Recent Post


    Cara Membuat Invoice Secara Online dengan Mudah

    Cara Membuat Invoice - Invoice merupakan sebuah dokumen berisikan penagihan yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Dokumen ini memuat angka atau jumlah yang harus dibayarkan oleh pembeli setelah pembeli melakukan pembelian sesuatu baik barang ataupun jasa.


    Tidak hanya perusahaan saja yang bisa mengeluarkan invoice. Seorang freelancer pun bisa mengeluarkan invoice loh tujuannya untuk memberitahukan jumlah tagihan yang telah disepakati. Sebenarnya tidak hanya angka saja yang ditulis pada dokumen ini, melainkan bisa juga menulis rincian pekerjaan, metode pembayaran, dan hal lain yang terkait dengan project tersebut.

    cara membuat invoice online

    Mungkin sebagian dari kamu masih bingung bagaimana cara membuat invoice. Tapi, tenang aja guys karna saya akan membahasnya di artikel kali ini. Namun, sebelum itu kamu perlu tahu dulu apa aja sih hal yang harus ada dalam sebuah invoice.

    Apa Saja Isi Dalam Invoice?


    Ada beberapa hal yang perlu kamu tulis ketika membuat invoice, contohnya adalah sebagai berikut:


    1. Menambahkan Logo


    Penggunaan logo dalam invoice sebenarnya opsional saja, namun lebih baik lagi jika ada. Karna dengan adanya logo salah satunya dapat meningkatkan branding mu sendiri menjadi lebih profesional. Untuk penempatan logo pada umumnya ditaruh disebelah kanan atas dokumen atau bisa disamping judul invoice.

    2. Informasi Data Diri


    Apabila klienmu merupakan sebuah perusahaan besar sebaiknya cantumkan informasi data dirimu didalam invoice. Hal ini bertujuan agar informasimu tidak tertukar dengan orang lain saat verifikasi data ataupun mempermudah klien untuk menghubungimu setelah pembayaran berhasil dilakukan. Biasanya isi informasi tersebut terdiri dari:
    • Nama
    • Alamat Email
    • Nomor Telepon


    3. Informasi Data Klien


    Informasi klien ini sama pentingnya dengan data diri yang bertujuan agar tahu kepada siapa tujuan dari invoice yang telah dibuat. Dengan begitu jika ada masalah dikemudian hari bisa dilihat dari data klien tersebut.

    4. Informasi Lainnya


    Selain total tagihan yang harus ditulis dalam invoice. Kamu juga bisa menuliskan informasi lain seperti tanggal invoice dibuat, tanggal jatuh tempo pembayaran, deskripsi pekerjaan yang telah dikerjakan, metode pembayaran, dan nomor invoice (opsional).

    Setelah beberapa hal penting diatas sudah kamu tulis silahkan baca ulang kembali sebelum dikirim ke klien agar tidak ada kesalahan atau miss komunikasi. Kamu bisa membuat invoice ini menggunakan aplikasi seperti Microsoft word/excel.

    Namun, sekarang ini cara tersebut sudah jarang digunakan, sebab kamu bisa membuat invoice secara online melalui website. Cara ini sangat mudah dan prosesnya juga cepat jadi kamu hanya perlu menginput hal-hal yang diperlukan saja tanpa harus memikirkan bentuk desainnya seperti apa.


    Berikut ini beberapa website yang bisa digunakan untuk membuat invoice online dengan mudah. Simak pembahasannya dibawah ini:

    1. Free Invoice Generator


    free invoice generator

    Melalui website ini kamu bisa membuat invoice secara online dengan mudah dan cepat karna sudah tersedia template invoice. Jadi kamu hanya tinggal masukkan data-data yang diperlukan saja seperti logo, judul invoice, info data diri, info klien, serta deskripsi pekerjaan dan total biaya.

    2. Invoice Quick


    invoice quick

    Mau buat invoice versi simple? Coba membuatnya melalui website invoice quick. Dengan tampilan yang minimalis dan tidak terlalu banyak fitur tambahan kamu sudah bisa membuat invoice hanya hitungan menit saja loh.

    3. Paper.id


    paper.id

    Pernah dengar website paper.id? Yap, paper.id merupakan website yang bisa membantu kamu untuk membuat faktur/invoice secara online dengan cepat. Website ini menjadi andalan bagi para pemula terutama yang belum tahu bagaimana cara membuat invoice karna tampilannya yang sangat friendly serta fitur yang sangat membantu.

    Nah, itulah beberapa cara membuat faktur atau invoice secara online dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Invoice Secara Online dengan Mudah"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel