Recent Post


    Hindari 5 Kesalahan Fatal yang Sering Terjadi Saat Interview Kerja

    Kesalahan Fatal Ketika Interview - Seorang jobseeker ketika mendapat panggilan interview kerja tentu rasa senangnya luar biasa. Dengan penuh harapan dari panggilan tersebut dirinya bisa bekerja dan tidak lagi menjadi jobseeker. Hal ini tentu dialami hampir semua orang terutama bagi yang baru saja lulus sekolah atau kuliah.


    Sayangnya ketika interview, masih banyak freshgraduate yang melakukan kesalahan fatal yang menyebabkan dirinya tidak diterima di perusahaan tersebut. Kesalahan ini terkadang tidak disadari oleh para pelamar bisa saja karna sikap ataupun cara berbicara.

    kesalahan fatal saat interview kerja

    Oleh karena itu, mengapa bagi seorang pelamar termasuk dirimu perlu mempersiapkan semuanya secara rinci. Mulai dari mempelajari pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul saat interview hingga bagaimana cara menjawab dan bersikap di hadapan HRD atau User.

    Jika kamu masih bingung apa saja kesalahan fatal yang cukup sering terjadi saat interview. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan informasi beberapa kesalahan fatal tersebut agar kamu bisa mengantisipasinya sehingga peluang untuk bekerja di perusahaan tersebut makin besar. Simak pembahasannya berikut ini.


    1. Pakaian Tidak Sopan


    Salah satu kesalahan fatal yang tidak banyak orang sadari saat interview kerja ialah datang dengan pakaian yang kurang sopan. Kalo dari pakaian dan penampilan saja kamu sudah tidak sopan HRD atau User tentu akan mengurangi nilai bahkan ada yang langsung tidak tertarik denganmu.

    Sebaiknya dari jauh-jauh hari ya minimal H-1 sebelum interview kamu sudah mempersiapkan pakaian yang ingin digunakan tentunya yang sopan. Jika dalam undangan interview dituliskan untuk berpakaian seperti hitam-putih, maka ikuti persyaratan tersebut. Lebih baik lagi jika kamu mengenakan pakaian formal misalnya menggunakan jas/blazer, dasi, kemeja.

    2. Datang Interview Terlambat


    Dengan alasan apapun jika kamu datang terlambat ketika interview maka secara tidak langsung kamu akan dinilai jelek oleh HRD dan User karna dianggap tidak menghargai waktu mereka. Sebab, ini adalah salah satu etika penting di dunia kerja terutama dalam hal disiplin. Oleh karena itu sebaiknya kamu hadir 30 menit sebelum interview dimulai agar kamu juga bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi.


    3. Tidak Riset Perusahaan


    Saat proses interview berlangsung pastinya ada tanya jawab yang terjadi salah satu pertanyaan yang sering muncul biasanya mengenai seberapa tahu kamu mengenai perusahaan yang kamu lamar. Jika kamu tidak memahami perusahaan yang kamu apply bahkan tidak bisa menjawab pertanyaan HRD, maka mereka bisa langsung menilai kamu tidak niat dengan lamaran ini atau tidak peduli terhadap perusahaan.

    Pentingnya melakukan riset perusahaan salah satunya agar membuat nilai plus terhadap dirimu yang bersungguh-sungguh dalam mencari kerja. Mulailah riset tentang perusahaan bergerak dibidang apa, lalu budaya kerja disana seperti apa, dan masih banyak lagi.


    4. Tidak Paham Detail Pekerjaannya


    Jika kamu telah melakukan riset perusahaan jangan lupa untuk melakukan riset mengenai detail pekerjaan yang kamu lamar. Karna masih banyak para pelamar kerja yang melamar asal memasukan bidang pekerjaan yang dibuka saja tanpa mengetauhi jobdesknya seperti apa. Hal ini sudah pasti kamu tidak akan lolos di perusahaan tersebut jika tidak tahu pekerjaanmu sendiri nantinya seperti apa.

    5. Minta Gaji Terlalu Tinggi


    Kesalahan fatal lainnya terutama bagi freshgraduate saat interview kerja yaitu meminta gaji terlalu tinggi. HRD pasti akan memikirkan hal tersebut apalagi untuk freshgraduate yang sebagian besar belum memiliki pengalaman kerja. Standar gaji minimal bagi freshgraduate yaitu UMR. Namun hal ini bisa dilakukan negosiasi apabila kamu memiliki keahlian dimana keahlian tersebut akan diuji oleh user dan jika dinyatakan valid maka kamu boleh meminta gaji diatas angka yang telah diberikan HRD.

    Nah, itulah beberapa kesalahan fatal ketika interview kerja bagi freshgraduate. Dengan mengetahui informasi kesalahan ini semoga kamu tidak lagi mengulanginya ya. Semoga informasi ini bermanfaat jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "Hindari 5 Kesalahan Fatal yang Sering Terjadi Saat Interview Kerja"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel