Recent Post


    6 Contoh Pertanyaan Interview untuk Fresh Graduate

    Pertanyaan Interview Fresh Graduate - Interview merupakan salah satu tahap agar kamu bisa mendapatkan kerja. Banyak yang mengira bahwa interview sangatlah sulit terutama bagi lulusan baru atau fresh graduate. Karna sebelumnya mereka belum pernah melakukan seleksi kerja seperti ini.


    Namun, pada kenyataannya interview tidaklah sesulit yang dibayangkan. Sebab hal ini hanyalah sebuah perkenalan yang dilakukan antara kamu dan HRD. Mungkin ketika baru pertama kali melakukan interview pasti ada rasa gugup sehingga selalu menganggapnya sulit.

    contoh pertanyaan interview hrd fresh graduate

    Bukan berarti interview hanya sebatas perkenalan dan tanya jawab saja. Lebih dari itu kamu harus mempersiapkan secara matang terutama diri sendiri agar siap berada di dunia kerja sebenarnya. Dalam hal ini kamu harus cari tahu pertanyaan-pertanyaan apa saja yang keluar saat interview.

    Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh pertanyaan interview HRD bagi fresh graduate yang sering ditanyakan. Beberapa pertanyaan dibawah ini mungkin saja akan ditanyakan dan mungkin tidak, jadi kamu jangan terlalu terpaku dan coba cari pertanyaan lain yang sekiranya ditanyakan oleh HRD saat interview.

    Karna setiap HRD memiliki pertanyaan masing-masing, namun yang sering muncul pertanyaan untuk fresh graduate kira-kira seperti dibawah ini. Penasaran apa aja? Simak penjelasannya.


    1. Apa Aktivitas Selain Mencari Kerja?


    Bagi HRD jika ada seorang fresh graduate melamar kerja mungkin saat interview yang pertama kali mereka tanyakan adalah apa kegiatan kamu selama atau selain mencari kerja ini. Pertanyaan ini bertujuan untuk menilai seberapa produktivitas kamu selama berada dirumah.

    Untuk jawabannya sendiri jawab sejujur mungkin jangan dilebih-lebihkan. Misalnya selama kamu dirumah produktif dalam mengikuti kursus-kursus atau webinar maka jawablah seperti, "selain mencari kerja, saya juga aktif dalam mengikuti kursus dan webinar guna meningkatkan skill saya".

    2. Pelajaran yang Paling Disukai?


    Mungkin kamu bingung mengapa pertanyaan ini sering kali ditanyakan oleh HRD. Memang tidak semuanya tapi biasanya HRD akan menanyakan mata pelajaran apa yang kamu sukai selagi sekolah atau kuliah. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar antusiasmu dalam mengerjakan tugas yang kamu sukai.

    Jawablah secara jujur dan jelas berikan alasan mengapa kamu menyukai pelajaran tersebut. Karna dari sini kamu akan diberikan pertanyaan menjebak lainnya jika jawabanmu tidak tepat.



    3. Pelajaran yang Paling Tidak Disukai


    Pertanyaan menjebak yang akan kamu temukan setelah menjawab pertanyaan sebelumnya yaitu pelajaran apa yang paling tidak kamu sukai waktu sekolah atau kuliah. Nah, dari jawaban sebelumnya dengan jawaban ini seorang HRD bisa mengetahui apa pertanyaan tersebut dijawab jujur atau tidak.

    Jawablah pertanyaan ini dengan jelas mulai ceritakan mengapa kamu tidak menyukai pelajaran tersebut. Misalkan kamu tidak berbakat pada pelajaran tersebut, kurang tertarik dengan pelajarannya. Jangan menjelaskan kalo kamu tidak menyukai pelajaran itu dengan menyalahkan guru atau dosenmu. Serta jangan berikan alasan yang terkesan kamu malas mengerjakan tugas dari pelajaran tersebut.


    4. Kenapa Memilih Jurusan itu?


    Jika HRD bertanya kenapa kamu memilih jurusan itu ketika sekolah atau kuliah. Pertanyaan ini bertujuan untuk menilai kamu seberapa besar rencana karir kamu kedepannya ketika memilihi jurusan tersebut. Kadang seseorang bahkan tidak mengetahui alasan kenapa mereka memilih jurusan tersebut dan hanya jawab asal saja.

    5. Jelaskan Secara Singkat Skripsimu?


    Untuk kamu fresh graduate dari kuliah tidak menutup kemungkinan HRD akan menanyakan perihal tugas akhir atau skripsimu. Hal ini bertujuan untuk hrd mengetahui seberapa jauh kamu memahami dan dapat menyelesaikan permasalahan yang kamu temukan pada skripsi tersebut. Dengan begitu mereka bisa menilai apakah posisi yang kamu lamar beserta tugas-tugas didalamnya akan cocok denganmu atau tidak.

    6. Mengapa Kamu Melamar Berbeda dari Jurusanmu?


    Misalnya kamu melamar kerja posisi yang berbeda dengan jurusanmu, maka bisa ceritakan kenapa kamu akhirnya memilih melamar kerjaan yang berbeda dengan jurusan. Tidak ada salahnya memang apply kerja beda jurusan asalkan kamu memiliki kemampuan pada posisi yang dilamar tersebut.

    Nah, itulah beberapa contoh pertanyaan HRD untuk fresh graduate saat melamar kerja. Ingat pertanyaan diatas bisa saja ditanyakan dan tidak, jadi kamu perlu mencari tahu sebanyak-banyaknya agar saat interview tidak gugup. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "6 Contoh Pertanyaan Interview untuk Fresh Graduate"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel