Recent Post


    7 Rekomendasi Jam Tangan Untuk Aktivitas Pendakian, Wajib Anti Air!

    Jam Tangan Aktivitas Pendakian - Untuk anak muda yang suka dengan kegiatan naik gunung baiknya bawa perlengkapan yang lengkap sebab keselamatan pendaki gunung tergantung perlengkapan tersebut. Salah satu peralatan atau perlengkapan yang wajib sekali dimiliki pendaki adalah jam tangan untuk mendaki gunung. Jam ini manfaatnya banyak sekali untuk pendaki makanya harus punya jam tersebut.


    Salah satu manfaat yang akan dirasakan pendaki kalau sudah punya jam tersebut adalah pendaki jadi bisa tahu waktu, jadi tidak perlu membaca arah matahari untuk tahu jam berapa. Selain itu jadi bisa tahu arah juga karena ada fitur kompas di jam. Kalau mau tahu jam yang bagus itu apa saja bacalah ulasan berikut ini.

    jam tangan pendakian

    7 Jam Khusus Untuk Pendaki Gunung


    Untuk pendaki gunung itu harus memperhatikan keselamatan sebab kalau sampai tidak memperhatikan keselamatan bisa-bisa nyawa menghilang. Salah satu cara mencegah agar tidak kehilangan nyawa adalah paham arah atau tujuan.

    Agar bisa mudah mengetahui arah atau jalur di pegunungan maka pakai jam saja, jam inilah yang bisa menunjukkan arah kepada pendaki. Mencari jam yang bisa seperti itu sudah banyak dan untuk harganya juga sudah murah-murah. Ada beberapa jam yang bagus dipakai pendaki dan berikut daftarnya yang kami rangkum dari situs Jamtangan.com.

    1. Suunto 9


    suunto 9

    Jam pertama ini merupakan smartwatch yang memiliki layar touch screen yang akan memudahkan pengguna jam tangan untuk mendaki gunung waktu menggunakannya. Tipe Suunto ini meskipun fiturnya tidak terlalu lengkap tetapi sudah dilengkapi kompas dan juga altimeter jadi pendaki gunung tidak bingung arah.

    Selain mempunyai kelebihan tadi ternyata ada kelebihan lain yang dimiliki Suunto ini dan kelebihannya yaitu mempunyai teknologi Fusedtrack. Teknologi tersebut menggabungkan data perjalanan dan juga GPS jadi lintasan yang dilalui pendaki selalu tepat. Untuk bisa punya jam Suunto ini cukup keluarkan uang 6,5 juta saja.


    2. Eiger Mercury YP10515


    eiger mercury

    Kalau mau cari jam yang harganya tidak terlalu mahal bisa beli produk jam ini saja, meskipun dikatakan murah tetapi produk ini sudah ada kompasnya. Jadi kalau pendaki gunung sedang tersesat bisa mencari jalan dengan bantuan jam ini saja dan akan bisa tahu cuaca juga.

    Jam ini sangatlah cocok untuk para pendaki karena selain fitur kompas juga sudah dilengkapi fitur tahan air, jadi kalau sedang mendaki dan hujan jam tetap akan menyala. Dengan ada banyak fitur seperti tadi tidak membuat harga jam ini mahal, cukup punya uang 950 ribu saja sudah bisa beli jam ini.

    3. Suunto Core All Black


    suunto core all black

    Untuk jam pendaki yang ketiga ini casingnya sudah terbuat dari bahan strap dan juga composite. Jadi kalau digunakan tidak akan terasa berat dan cocok sekali dipakai oleh pendaki gunung. Desain jam yang fashionable juga akan membuat penggunanya terlihat makin menarik.

    Jam ini tidak hanya bagus dipakai pendaki saja tetapi bisa juga dipakai pasangan kekasih, jadi kalau punya kekasih bisa memakai jam couple ini. Membeli jam ini tidak akan susah karena harganya tidak semahal jam bermerk lainnya, sediakan saja uang sebesar 2,4 juta sudah bisa memiliki jam keren ini.


    4. Casio Pro Trek PRG-600


    casio pro trek prg

    Jam Casio ini sudah dilengkapi teknologi Maxfresh, teknologi tersebut akan membuat tali jam tidak pernah bau apek meskipun tangan berkeringat. Hal tersebut dikarenakan teknologi ini bisa menetralkan molekul yang menyebabkan bau, jadi selain jadi penunjuk arah juga bisa membuat penggunanya percaya diri.

    Selain itu ada juga fitur canggih seperti tough solar, fitur ini akan membuat jam bisa mengambil energi dari matahari. Jam ini juga dilengkapi sensor sebanyak tiga buah jadi bisa mengecek ketinggian, tujuan, tekanan udara dan juga temperatur. Harga tipe jam ini cukup mahal sekitar 7,2 juta.


    5. Suunto Traverse Alpha Stealth


    Suunto Traverse Alpha Stealth

    Kalau tidak mau jam yang awet bisa beli produk Suunto ini saja. Jam ini dikatakan kuat karena bezel jam sudah terbuat dari bahan baja dingin, jadi sangat cocok sekali kalau digunakan disaat mendaki gunung. Selain itu ada juga fitur penanda badai jadi kalau ada badai pendaki bisa langsung tahu.

    Memakai jam ini bisa sangat membantu pendaki karena jam ini sudah dilengkapi kabel USB, dengan adanya kabel tersebut bisa membuat pendaki mengirimkan data pendakian ke perangkat lain seperti ke komputer. Karena fitur jam ini cukup lengkap membuat jam ini harganya lumayan mahal sekitar 7,7 juta.

    6. Casio Pro Trek Smart


    casio pro trek smart

    Jam tangan untuk mendaki gunung yang ini terbuat dari material yang bisa bertahan di suhu -10 derajat Celsius, jadi kalau sedang berada di puncak gunung yang hawanya dingin jam ini tetap akan berfungsi. Layar jam ini sudah memakai power saving monochrome liquid dan ada juga fitur canggih seperti color maps.

    Dengan adanya color maps ini maka pendaki lebih mudah lagi untuk mencari jalur pendakian yang benar dan aman. GPS yang ada di jam ini bisa tetap digunakan untuk mencari lintasan mendaki meskipun sinyal GPSnya hilang. Untuk bisa memperoleh jam canggih ini harus punya uang 7 juta.

    7. Suunto Traverse Amber


    Suunto Traverse Amber

    Kalau baru pertama kali mendaki gunung maka pakailah jam Suunto ini saja sebab jam Suunto ini punya fitur automatic breadcrumb yang bisa melacak dan juga menyimpan data jalur perjalanan. Jadi kalau sedang bingung mencari jalan pulang bisa langsung lihat jalurnya di jam saja.

    Kalau tidak mau mengikuti jalur yang pernah dilewati bisa juga mengikuti rute pendakian yang sudah disediakan Suunto Movescount. Dengan memakai jam ini bisa membuat peluang tersesat akan semakin kecil sekali. kalau mau beli jam Suunto ini tinggal siapkan uang 4 juta saja.


    Cara Memilih Jam Tangan Untuk Mendaki Gunung


    Kalau mau menggunakan jam pendaki maka jangan pilih jam yang biasa saja tetapi pakailah jam yang kualitasnya terbaik saja. Sebab kalau jamnya tidak bagus pasti langsung rusak setelah sekali dipakai mendaki. Kalau mau beli baiknya belilah jam yang fiturnya lengkap.

    Masyarakat seringnya tidak memperhatikan fitur Jam tangan untuk mendaki gunung, asalkan jam merknya bagus pasti akan dibeli sebab dengan memakai jam bermerk pasti akan kelihatan kaya raya. Padahal cara tersebut salah, baiknya beli jam dengan mengikuti cara di bawah ini.

    • Cek Fitur Jam
    Mendaki gunung memang menyenangkan tetapi kegiatan ini juga resikonya besar karena banyak pendaki yang meninggal atau hilang saat mendaki. Agar tidak hilang arah maka jam yang harusnya dibeli adalah jam yang punya fitur kompas, barometer dan juga altimeter.

    Ketiga fitur yang sudah disebutkan tadi fungsinya banyak sekali, kalau fitur barometer bisa memberitahukan perubahan cuaca dan juga tekanan udara. Kalau altimeter ini bisa mempermudah para pendaki melacak perjalanan dan juga kecepatan pendakian.

    Untuk fitur kompas bisa sangat membantu karena kompas ini dapat memberitahukan arah mana yang harusnya dilewati pendaki. Meskipun sudah tahu arahnya tetapi kompas ini tetap akan dibutuhkan kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

    • Cek Fitur Perekaman Data
    Setelah mengecek ketiga fitur tadi sekarang harus mengecek fitur lainnya yang ada di jam yaitu fitur GPS. Fitur ini sama pentingnya seperti fitur kompas sebab sama-sama bisa memberitahukan posisi pendaki. Jadi untuk pendaki pemula wajib punya jam yang ada GPSnya.

    Fitur GPS yang ada di jam ini sama persis dengan sistem navigasi di smartphone atau di mobil jadi bisa melacak posisi dengan sangat tepat. Selain fungsi tadi ada juga fungsi lainnya dan fungsinya adalah bisa merekam data perjalanan pendaki, jadi pendaki yang ingin pulang bisa lihat data tersebut saja.

    • Pilih Yang Tahan Air
    Membeli jam tangan itu jangan hanya melihat apakah ada navigasi atau tidak tetapi lihat juga apakah jam tersebut itu tahan air atau tidak. Kalau sistem navigasinya bagus tetapi tidak tahan air itu akan percuma sebab jam bisa mati kalau terkena air.

    Pendaki harus punya jam yang waterproof jadi kalau waktu mendaki hujan tidak perlu bingung jam mati sebab jam tidak mungkin akan mati meskipun terkena hujan. Jam seperti ini tidak hanya untuk pendaki saja tetapi cocok untuk penyelam juga karena jamnya tidak mati juga kalau dipakai menyelam.

    • Cek Power Supply Jam
    Jam yang harusnya dipakai oleh pendaki itu harus yang tahan lama baterainya sebab pendakian itu tidak berlangsung sebentar bisa seharian penuh. Kalau sistem pengisian daya baterainya masih dengan cara mengecas baterai jelas itu tidak bagus karena di gunung tidak ada sumber listrik.

    Sebaiknya belilah jam yang sistem pengisian dayanya memakai sinar matahari saja atau solar. Kalau sistemnya sudah seperti itu tidak perlu takut lagi kalau jamnya mati karena jam bisa hidup lagi kalau sudah terkena sinar matahari. Harga jam ini biasanya mahal jadi perlu menabung dulu.

    • Pilih Tipe Jam Terlebih Dahulu
    Tipe jam juga perlu ditentukan dulu sebab tidak semua tipe jam itu bisa dipakai untuk hal yang sama, contohnya untuk pendakian sebaiknya pilih jam yang digital saja. Tipe ini dikatakan bagus karena tipe ini sudah dilengkapi indikator yang sangat mudah dibaca.

    Kalau tidak ingin yang digital bisa juga pakai tipe yang analog saja, kalau tipe ini kelebihannya adalah visibilitasnya tinggi sekali. Tetapi kalau untuk saat ini lebih baik pakai tipe digital dari pada analog sebab tipe digital fiturnya lebih banyak dan lebih canggih jadi kalau dipakai itu lebih mudah dan lebih awet.

    • Cek Harga Jam Yang Akan Dibeli
    Membeli jam memang sudah menjadi hal yang wajar sekali dilakukan masyarakat sebab jam itu berguna sekali untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. Pendaki juga wajib sekali membeli jam karena jam ini bisa menyelamatkan nyawa pendaki. Kalau beli jam sebaiknya cek dulu berapa harga jam tersebut.

    Jam tangan itu harganya bervariasi ada jam tangan yang harganya murah dan juga ada yang harganya mahal. Kalau pendaki perlu lihat harga jam tangan untuk mendaki gunung dan fitur jam tersebut. Kalau harganya murah tetapi fiturnya banyak bisa beli jam tersebut, tetapi kalau mahal fiturnya sedikit jangan beli.

    Belum ada Komentar untuk "7 Rekomendasi Jam Tangan Untuk Aktivitas Pendakian, Wajib Anti Air!"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel