi Tentang Dirinya


    Di dalam sebuah cv penting adanya sebuah informasi tentang dirimu. Karena recruiters perlu tahu dulu perkenalan singkat tentang siapa dirimu. Kebiasaan yang sering terjadi dan ditemui pada cv yaitu pelamar hanya menyebutkan namanya saja tanpa memberi informasi mengenai dirinya.

    Hal ini tentu membuat bingung seorang recruiters apakah kamu baru lulus atau kamu telah memiliki pengalaman. Sehingga satu kesalahan kecil seperti itu bisa mengurangi nilai kesempatanmu untuk dipanggil interview.

    2. Terlalu Banyak Menggunakan Font


    Usahakan dalam membuat cv jangan menggunakan banyak font karna dapat merusak tampilan dari cv tersebut. Mungkin penggunaan font lebih dari 2 ini bisa kamu terapkan ketika kamu melamar kerja sebagai desain grafis, multimedia, atau konten kreator.

    Pekerjaan-pekerjaan tersebut sangat cocok karna kreatifitas dan estetika menjadi salah satu penilaiannya juga. Namun, diluar dari bidang pekerjaan tersebut jangan menggunakan lebih dari 2 jenis font ya.


    3. Tidak Mencantumkan IPK atau Nilai Akhir


    Kesalahan lainnya yang menyebabkan dirimu tidak dipanggil interview adalah kurang mencantumkan nilai akhir dari pendidikanmu. Ini sering terjadi dan mungkin kamu menganggap ini adalah hal biasa yang tidak perlu diberitahu.

    Namun jangan salah, sebab tidak sedikit recruiters yang ingin melihat nilai akhir dari pendidikan terakhirmu. Nilai akhir bagi sebagian dari mereka menjadi sebuah patokan apakah pelamar layak dipanggil untuk interview atau tidak.

    4. Tidak Mencantumkan Kemampuan dan Skill Yang Dimiliki


    Sudah pasti kalo di cv itu kamu harus menunjukkan kemampuan atau skill apa yang kamu miliki. Percuma jika hanya menulis informasi pribadi saja karna recruiters mencari seorang pekerja tentu yang sesuai dengan posisi yang dicari.

    Pada saat melamar kerja pun kamu jangan asal memasukkan lamaran. Apabila recruiters membuka lowongan pada posisi A dan kemampuanmu ada di posisi B, tapi kamu tetap memasukkannya. Ya, jangan berharap lebih kamu akan dipanggil interview.

    5. Jangan Meninggalkan Ruang Kosong


    Umumnya sebuah cv hanya memiliki 1 halaman saja dan paling maksimal sebanyak 2 halaman. Jika cv kamu terdiri dari 1 halaman, usahakan jangan membuat sebuah space atau ruang kosong pada lembar tersebut.

    Tidak menyisahkan ruang kosong bukan berarti pada 1 halaman itu full terisi semua sehingga tidak bisa terbaca. Setidaknya berikan sedikit ruang putih sebagai jarak dan jika ada sisa ruang kosong cukup banyak silahkan isi dengan yang lainnya.

    Untuk pengisian sebuah cv yang baik dan benar kamu bisa lihat artikel saya contoh format cv yang benar. Disana ada beberapa template yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan ruang kosong pada cv mu.

    6. Tidak Mencantumkan Foto


    Dan yang terakhir adalah kamu tidak mencantumkan foto pada cv yang telah dibuat. Meski recruiters meminta pas photo untuk dilampirkan bersamaan dengan cv. Kamu tetap harus menyisipkan foto didalamnya agar recruiters pun tidak harus membuka dokumen lain yang bisa menghabiskan waktu.

    Kesimpulan


    Nah, itulah beberapa kesalahan yang sering ditemui saat membuat sebuah cv. Mulai sekarang ubah dan benarkan cv lamaran kerjamu agar bisa dipanggil interview. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "6 Kesalahan Pelamar Kerja Dalam Membuat CV"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel