Recent Post


    Kenali Dulu Ciri-Ciri Loker Palsu Ini Sebelum Melamar Kerja

    Lowongan Kerja Palsu - Jumlah pelamar kerja dari tahun ke tahun semakin meningkat, namun jumlah ini tidak seimbang dengan lapangan pekerjaan yang ada sekarang. Tidak heran banyak sekali lulusan baru yang menganggur sekalipun orang tersebut sudah mendapatkan gelar sarjana.


    Hal inilah yang membuat oknum nakal berusaha mencari celah untuk mendapatkan uang salah satunya dengan membuka lowongan kerja palsu. Biasanya oknum tersebut membuat sebuah perusahaan dengan nama dan alamat serinci mungkin agar disangka oleh para pencari kerja perusahaan tersebut adalah asli.

    Sehingga banyak yang melamar kerja ke perusahaan itu. Namun kenyataannya setiap ada yang datang untuk melamar kerja pasti selalu dimintai uang dengan iming-iming akan secepatnya dapat kerja. Tidak jarang juga ada yang tertipu dengan iming-imingan tersebut mungkin karna sudah putus asa mencari kerja sana-sini dan masih belum mendapatkan hasil.

    ciri-ciri loker palsu

    Tidak tanggung-tanggung bagi oknum dalam memeras orang yang sedang membutuhkan pekerjaan. Bagi oknum yang memiliki backup-an kuat sangat sulit bagi kamu keluar dari tempatnya jika sudah masuk ke dalam. Karna mereka memiliki penjaga cukup banyak serta semua alat komunikasimu harus dimatikan.

    Jadi bisa dikatakan mau tidak mau kamu harus membayar mereka. Jika itu terjadi bukannya sama saja dengan pemerasan? yap betul itu adalah pemerasan dan kamu berhak melaporkannya kepada pihak berwajib. Namun pihak berwajib tidak bisa langsung menerima laporan begitu saja tanpa adanya bukti kuat. Sedangkan kamu ketika didalam semua alat komunikasi dimatikan, lalu mau ambil bukti dari mana.

    Serba salah memang mencari kerja zaman sekarang persaingan yang makin ketat dan maraknya penipuan. Oleh karena itu, sebelum kamu mengirim lamaran kerja baik melalui email ataupun website sebaiknya hati-hati dan cari tahu dulu asal-usul perusahaan yang kamu lamar.

    Meski kamu membutuhkan pekerjaan tersebut tapi hal ini sangat penting dilakukan agar kamu terhindar dari penipuan. Bingung cara membedakan mana lowongan kerja asli dan palsu? Kenali ciri-ciri lowongan kerja palsu berikut ini.

    1. Loker di Umumkan Lewat Broadcast


    Ciri ciri loker palsu yang pertama yaitu loker yang dibuka diumumkan melalui broadcast entah itu WA, SMS, Line, Telegram, dan lain-lain. Tidak ada satupun perusahaan yang membuka lowongan dengan mengirimkan broadcast secara massal. Jika kamu mendapatkan pesan itu berarti sudah dipastikan lowongan dan perusahaan tersebut adalah palsu.

    2. Banyak Posisi yang Dibuka dan Kualifikasi Mudah


    Cukup jarang bagi perusahaan membuka banyak lowongan sekaligus apalagi posisi yang dibuka levelnya sudah masuk senior bukan junior lagi. Apabila kamu menemukan loker dengan banyak posisi yang dibuka perlu kamu curigai bahwa lowongan tersebut adalah palsu.

    Apalagi didalam loker tersebut berisikan kualifikasi yang sangat mudah artinya lulusan dari jurusan apapun bisa melamar di posisi apa saja. Ingat persaingan sekarang ini cukup ketat yang berpengalaman lebih banyak dicari oleh perusahaan dibandingkan dengan fresh graduate.


    3. Mencantumkan Gaji yang Terlalu Tinggi dari Job Desk


    Belum interview atau masuk kerja saja sudah mencantumkan nominal gajinya. Tidak etis jika perusahaan membuka lowongan dengan menampilkan jumlah gaji yang akan didapat. Apalagi gaji tersebut bernilai sangat tinggi sedangkan job deskripsi pada lowongan sangat sedikit. Sering menemui lowongan seperti ini? skip aja deh sudah pasti palsu.

    4. Respon Balasan Sangat Singkat dan Cepat


    Umumnya respon atau balasan email lamaran yang kamu kirimkan akan kamu dapatkan 1/2 minggu setelah lowongan ditutup, tapi tidak menutup kemungkinan juga jika ada yang lebih cepat karna perusahaan butuh cepat juga.

    Jika kamu mendapatkan balasan email secara kilat pastikan alamat email mereka bukan abal-abal, isi dari pesan biasanya berupa alamat apabila terdapat kata patokan, dekat, dan sebagainya sebaiknya jangan datang karna alamat tersebut kebanyakan berbentuk ruko yang berkedok menjadi perusahaan yang isi didalamnya bukanlah kantor sungguhan.

    5. Minta Duit dan Diberikan Janji Manis


    Ciri-ciri loker palsu yang terakhir paling jelas ialah kamu akan dimintai duit dan terus diberikan janji manis. Tidak ada lowongan kerja asli yang meminta uang sebelum kamu masuk kerja dengan alasan seperti biaya seragam, tempat tinggal, jaminan kerja, dan lain-lain.

    Sekalipun kamu bilang tidak ada uang mereka akan tetap memaksa bahkan 10 ribu pun akan mereka ambil jika kamu menyebutkannya. Setelah kamu berikan uang tersebut barulah diberikan janji manis dimana mereka akan mengatakan semua posisi di perusahaan tersebut tersedia yang penting kamu siap kerja besok.

    Lalu bagaimana tips nya agar kamu terhindar dari oknum-oknum tersebut? Berikut ini penjelasannya simak baik-baik.

    Tips Agar Terhindar dari Lowongan Kerja Palsu

    • Baca baik-baik dengan teliti jangan karna kamu putus asa langsung melamar begitu saja
    • Perhatikan email tujuan dan email balasan. Umumnya lowongan yang asli akan membalas email pelamar menggunakan domain email yang sama dengan nama perusahaan
    • Cek alamat kantor di browsermu, jika perusahaan tersebut tidak memiliki alamat bisnis bisa kamu perhitungkan kembali untuk datang kesana
    • Seandainya kamu terlanjur datang ke tempat tes dan benar lowongan itu adalah palsu lalu dimintai duit. Kamu bisa mengatakan bahwa kamu tidak memiliki duit lagi. Jangan pernah sekalipun menyebutkan sisa uang yang ada di kantongmu dan memberikannya

    Nah, itulah bagaimana cara mengetahui lowongan kerja palsu dengan mudah dan bagaimana tips menghindarinya. Mulai saat ini kamu perlu hati-hati lagi dan jangan mudah tergoda dengan iming-iming yang belum jelas. Bagikan artikel ini ke temanmu semoga informasi ini bermanfaat ya.

    Belum ada Komentar untuk "Kenali Dulu Ciri-Ciri Loker Palsu Ini Sebelum Melamar Kerja"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel