Recent Post


    5 Tips Dan Cara Beriklan Di Shopee Agar Tidak Boncos

    Cara Beriklan Di Shopee - Memulai bisnis online bisa dikatakan susah-susah gampang apalagi jika kamu berjualan di marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, dan lain-lain. Persaingan harga dan kualitas produk menjadi faktor utama untuk mengembangkan bisnis di marketplace ini.


    Tidak sedikit orang yang baru saja mulai usaha online, namun berhenti begitu saja ditengah jalan. Biasanya orang-orang seperti itu adalah orang yang menyerah karna sudah cukup lama berjualan, tapi belum pernah sama sekali mendapatkan orderan.

    Sebenarnya jika kamu ingin mulai bisnis apalagi secara online memang membutuhkan kesabaran dan harus cermat. Cermat disini yaitu kamu harus bisa melihat peluang dari setiap trend produk di marketplace. Jika ada suatu kategori produk yang sedang naik, maka kamu bisa memulai berjualan produk dari trend tersebut.

    cara beriklan di shopee yang benar

    Nah, ketika toko kamu sudah mulai banyak orderan dari produk itu secara otomatis kamu akan mendapatkan sebuah penilaian dari customer. Penilaian ini sangat penting lho bagi toko yang baru saja buka, sebab customer pasti melihat seberapa tinggi kepercayaan yang diterima pada toko tersebut agar mereka tertarik membeli.

    Ketika kamu sudah mendapatkan cukup banyak penilaian, maka kamu bisa mulai berjualan produk yang kamu inginkan misalnya produk dari kategori fashion, elektronik, peralatan rumah tangga, aksesoris, dan lain-lain. Bukan berarti setelah kamu dapat penilaian dari produk sebelumnya, lalu kamu bisa dengan mudah berjualan produk lain.

    Produk yang belum ada penilaiannya cukup susah untuk dijual karna customer yang pertama kali dilihat saat hendak membeli barang ialah dari ratingnya. Percaya atau tidak kebanyakan memang begitu sama seperti saya atau bahkan kamu juga akan berpikir seperti itu.

    Oleh karena itu, cara agar produk cepat laku dan mendapatkan penilaian yaitu kamu perlu beriklan. Untuk beriklan sendiri bisa kamu lakukan dimana saja baik di marketplace, fb ads, ig ads, atau dari adwords. Semuanya bisa kamu coba jika memiliki dana lebih, tapi jika tidak memiliki dana lebih kamu bisa memilih salah satunya.

    Tips Dan Trik Beriklan Yang Tepat


    Perlu kamu ketahui juga dalam beriklan kamu harus memerhatikan beberapa hal penting agar iklan tidak sia-sia. Dibawah ini saya akan memberikan sedikit tips beriklan di fb ads, ig ads, marketplace, ataupun adwords yang bisa kamu terapkan nanti.

    1. Tentukan Target Market


    Hal utama ketika kamu ingin mengiklankan sebuah produk yaitu kamu perlu riset dan paham betul mengenai target yang diincar. Misalnya saja kamu jualan produk kecantikan maka target iklanmu adalah seorang perempuan pastinya. Perempuan ini juga memiliki kategori seperti umur dan demografi, nah disinilah letak target kamu secara detail agar iklan tidak sia-sia.

    Sebab, iklan yang tidak sesuai dengan market sama saja buang-buang uang. Memang produk kamu akan dilihat, tapi apakah yang melihat tadi akan tertarik membeli jika bukan dari target marketmu? Tidak kan. Kebanyakan bagi orang yang baru membuat iklan akan membuat sebuah iklan tanpa memikirkan hal ini, jadi mereka sering kali mengeluh kehabisan dana hanya dari iklan namun produk tidak laku.

    2. Pilih Keyword Yang Tepat


    Ketika target market sudah ditentukan selanjutnya kamu perlu riset kembali kata kunci yang tepat dan paling banyak dicari dari produk yang dijual. Kata kunci ini memudahkan target marketmu untuk mendapatkan produk yang mereka cari.

    Kata kunci ini bisa kamu gunakan mulai dari short tail keyword hingga long tail keyword. Gunakan paling banyak 5-10 kata kunci dalam beriklan agar kamu bisa menganalisa kata kunci mana yang paling banyak dicari dan bisa kamu gunakan kembali nanti.

    3. Atur Anggaran Iklan


    Dalam membuat iklan tentu membutuhkan modal. Modal disini bisa kamu mulai dari angka yang terendah kok. Tidak melulu harus dimulai dari angka yang besar ketika beriklan. Jika dari anggaran yang kecil memiliki dampak positif terhadap penjualan produk, maka kamu bisa menaikkan angka tersebut secara perlahan-lahan.

    4. Buat Caption/Banner Yang Menarik


    Memikat customer bisa dilakukan dari berbagai hal salah satunya dari penglihatan dan rasa. Penglihatan disini yaitu kamu bisa menarik perhatian customer hanya dari desain banner yang digunakan lho. Sebagian orang terkadang melihat sesuatu dari luarnya saja dan hanya dari luar saja mereka bisa tertarik.

    Selain itu sebagian lainnya melihat sesuatu tidak hanya dari luar melainkan dari dalam juga yaitu melalui rasa. Dimana rasa ini bisa sebuah tulisan atau caption yang memikat hati customer. Tulisan yang mengandung kalimat ajakan, keunggulan, dan lain-lain sedikit banyak seperti menghipnotis seseorang untuk melakukan tindakan dalam hal ini yaitu membeli.

    5. Pilih Format Iklan Yang Relevan


    Tips terakhir saat ingin beriklan adalah gunakan format iklan yang sesuai dengan produk yang dijual. Jika produk tersebut hanya dengan banner saja bisa menarik perhatian dan seseorang telah mengetahui produk itu, maka gunakan format iklan display.

    Namun, jika produk yang kamu iklankan memerlukan sebuah tulisan untuk mendeskripsikan barang tersebut agar yang melihat mengetahuinya, maka gunakan format iklan display teks dan bergambar. Menentukan format iklan semuanya tergantung dari produk yang diiklankan, memang hal ini cukup minor tapi memiliki efek terhadap performa sebuah iklan.


    Setelah memahami tips dan trik beriklan diatas. Sekarang saya akan coba praktikan cara membuat iklan di shopee. Alasan saya memilih marketplace shopee sebagai tempat beriklan yaitu karna saya memiliki toko dan produk di shopee. Jadi, sedikit banyak saya mengetahuinya dan kamu bisa mengikuti cara ini.

    Cara Membuat Iklan Di Shopee


    cara agar iklan di shopee tidak boncos kurang lebih tips nya sama seperti diatas. Mulai dari optimasi judul/keyword dan membuat thumbnail/gambar produk yang menarik. Nah, bagaimana cara beriklan di shopee? Berikut ini langkah-langkahnya:
    • Pertama buka toko shopee kamu atau klik seller.shopee.co.id
    • Jika sudah kamu akan beralih ke halaman dashboard seller shopee. Selanjutnya, kamu klik "iklan shopee" untuk mulai beriklan
    cara membuat iklan di shopee agar tidak boncos

    • Setelah itu kamu akan masuk ke halaman iklan pencarian. Apabila saldo iklanmu belum terisi silahkan lakukan top up terlebih dahulu. Jika sudah ada saldo iklan, silahkan klik "+iklan kata kunci baru"
    cara membuat iklan di shopee agar tidak boncos

    • Setelah itu pilih produk yang ingin kamu iklan kan jika sudah klik "konfirmasi"
    cara meningkatkan penjualan di shopee

    • Pada halaman buat iklan, tentukan modal yang kamu gunakan. Disini saya mulai dari modal harian dengan angka terendah yaitu Rp 3.000. Kamu bisa ikuti modal harian ini jika dana yang dimiliki terbatas atau bisa mengatur modal harian lebih tinggi jika dana yang dimiliki cukup banyak.
    modal harian iklan shopee

    • Selanjutnya atur periode iklan yang dijalankan. Mulailah beriklan untuk seminggu terlebih dahulu. Setelah seminggu silahkan kamu analisa iklan tersebut, jika memiliki performa yang bagus silahkan lanjutkan. Namun, jika tidak silahkan dihentikan dan coba atur ulang iklannya kembali.
    waktu beriklan yang bagus

    • Untuk menetapkan kata kunci pencarian saya menyarankan untuk membuat kata kunci sendiri dibanding otomatis. Alasannya sederhana seperti yang sudah disebutkan diatas yaitu agar produk yang kita iklankan akan tertuju pada market yang diinginkan melalui kata kunci yang kita buat.
    keyword produk terbaik di shopee

    • Jika semua sudah dilakukan sekarang mulai aktifkan iklan dan lihat perkembangan iklan yang kamu buat setiap harinya.

    Cara meningkatkan penjualan di shopee juga bisa kamu lakukan dengan mempromosikan produk yang kamu jual di sosial media milikmu. Satu hal yang pasti saat kamu memulai bisnis online dan mulai beriklan haruslah sabar dan rugi diawal adalah hal yang wajar. Jadi, jangan pernah patah semangat dalam memulai bisnis dan selalu belajar dari kesalahan agar tidak terulangi kembali.

    Demikianlah tips beriklan yang tepat dan tutorial cara membuat iklan di shopee agar tidak boncos. Semoga dengan informasi ini dapat membantu kamu dalam memulai bisnis dan beriklan. Jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu ya.

    Belum ada Komentar untuk "5 Tips Dan Cara Beriklan Di Shopee Agar Tidak Boncos"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel