Recent Post


    4 Cara Mengatasi Masalah USB Not Recognized

    USB Not Recognized - USB atau flashdisk merupakan salah satu alat yang penting dalam menyimpan sebuah data dari komputer atau sesama usb lainnya. Bentuknya yang kecil tidak menjadi masalah karna alat ini dapat menyimpan data hingga ratusan gb.


    Namun, permasalahan yang sering muncul bukan dari jumlah penyimpanannya melainkan dari penggunaannya. Penggunaan USB yang dicolokkan ke komputer secara terus-menerus dapat terjadi kesalahan. Biasanya kesalahan tersebut menampilkan pesan "USB Not Recognized" yang artinya sistem operasi kamu tidak mengenali flashdsik yang dihubungkan ke komputer.

    cara mengatasi usb not recognized

    Berbeda dengan flashdisk tidak terbaca dimana flashdisk masih bisa dikenali, namun isinya kosong alias tidak terbaca. Jika kamu mengalami salah satu dari masalah diatas, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasinya.


    Cara Mengatasi Flashdisk Not Recognized


    Cara ini bisa kamu lakukan pada windows 8 dan 10. Untuk mengatasinya simak beberapa cara dan langkah-langkahnya dibawah ini:

    1. Copot-Pasang USB


    Usaha pertama yang perlu kamu lakukan jika mengalami permasalahan USB Not Recognized yaitu dengan melakukan copot - pasang kembali usb. Cara ini biasa dilakukan oleh banyak orang bila mengalami masalah pada usb yang bertujuan untuk me-refresh.

    Selain me-refresh kamu juga bisa mengetahui apakah letak masalahnya berada di usb atau pada port-nya. Karna bisa saja pesan error tersebut muncul akibat port usb mengalami kerusakan sehingga sistem operasi tidak bisa mengenali usb tersebut.


    2. Restart Komputer


    Cara selanjutnya yaitu dengan me-restart komputer. Sama seperti dengan copot-pasang tujuan dari restart ini adalah untuk me-refresh kembali baik itu komputer ataupun flashdisknya. Namun, sebelum restart komputer cabut terlebih dahulu usb yang masih tersangkut. Setelah komputer menyala baru kamu coba pasang kembali usb-nya.


    3. Perbarui Driver USB


    Mungkin masalah "USB Not Recognized" ini muncul dikarenakan driver port usb pada komputermu tidak sesuai. Sehingga diperlukan update ke versi terbaru agar usb dapat terbaca kembali. Ada dua cara memperbarui port usb diantaranya yaitu:
    • Update driver manual
    • Update driver otomatis

    4. Coba Dikomputer Lain


    Terakhir apabila dari semua cara diatas masalahnya belum terselesaikan silahkan coba masukkan usb ke komputer lain. Lihat apakah flashdisk tersebut bisa masuk tanpa adanya error atau masih tetap sama. Jika tidak ada error maka dipastikan yang bermasalah ada pada komputermu, namun jika terdapat error dipastikan masalahnya ada pada flashdisk itu sendiri.

    Nah, itulah beberapa cara mengatasi USB Not Recognized saat mencolokkan flashdisk ke komputer. Jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu, semoga informasi ini bermanfaat ya.

    Belum ada Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Masalah USB Not Recognized"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel