Recent Post

Mengenal Hosting: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Pengertian Hosting - Sebagian besar dari kita tentu sudah tidak asing lagi jika mendengar istilah website. Namun, beberapa dari kita mungkin akan bertanya-tanya jika diperdengarkan istilah hosting. Tapi tenang, teman-teman tidak perlu khawatir karena pada artikel ini kami akan menjelaskan mengenai apa itu hosting. Layanan hosting ini juga yang memastikan bahwa website dapat ditampilkan melalui internet.


pengertian hosting dan cara kerjanya

Pengertian Hosting


Hosting adalah tempat penyimpanan file atau data website yang kita miliki. Dengan kata lain, hosting berlaku sebagai server yang berfungsi untuk membuat website online, dapat diakses di manapun, dan bisa memproses perintah transaksi. File website yang tersimpan di dalam hosting dapat berupa gambar, script, video, email, aplikasi, dan database (basis data).

Untuk mempermudah pemahaman, ibaratkan bahwa hosting merupakan sebuah pondasi dari sebuah bangunan dan website adalah sebuah bangunan yang berdiri di atasnya. Oleh karena itu penting untuk memilih tanah (hosting) yang tepat agar sesuai dengan bangunan (website) yang kita buat. Jika pemilihan tanah (hosting) tidak sesuai dengan bangunan (website) tentunya dapat memberikan dampak yang buruk pada kualitas bangunan tersebut.


Fungsi Hosting


Hosting memiliki banyak sekali kegunaan yang dapat kita manfaatkan terkait dengan pengembangan website untuk kebutuhan personal maupun perusahaan. Berikut merupakan beberapa fungsi dari penggunaan hosting.

1. Menciptakan Halaman Website


Fungsi yang pertama dari hosting adalah untuk menciptakan sebuah situs yang di dalamnya menyimpan banyak informasi dan dokumen. Dengan menggunakan paket hosting, halaman website milik kita akan ditampilkan di search engine (kolom pencarian) agar dapat diakses oleh banyak pengguna melalui internet.


2. Melindungi Website dari Serangan Hacker


Sebagai sebuah pondasi, hosting berperan sebagai pelindung website agar tidak mudah terserang oleh hacker. Karenanya, jika hosting yang kita pilih rapuh, hacker bisa dengan mudah masuk ke sistem dan menguasai website kita. Layanan penyedia hosting Jetorbit sendiri telah didukung fitur seperti Imunify360 yang akan melindungi website dari serangan hacker dan mampu melakukan scan file yang terinfeksi virus/malware secara menyeluruh.

3. Membuat Email Profesional


Fungsi hosting selanjutnya adalah untuk membuat email profesional. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kredibilitas bisnis atau usaha yang kita miliki dan terlihat lebih profesional.


4. Membuat Website Memiliki Performa Tinggi


Hosting berperan untuk membuat website berperforma tinggi. Beberapa penyedia layanan hosting berkualitas biasanya menawarkan fitur unggulan untuk membuat website stabil dan anti lambat.

Cara Kerja Hosting


Cara kerja dari paket hosting diawali dari sebuah perusahaan penyedia layanan hosting yang menyediakan ruang server untuk menyimpan aset dan data website kita. Ketika ada seseorang yang menuliskan nama domain website di browser, maka host akan mengirimkan semua file yang diperlukan agar pengguna dapat mengakses website tersebut.

Menggunakan hosting ibarat kita tengah menyewa sebuah rumah. Dalam pemakaiannya, kita perlu membayar biaya sewa setiap bulannya. Jika kita membayar tepat waktu, maka layanan server akan tetap mudah diakses dan dapat berfungsi dengan baik tanpa ada gangguan, seperti koneksi dan sebagainya.

Menggunakan hosting ibarat kita tengah menyewa sebuah rumah. Dalam pemakaiannya, kita perlu membayar biaya sewa setiap bulannya. Jika kita membayar tepat waktu, maka layanan server akan tetap mudah diakses dan dapat berfungsi dengan baik tanpa ada gangguan, seperti koneksi dan sebagainya.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Hosting: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel