Recent Post


    6 Masalah Yang Sering Muncul Setelah Ibu Melahirkan, Bahaya atau Tidak?

    Masalah Setelah Ibu Melahirkan - Momen-momen sebelum dan setelah melahirkan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami-istri di dunia. Kehadiran sang buah hati menjadi sebuah kebahagiaan yang tidak ternilai serta memberi harapan baru untuk kedepannya.


    Namun, dibalik kehadiran sang buah hati ada seorang ibu yang berjuang dengan keras dan sabar. Tidak jarang ibu menahan rasa sakit yang dialami saat mengandung bahkan setelah melahirkan. Mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya terutama bagi para laki-laki.

    masalah seteleh ibu melahirkan

    Masalah-masalah yang sering kali terjadi setelah melahirkan cukup banyak dan sangat berat selain mengurus bayi tentu ada masalah juga terhadap tubuhnya. Oleh karena itu, sebagai seorang suami perlu memiliki perhatian yang lebih terhadap istrinya setelah melahirkan.

    Agar kamu bisa peka terhadap hal-hal yang sering terjadi kepada ibu yang baru saja melahirkan. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa masalah yang sering muncul terhadap istri setelah melahirkan. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak pembahasannya dibawah ini:

    1. Perubahan Suasana Hati


    Tidak bisa dipungkiri bahwa perubahan suasana hati pada ibu setelah melahirkan itu sering terjadi dan biasanya disebut baby blues. Kondisi baby blues biasanya berlangsung selama beberapa hari setelah melahirkan dimana hal ini diakibatkan oleh perubahan hormon dalam tubuh.


    Perubahan hormon inilah yang membuat kondisi mereka mudah marah, cemas, menangis, dan gelisah. Meskipun kondisi baby blues berlangsung selama beberapa hari bagi sebagian orang ada yang sampai tahun pertamanya melahirkan lho. Pentingnya suami untuk peka menjaga dan membantu membalikan kondisi sang istri sangatlah penting.

    Jangan biarkan istri menghadapi masa-masa seperti itu sendirian karna jika tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan masalah berkelanjutan. Oleh karena itu, sebagai seorang yang paling dekat maka suami harus bisa memahami segala situasi terhadap ibu dan anaknya sehabis melahirkan.

    2. Mengalami Kerontokan Rambut


    Hampir semua wanita di dunia ini mungkin tahu salah satu hal yang sering terjadi habis melahirkan yaitu rambut banyak yang rontok. Tapi tidak perlu khawatir terhadap masalah rambut rontok karna masalah ini tidak berlangsung lama kok. Hanya saja kamu pasti merasakan risih terhadap rontoknya rambut yang sebelumnya tidak pernah terjadi kini mengalaminya.


    3. Perubahan Bentuk Payudara


    Hal lainnya yang dialami oleh ibu setelah melahirkan yaitu perubahan bentuk tubuh terutama pada bagian payudara. Perubahan bentuk payudara ini tidak menentu dan terkadang mempengaruhi produksi asi. Ada yang lancar mengeluarkan asi dan ada yang tidak.


    Walaupun tidak pasti juga produksi asi dipengaruhi oleh bentuk payudara. Tapi sebagai wanita tentu cemas akan hal tersebut sehingga tidak sedikit yang melakukan perawatan kembali seperti memijat payudara untuk meningkatkan produksi asi nya. Carilah informasi mengenai beberapa tips pijat payudara untuk melancarkan asi kepada ahlinya atau bisa tanyakan ke dokter jika kamu belum paham agar mendapat hasil maksimal.

    4. Sakit Pada Area Perut dan Kewanitaan


    Bagi beberapa wanita mungkin merasakan sakit pada area penting mereka seperti perut dan kewanitaan. Rahim yang sebelumnya terbuka secara perlahan akan menutup kembali dan inilah yang menyebabkan rasa sakit pada area wanita tersebut. Belum lagi muncul rasa insecure pada bentuk perut pasca lahiran dimana mereka perlu mengembalikannya lagi kebentuk semula.


    5. Pendarahan Hebat


    Pasca melahirkan sering terjadi pendarahan adalah hal yang terbilang wajar terutama pada beberapa minggu awal. Namun, bukan berarti kamu anggap biasa jika pendarahan tersebut diikuti dengan rasa sakit yang berlebih. Setiap masalah yang pasca melahirkan memang tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan, tapi tetap harus diperhatikan perkembangannya.

    6. Otot Pegal-Pegal


    Pegal yang dialami ibu pasca lahiran terjadi biasanya pada bagian pinggul. Kamu akan merasakan hal ini ketika buang air kecil karna rahim masih terbuka lebar. Butuh waktu dan istirahat yang cukup agar otot-otot tersebut kembali pulih dan apabila kamu merasakan perih serta nyeri terus-menerus lebih baik konsultasi ke dokter.

    Nah, itulah beberapa hal atau masalah yang sering kali terjadi pada ibu pasca melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ketemanmu.

    Belum ada Komentar untuk "6 Masalah Yang Sering Muncul Setelah Ibu Melahirkan, Bahaya atau Tidak?"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel