Recent Post


    Cara Membuat Cover Halaman di Microsoft Word

    Cara Membuat Cover di Word - Dalama membuat makalah atau skripsi di word tentu harus ada cover didalamnya. Biasanya banyak yang membuat halaman cover belakangan pada saat semua isi telah lengkap di dokumen yang sama. Tidak jarang juga banyak yang membuat cover di dokumen berbeda dari isinya.


    Alasan membuat cover di beda dokumen yaitu agar nomer halaman tidak ikut pada cover tersebut. Sebenarnya kamu bisa mengatasi masalah pada penomoran ini, namun pada pembahasan kali ini saya tidak membahas mengenai cara membuat nomor halaman di word.

    cara membuat cover halaman di word

    Melainkan bagaimana cara membuat cover hanya melalui microsoft word saja dan tidak menggunakan software editing. Perlu kamu ketahui cover halaman makalah sendiri umumnya terdiri dari judul, logo, profil penyusun, dan nama instansi atau sekolah. Mungkin ada beberapa perbedaan sedikit pada cover tersebut tergantung kebutuhannya.

    Tutorial Membuat Cover di Microsoft Word


    Meskipun hanya menggunakan microsoft word hasil dari cover ini tidak kalah bagus kok desainnya. Disini saya menggunakan versi microsoft word 2016, kamu bisa menggunakan microsoft word jenis apapun karna cara yang saya berikan sama untuk semua versi.

    Terdapat 2 cara dalam membuatnya yaitu secara otomatis atau manual. Pada pembahasan ini saya akan membahas keduanya agar kamu bisa memilih. Simak langkah-langkahnya dibawah ini.


    1. Cara Membuat Cover Makalah Secara Otomatis


    Pada cara ini kamu tidak perlu memikirkan desain lagi, jadi semua desainnya sudah otomatis disediakan oleh word. Berikut ini langkah-langkah membuatnya:
    • Pertama buatlah sebuah page kosong di halaman pertama file yang ingin dibuatkan cover
    • Selanjutnya klik tab Insert pada Menu bar, lalu pilih Cover Page. Lihat gambar dibawah, disini kamu bisa memilih template desain yang ingin dijadikan cover secara otomatis
    cara membuat cover page

    • Pilih template cover yang menurutmu paling cocok dengan file kamu. Jika sudah otomatis template tersebut akan muncul di page yang kosong tadi dan kamu bisa mulai mengeditnya sesuaikan dengan kebutuhanmu
    cara membuat cover page otomatis

    Sampai disini kamu telah berhasil membuat cover di word secara otomatis. Mudah bukan? Hanya beberapa menit saja kamu sudah bisa membuat cover dengan cepat. Berikutnya saya akan memberikan bagaimana cara membuat cover makalah secara manual.


    2. Cara Membuat Cover Makalah Secara Manual


    Sebelumnya kamu telah mengetahui cara otomatis membuat cover halaman di microsoft word. Namun, kamu merasa template cover tersebut tidak cocok dengan kebutuhanmu dan ingin membuatnya sendiri saja, apakah bisa? Tentu bisa simak langkah-langkahnya dibawah ini:
    • Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa terdapat beberapa poin penting dalam membuat cover diantaranya yaitu terdiri dari judul, logo, profil penyusun, dan nama instansi atau sekolah. Kamu tidak mesti mencantumkan semua poin ini, karna ada beberapa dokumen yang memang tidak harus ada semua poin ini

    • Langkah pertama buat judul cover sesuai dengan isi dokumenmu. Gunakan font yang formal dan penulisan di bold serta ukuran font yang besar agar terlihat atau menandakan tulisan tersebut adalah judul cover
    • Setelah membuat judul sekarang sisipkan logo, pilih Tab Insert lalu klik Picture. Atur posisi logo di tengah-tengah halaman dan ukuran logo yang tidak terlalu kecil ataupun besar
    • Dibawah logo isi profil penyusun dari pembuatan cover makalah tersebut. Profil penyusun disini umumnya hanya diisi nama saja, tapi juga bisa diikuti dengan nomor dibelakangnya tergantung dari pentingnya nomor tersebut. Contohnya jika kamu seorang siswa, maka setelah nama diikuti dengan nomor absen
    • Terakhir isi nama sekolah atau instansi. Gunakan bentuk dan ukuran font yang sama seperti sebelumnya. Lihat hasilnya dibawah ini.
    cara membuat cover page manual

    Nah, itulah tutorial cara membuat cover makalah di word yang bisa kamu ikuti. Silahkan edit sesuka kamu mulai dari mengganti warna, mengatur ukuran halaman, dan lain-lain. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Cover Halaman di Microsoft Word"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel