Recent Post


    Cara Membuat CV Lamaran Kerja di Word Lolos ATS

    Cara Buat CV Lamaran Kerja - Kamu pasti suka bingung dan sering bertanya mengapa tidak pernah dipanggil interview kerja padahal sudah apply lamaran di banyak tempat. Hal ini seringkali terjadi bukan hanya padamu tapi juga orang lain.


    Ada banyak faktor mengapa hal tersebut bisa kamu alami salah satunya ialah Curriculum Vitae (CV) kamu tidak lolos sistem ATS perusahaan yang kamu lamar. Sebagian pelamar mungkin juga termasuk kamu pasti belum tahu apa itu sistem ATS.

    cara membuat cv lamaran kerja di word

    ATS (Application Tracking System) adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengelola proses perekrutan karyawan. Dengan menggunakan aplikasi ini seorang recruiters akan terbantu kinerjanya sehingga lebih cepat dalam mencari kandidat dan dapat mengurangi waktu pengisian posisi.

    Agar cv kamu bisa lolos sistem ini tentu harus memperhatikan beberapa hal penting dalam pembuatannya. Tiap perusahaan memiliki ketentuan format cv yang berbeda pastinya dan bisa saja tidak menggunakan sistem ATS dalam proses seleksinya.

    ATS format resume masing-masing perusahaan kurang lebih mirip yaitu menggunakan file berbentuk pdf. Namun, menurut pengalaman saya saat menjadi jobseeker jika kamu membuat cv menggunakan software editing dan menyimpannya menjadi format pdf. File tersebut tetap tidak bisa terbaca oleh sistem ATS.

    Kalo kamu tidak percaya bisa cek skor cv yang kamu buat menggunakan software editing tadi di Resmuworded.com. Jika skor tidak muncul maka kemungkinan besar saat kamu melamar kerja resume tersebut tidak lolos sistem.

    Lalu, bagaimana caranya agar cv kita bisa lolos sistem tersebut? Sebenarnya sangat sederhana karna kamu hanya menulis ulang saja di word dan simpan menjadi pdf. Jadi, kamu tidak perlu membuatnya menggunakan software editing atau aplikasi lain.

    Cara Membuat CV Lamaran Kerja Lolos ATS


    Ada banyak contoh cv lamaran kerja word di luar sana. Tapi, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tips cara bikin cv lamaran kerja agar lolos sistem ATS yang saya dapatkan dari seorang HR berpengalaman dibidangnya yaitu Eza Hazami. Simak berikut ini tips-tips nya:

    1. Tulis Biodata yang Jelas


    Faktor lain yang mungkin saja menjadi alasan mengapa kamu belum juga dipanggil interview yaitu biodata pada cv kamu kurang jelas bahkan salah tulis. Untuk biodata sendiri pastikan kamu harus mengisi alamat email, nomor telepon, link sosmed/portofolio.

    Sebab, jika cv kamu dinilai memenuhi syarat yang diperlukan otomatis recruiters akan mencari kontakmu untuk lanjut ke proses interview. Jadi sebelum mengirim email atau saat membuatnya teliti lagi apakah biodata kamu sudah benar atau belum.

    2. Gambarkan Dirimu Secara Singkat


    Setelah biodata tentu kamu perlu menulis secara singkat tentang dirimu. Umumnya pada bagian 'Tentang Saya' ini maksimal 2 paragraf jangan terlalu panjang dan juga jangan terlalu singkat.

    Isinya sendiri berupa background pendidikan terakhir, aktivitas terakhir bagi fresh graduate atau pengalaman kerja bagi yang memiliki pengalaman, dan minat karir kamu.

    3. Tulis Kemampuan dan Kompetensi yang Paling Dikuasai


    Jangan menulis kemampuan yang memiliki arti luas seperti dapat berkomunikasi dengan baik, dan lain-lain. Melainkan fokus ke arah hardskill yang kamu punya khususnya yang menunjang pekerjaan saat ini kamu lamar.


    4. Cantumkan Pengalaman Kerja/Pengalaman Organisasi


    Jangan mencantumkan pengalaman kerja hanya nama perusahaan dan posisi yang kamu tempati saja. Tapi perlu menulis jobdesk dan performa yang telah kamu berikan kepada perusahaan tersebut. Usahakan dalam menulis performa atau jobdesk menyisipkan angka.

    Contohnya seperti ini "Bertanggung jawab dalam mengawasi 3 divisi...." kalopun tidak ada juga tidak masalah. Bagi kamu yang belum memiliki pengalaman kerja bisa menuliskan pengalaman organisasi/kepanitiaan formatnya sama seperti menulis pengalaman kerja.

    5. Tuliskan Pendidikan Terakhir


    Selanjutnya pada bagian pendidikan cukup menulis 2 jenjang terakhir saja. Jika semasa pendidikanmu pernah mendapatkan gelar atau penghargaan bisa banget untuk dicantumkan disana. Karna itu akan menjadi nilai lebih kamu dimata recruiters.

    6. Tulis Penghargaan yang Pernah Didapatkan


    Sebenarnya ini adalah opsional tapi perannya cukup penting yaitu menuliskan penghargaan atau pencapaian kamu yang "WOW" agar recruiters dapat langsung terpikat. Selain itu, jika kamu pernah mengikuti seminar yang relevan dengan posisi yang dilamar boleh saja dilampirkan.

    7. Gunakan Bahasa yang Sesuai


    Dalam mengirim cv lamaran kerja pasti kamu sering bertanya apakah harus menggunakan bahasa inggris atau indonesia saja. Keduanya tidak masalah, namun kamu perlu baca lebih teliti lagi terhadap lowongan kerja yang disebarkan apakah harus menguasai bahasa Inggris atau tidak.

    Apabila dalam lowongan dituliskan dengan bahasa inggris dan mengharuskan kamu untuk bisa bahasa tersebut, maka cv yang kamu buat harus menggunakan bahasa Inggris agar bisa dilirik. Tapi, jika lowongan kerja tidak menuliskan harus bisa bahasa Inggris kamu tetap bisa membuatnya menggunakan bahasa Indonesia saja.

    8. Buatlah Sesederhana Mungkin


    Karna kita cukup menggunakan Ms.Word saja untuk membuat cv ini, maka tidak perlu kamu beri desain yang tidak penting layaknya kamu membuat di software editing. Cukup format cv hitam putih bisa membantu kamu untuk lolos sistem ATS perusahaan tersebut dan usahakan dokumen yang dibuat maksimal 2 lembar dan alangkah lebih baik jika 1 lembar saja.

    Kira-kira dari tips diatas bentuk tampilan cv yang dibuat menggunakan Ms.Word yaitu seperti ini yang saya ambil melalui channel youtube Eza Hazami.

    format cv ats
    gambar/ youtube: eza hazami

    Setelah semua tips yang telah diberikan telah kamu lakukan selanjutnya kamu bisa mulai melamar baik melalui website ataupun email. Bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana cara mengirim email lamaran kerja yang baik dan benar silahkan baca artikel itu terlebih dahulu ya.

    Demikianlah bagaimana cara membuat cv lamaran kerja di word dan contoh format cv ATS. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu kamu dalam mencari kerja ya. Jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat CV Lamaran Kerja di Word Lolos ATS"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel