Recent Post


    5 Pertanyaan yang Sering Keluar Saat Interview Kerja

    Pertanyaan Interview Kerja - Interview merupakan salah satu proses yang akan kamu alami ketika mencari kerja. Terkadang bagi para pencari kerja terutama yang baru saja lulus memiliki rasa takut terhadap proses ini. Sebenarnya interview sama seperti kamu sedang ngobrol dengan teman hanya saja disini kamu harus mengontrol penggunaan bahasa dan jawaban yang akan kamu berikan.


    Karena dari interview ini kamu bisa dilihat oleh recruiters apakah kamu seseorang yang tepat atau tidak untuk mengisi posisi di perusahaannya. Penilaian yang dilakukan recruiters yaitu dari pertanyaan interview yang mereka berikan.

    pertanyaan dan jawaban interview kerja

    Kadang pertanyaan dan jawaban saat interview setiap orang berbeda-beda. Jika jawabanmu sesuai dengan harapan mereka, bukan tidak mungkin kamu akan lanjut ke tahap berikutnya. Tahap berikutnya tidak jauh berbeda dengan interview recruiters, umumnya setelah interview hr ada interview user, psikotes, dan lain-lain tergantung perusahannya.

    Untuk kamu yang sedang menunggu panggilan interview atau yang masih mencari loker. Baiknya ketahui dulu apa saja pertanyaan saat interview dan jawabannya sebagai gambaran untuk kamu pelajari. Jadi ketika nanti kamu dapat panggilan interview sudah tidak merasa gugup dan bingung lagi khususnya bagi fresh graduate.

    Contoh Pertanyaan Saat Interview Beserta Jawabannya


    Berikut contoh pertanyaan interview kerja fresh graduate maupun pengalaman yang umumnya biasa ditanyakan. Lebih jelasnya simak pembahasannya dibawah ini.

    1. Silahkan Perkenalkan Diri Anda


    Sepertinya pertanyaan ini selalu ada saat interview dan harusnya kamu bisa menjawab dengan mudah siapa diri kamu. Mulai dari perkenalkan nama dan umur dilanjutkan pendidikan terakhir lalu gambarkan sedikit sifat dirimu karna sebelumnya kamu dan recruiters belum pernah bertemu, jadi perkenalan seperti itu sangat umum dan menjadi awalan yang baik untuk menjawab pertanyaan selanjutnya.

    Contohnya :

    Halo bpk/ibu perkenalkan nama saya [...] biasa dipanggil [...] umur saya [...]. Saya adalah lulusan [...] tahun [...] jurusan [...]. Saya adalah pribadi yang [....] dan [....].

    2. Mengapa Anda Tertarik Bekerja disini?


    Jika kamu ditanya pertanyaan berikut, berikan jawaban terbaikmu bisa tentang perusahaannya maupun posisi yang kamu lamar. Jawab secara rinci agar alasanmu dapat diterima oleh recruiters, jangan sampai kamu menjawab asal karna bisa menurunkan nilaimu di mata hrd.

    Contohnya :

    Setelah saya riset tentang perusahaan ini alasan saya tertarik bekerja disini yaitu karna budaya kerjanya yang menyenangkan dan memiliki tim yang kompak. Selain itu, perusahaan bpk/ibu ini bergerak dibidang [...] dimana bidang tersebut masih memiliki hubungan dengan jurusan saya ketika sekolah/kuliah.


    3. Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Anda?


    Pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan kamu usahakan jawab yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. Sebab jika kamu menjawab seperti kelebihan saya datang tepat waktu dan sebagainya. Itu tidak menjawab pertanyaan tersebut karna recruiters dan kamu belum pernah kenal sebelumnya, jadi bagaimana recruiters tahu kalo kamu seorang yang tepat waktu.

    Oleh karena itu berikan jawaban tentang kelebihan dan kekurangan ini menyangkut posisi yang kamu lamar. Meskipun recruiters belum tahu kamu, tapi ada bukti berupa portofolio ataupun yang lainnya. Namun bukan berarti jawaban seperti tadi tidak boleh kamu sebutkan, tetap boleh kamu sebutkan tapi kalo bisa disambungkan dengan posisi yang diambil.

    Contohnya :

    Kelebihan saya yaitu mampu menganalisa menggunakan tools [...] dengan baik guna meningkatkan [...]. Saya juga orang yang kreatif dan inisiatif karna bidang yang saya lamar mengharuskan saya bekerja baik secara tim maupun individu.

    Kekurangan saya yaitu tidak bisa mengerjakan banyak tugas secara bersamaan. Mungkin saya belum terbiasa jadi usaha saya untuk mengatasi kekurangan tersebut yaitu [...] dengan begitu jika nanti mendapatkan sebuah tugas secara bersamaan tidak lagi menjadi kekurangan saya.

    4. Apa yang Anda Ketahui Tentang Posisi Ini?


    Mengenai posisi yang kamu lamar bisa diceritakan saja apa yang kamu ketahui. Jangan di lebih-lebihkan karna recruiters hanya mau tahu seberapa jauh kamu paham posisi tersebut dan bukan hanya asal melamar.

    Contohnya :

    Sepengetahuan saya posisi ini berkaitan dengan [...]

    5. Apa yang Menjadi Nilai Jual Anda di Posisi Ini?


    Terakhir pertanyaan umum dari seorang recruiters saat interview adalah menanyakan apa yang menjadi nilai dirimu di posisi yang kamu lamar. Mirip seperti kelebihan yang telah dijelaskan sebelumnya, tapi disini kamu tekankan lagi dan kasih nilai jual dari dirimu. Buatlah seolah-olah kamu sedang menawarkan jasa agar bisa dibeli oleh banyak orang dalam hal ini recruiters.

    Contohnya :

    Selain bisa [...] saya juga dapat [...] sehingga dari kemampuan yang saya miliki saya yakin bisa memberikan kontribusi yang maksimal untuk perusahaan bpk/ibu.

    Nah, itulah contoh pertanyaan interview kerja yang biasa ditanyakan oleh hrd. Ingat pertanyaan diatas jangan kamu hafal tapi kamu pelajari. Karna setiap perusahaan memiliki pertanyaan interview yang berbeda-beda, jadi apa yang telah disebutkan diatas bisa kamu kembangkan lagi kira-kira seperti apa pertanyaan lainnya nanti.

    Belum ada Komentar untuk "5 Pertanyaan yang Sering Keluar Saat Interview Kerja"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel