Recent Post


    10 Penyebab dan Alasan Resign Kerja Yang Jelas

    Alasan Resign Karyawan - Dalam dunia kerja resign adalah hal yang wajar dan tidak perlu heran lagi. Biasanya dalam satu perusahaan ada beberapa karyawan yang sangat ingin mengundurkan diri, namun masih bingung atau bahkan sungkan untuk bilang keatasan. Sehingga dirinya masih tetap bertahan bisa jadi salah satunya itu adalah kamu.


    Sebelum mengajukan resign kamu harus memikirkan terlebih dahulu kedepannya mau kemana dan pastinya alasan dibalik resign dari pekerjaan saat ini. Jika kamu memiliki alasan yang kuat untuk resign, atasanpun akan mempertimbangkan keputusanmu.

    alasan resign yang baik

    Begitupun jika kamu melamar kerja diperusahaan lain pasti salah satu recruiter dari perusahaan yang kamu lamar akan bertanya alasan resign dari perusahaan sebelumnya. Sebelum kita bahas apa saja alasan mengundurkan diri yang jelas dan baik, kamu perlu tahu penyebab karyawan resign.

    Penyebab Karyawan Resign Kerja


    Tidak ada asap bila tidak ada api, begitulah kata pepatah sama seperti karyawan yang mengundurkan diri pasti ada sebab dibaliknya. Kira-kira apa aja ya penyebab karyawan resign dari perusahaan setelah bertahun-tahun? Yuk, simak pembahasannya dibawah ini:

    1. Lingkungan Kerja Toxic


    Lingkungan kerja yang toxic akan membuat orang merasa lelah berada disekitarnya. Toxic disini tidak harus perkataan yang kasar tapi lebih kearah sifat dan perbuatan. Tujuan dari bekerja adalah datang, kerjakan, pulang dan ambil gaji tapi disisi lainnya kita juga butuh kenyamanan.

    Jika kamu bekerja sudah tidak nyaman dan dikelilingi orang-orang toxic sudah pasti semangat kerja tidak ada lagi bahkan untuk sekedar bangun pagi saja sudah malas. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa karyawan resign daripada bertahan dalam jangka waktu panjang dan mengganggu kesehatan mental lebih baik keluar bukan?.


    2. Budaya Kerja Yang Tidak Mendukung


    Terkadang seseorang melupakan hal sepele seperti budaya kerja perusahaan terutama bagi freshgraduate. Tapi, sebenarnya budaya kerja ini sangatlah penting lho salah satu contohnya yaitu bagaimana cara perusahaan mengkomunikasikan beberapa hal yang menyangkut perusahaan ke karyawannya.

    Perlakuan atasan terhadap karyawannya juga termasuk budaya kerja karna ini akan bisa berdampak pada kemajuan perusahaan. Jika atasan selalu support dan menerima masukan dari para karyawan dijamin karyawanpun akan respect dan betah dilingkungan kerja seperti ini. Sebaliknya jika atasan memperlakukan karyawan seperti robot yang hanya menghasilkan uang bagi perusahaan maka ini sudah salah besar.

    3. Beban Kerja Tidak Sesuai Kontrak


    Sebelum bekerja kamu akan diberikan kontrak kerja dan tentu kamu membacanya bila sudah cocok pasti akan ditandatangani langsung. Namun, ketika sudah bekerja hal yang terjadi yaitu beban kerja tidak sesuai dengan apa yang ada pada isi kontrak.

    Sudah begitu tidak ada tambahan gaji ataupun bonus yang akan didapatkan. Sepertinya hal ini sering terjadi di banyak perusahaan dan harusnya atasan tahu apa yang harus dilakukan. Sayangnya mereka hanya ingin memanfaatkan jasa orang saja dan yang terjadi ialah beberapa karyawan mengajukan resign karna beban kerjanya terlalu berat.


    4. Work-Life Balance


    Keseimbangan antara kehidupan kerja dengan kehidupan nyata harus sama lho karna ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kebahagiaan dan mentalmu. Bekerja memang penting untuk memenuhi kebutuhan hidup tapi jangan lupa terhadap kesehatanmu.

    Jangan pernah mau dengan perusahaan yang mengharuskanmu kerja lebih dari 12 jam atau bahkan 24 jam setiap harinya. Resiko yang didapatkan jika jam kerja tidak beraturan dapat berakibat fatal bagi diri sendiri contohnya stress dan lelah baik lelah fisik maupun mental.

    Jika kamu meninggal perusahaan tidak akan bersedih karna mereka sudah siap mencari penggantimu. Oleh karena itu, perlu keseimbangan antara kehidupan kerja dengan kehidupan nyatamu. Banyak yang mengundurkan diri karna ada sistem work life balance yang tidak sesuai, semoga saja kamu bukan salah satunya ya.

    5. Kondisi Perusahaan Yang Tidak Pasti


    Salah satu penyebab karyawan resign yaitu kondisi perusahaan berada diujung tanduk atau tidak pasti antara masih bertahan atau pailit. Kerja tidak hanya loyal tapi harus realistis juga jika dilihat perusahaan dalam kondisi yang tidak pasti tentunya lebih baik keluar.

    Karena ada sebagian orang yang bekerja tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga untuk menghidupi keluarganya. Tidak apa dianggap tidak loyal karna kondisi seperti ini seseorang akan mementingkan dirinya sendiri dibanding atasan atau tempat ia bekerja.

    Alasan Karyawan Resign Kerja


    Setelah tahu penyebab karyawan mengundurkan diri, sekarang kamu perlu tahu apa saja alasan resign kerja yang baik dan jelas. Berikut ini beberapa alasan yang bisa kamu gunakan ketika hendak melamar pekerjaan ditempat lain:

    1. Meneruskan Pendidikan


    Alasan resign yang baik bila kamu ditanya oleh perusahaan ialah kamu ingin melanjutkan pendidikan. Siapa yang bisa melarang seseorang untuk melanjutkan pendidikannya? Tidak ada satupun karna mendapatkan pendidikan yang tinggi adalah hak setiap manusia.

    Dengan pendidikan yang dimiliki seseorang tentu dirinya akan memiliki kemampuan dan kualitas yang lebih dibanding orang disekitarnya yang tidak mendapatkan pendidikan. Memang benar ada beberapa perusahaan yang membolehkan karyawannya bekerja sambil sekolah tapi itu sangat jarang terjadi.

    Sekalipun ada mungkin perusahaan akan memberikan kesempatan kepadamu bila kamu telah menyelesaikan pendidikan maka bisa kembali lagi melamar untuk bekerja disana. Tapi, hal ini bisa kamu pertimbangkan kembali karna tujuanmu melanjutkan pendidikan ialah ingin keluar dari perusahaan tersebut.


    2. Pindah Domisili


    Tidak bisa dipungkiri kondisi setiap orang berbeda-beda salah satunya ialah tempat tinggal. Ketika kamu pindah domisili keluar kota atau pulau sudah pasti kamu akan pindah kerja juga mengikuti domisili sekarang. Nah, ketika kamu melamar kerja diperusahaan lain bisa kamu jadikan ini sebagai alasan resign saat interview nanti.

    Tidak perlu menjelaskan alasan yang lainnya karna dengan ini saja sudah cukup bagi perusahaan lama dan baru untuk menerimanya. Namun, pastikan bahwa perusahaan lama tidak memberlakukan sistem kerja remote (jarak jauh) karna percuma saja pakai alasan ini jika perusahaan menerapkan sistem kerja remote.

    3. Membangun Usaha Sendiri


    Selama bekerja kamu memiliki usaha sampingan dan beruntungnya usaha tersebut sekarang sudah berkembang sehingga kamu lebih memilih untuk fokus pada usaha dibanding kerja. Dengan alasan ini kamu bisa lho resign karna sudah jelas dan kamu tetap bisa menjalin komunikasi serta hubungan dengan rekan kerja secara baik.

    Tapi, perlu digaris bawahi jika membangun usaha sendiri hasilnya berbeda dengan bekerja. Dimana jika bekerja kamu tetap mendapatkan gaji setiap bulannya secara konstan. Beda halnya dengan usaha pendapatan yang diterima dapat naik dan juga turun setiap bulannya. Oleh karena itu, kamu perlu siap menghadapi hal seperti ini agar tidak menyesal mengambil keputusan resign.

    4. Tidak Ada Jenjang Karir Yang Jelas


    Bagi karyawan yang telah bekerja bertahun-tahun tapi tidak kunjung naik jabatan sebenarnya hal ini perlu ditanyakan mengenai jenjang karir pada perusahaan tersebut. Perlu adanya jenjang karir yang jelas dan transparan mulai dari mendapatkan karir paling bawah hingga atas.

    Karna jenjang karir juga membantu untuk mendapatkan upah yang sesuai. Tanpa jenjang karir sangat disayangkan untuk karyawan yang telah bekerja lebih lama karna mereka disetarakan dengan orang yang baru saja masuk. Jenjang karir menjadi alasan resign saat interview yang sering diberikan oleh calon karyawan yang diharapkan pada perusahaan baru ini mereka mendapatkan karir yang jelas.

    5. Mendapatkan Tawaran Yang Lebih Baik


    Tidak bisa dipungkiri ketika karyawan berprestasi, attitude sangat baik pasti akan mendapatkan tawaran dari berbagai perusahaan. Kamu bisa menjelasakan alasan resign kerja diperusahaan kamu saat dengan ini biasanya perusahaan akan mencoba mempertahankanmu.

    Namun, kamu bisa mempertimbangkan lagi apakah tawaran yang diberikan lebih baik dari perusahaan baru yang menawarmu. Jika tidak sesuai lebih baik pilih perusahaan baru dan dengan alasan ini bisa menjadi saran untuk perusahaan sebelumnya. Tida perlu takut melangkah karna untuk mendapatkan yang lebih baik kamu pasti akan melepaskan hal lain dulu.

    Nah, itulah beberapa penyebab karyawan resign dan alasan resign kerja yang baik. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "10 Penyebab dan Alasan Resign Kerja Yang Jelas"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close