Recent Post


    7 Dokumen Persyaratan Melamar Kerja yang Harus Kalian Lengkapi

    Persyaratan Melamar Kerja - Ketika kamu melamar kerja pasti selalu mengirim persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan permintaan perusahaan. Terkadang seseorang ketika melihat lowongan pekerjaan langsung saja melamar dengan dokumen lengkap yang telah mereka siapkan. Namun sebenarnya tidak semua perusahaan mengharuskan pelamar mengirim dokumen lamaran kerja yang lengkap.


    Kebanyakan sekarang ini hanya membutuhkan cukup satu dokumen saja yaitu CV (Curriculum Vitae) untuk proses seleksi tahap 1. Nah selanjutnya jika CV kamu telah lolos proses screening oleh recruiters biasanya akan ada balasan dari perusahaan untuk melanjutkan ke tahap 2 yaitu interview dengan membawa dokumen lamaran kerja lengkap.

    persyaratan melamar kerja

    Sayangnya masih ada perusahaan yang memberikan instruksi tersebut tapi tidak menjelaskan dokumen apa saja yang harus dibawa. Meski itu sangat jarang terjadi tapi jika kamu mengalaminya tentu bingung apa saja kira-kira yang harus disiapkan.

    Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan apa saja dokumen atau syarat-syarat melamar kerja yang harus kamu siapkan. Yuk langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

    1. Surat Lamaran Kerja


    Dokumen pertama yang harus ada yaitu surat lamaran kerja. Jangan sampai dokumen ini ketinggalan saat kamu melamar kerja terutama melamar melalui email. Karna recruiters tidak akan tahu maksud kamu jika ingin melamar kerja tanpa adanya surat lamaran ini.

    Minimal jika tidak ada surat lamaran buatlah sebuah cover letter pada body email ataupun kolom yang disediakan oleh perusahaan jika kamu melamar lewat website.

    2. CV (Curriculum Vitae)


    Meski surat lamaran kerja sudah dicantumkan, namun kamu tidak melampirkan CV maka sia-sia saja lamaran kerja yang kamu buat. CV merupakan dokumen yang pertama kali diliat oleh recruiters untuk menentukan apakah kamu orang yang mereka cari atau bukan untuk mengisi posisi yang kosong.

    Oleh karena itu syarat lamaran kerja ini jangan sampai tertinggal. Apabila kamu merasa cv yang dibuat kurang menarik, silahkan baca artikel contoh format cv lamaran kerja yang baik dan benar ini agar cv kamu dilirik dan dapat panggilan interview.

    3. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)


    Beberapa perusahaan memiliki syarat-syarat melamar kerja yang berbeda salah satunya yaitu melampirkan SKCK. SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian ini berfungsi untuk membuktikan ke perusahaan bahwa kamu tidak memiliki catatan buruk di kepolisian.


    4. Ijazah dan Transkip Nilai


    Untuk lampiran ijazah serta transkip nilai gunakan dokumen pendidikan terakhirmu dan tidak perlu yang asli cukup fotokopi saja. Seandainya kamu baru lulus dan belum ada ijazah, maka bisa melampirkan transkip nilai saja. Biasanya recruiters selain melihat cv juga melihat nilai kamu sebagai bahan pertimbangan mereka.

    5. Kartu Identitas Diri


    Dokumen identitas diri seperti KTP atau SIM juga perlu dilampirkan. Tapi hati-hati jika mengirim lamaran lengkap seperti melampirkan identitas diri ini. Karna sekarang banyak sekali penipuan lowongan kerja oleh perusahaan abal-abal bisa-bisa jika kamu kirim identitas diri, data tersebut bisa disalahgunakan nantinya.

    Apabila kamu bingung membedakan mana lowongan kerja asli dan palsu. Kenali ciri-ciri loker palsu pada artikel tersebut baca secara perlahan agar mudah dipahami.

    6. Surat Keterangan Sehat


    Surat keterangan kesehatan juga diperlukan terutama bagi kamu yang melamar kerja pada posisi pekerjaan lapangan. Karna di lapangan tentu memerlukan kondisi fisik yang baik agar bisa bekerja secara maksimal, tapi tidak menutup kemungkinan juga untuk posisi lain yang memang membutuhkan dokumen ini.

    7. Portofolio


    Dan yang terakhir dokumen persyaratan melamar kerja yaitu portofolio. Sebenarnya portofolio ini sifatnya opsional bisa kamu lampirkan atau tidak. Tapi jika kamu punya lebih baik lampirkan karna akan menambah nilai plus untuk dirimu dibandingkan pelamar lain.

    Nah itulah beberapa dokumen lamaran kerja yang umumnya dilampirkan saat melamar. Karna setiap perusahaan berbeda-beda maka bisa saja masih banyak dokumen tambahan lainnya tergantung dari ketentuan perusahaan tersebut. Jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu, semoga informasi ini bermanfaat ya.

    Belum ada Komentar untuk "7 Dokumen Persyaratan Melamar Kerja yang Harus Kalian Lengkapi"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel