Recent Post

Contoh Lengkap Format Laporan Slip Gaji Karyawan

Contoh Slip Gaji - Slip gaji merupakan salah satu surat penting bagi karyawan yang diberikan oleh perusahaan sebagai bukti penerimaan gaji. Fungsi slip gaji ini kamu sebagai karyawan dapat melihat rincian yang jelas untuk penghasilanmu seperti gaji pokok, tunjangan, pajak, dan lain-lain.


Dalam format slip gaji ini umumnya terdapat isi seperti nama karyawan, nomor KTP, periode gaji, potongan asuransi atau BPJS, bonus dan sebagainya. Namun, masing-masing perusahaan memiliki formatnya sendiri jadi jangan heran jika laporan gaji kamu berbeda dengan punya orang dari perusahaan lain.

contoh slip gaji karyawan

Jika kamu bertugas untuk membuat sebuah slip gaji karyawan, di internet ada banyak loh contohnya yang bisa kamu jadikan referensi. Sebelum membuat itu kamu perlu mengetahui beberapa hal dasar dalam membuat laporan gaji karyawan diantaranya yaitu:

Informasi Laporan Slip Gaji Karyawan


Terdapat beberapa informasi yang biasanya ada pada slip gaji karyawan berikut ini contohnya:

1. Informasi Perusahaan


Bagi kamu yang baru membuat format gaji karyawan pastikan kamu memasukkan informasi umum seperti nama, alamat, lokasi, dan nomor perusahaan. Selain itu tidak lupa untuk mencantumkan informasi detail departemen dan bagian yang menaungi karyawan.


2. Data Diri Karyawan


Setelah menuliskan informasi perusahaan, selanjutnya kamu perlu menuliskan data personal karyawan berupa nama dan nomor KTP atau nomor id karyawan. Informasi ini akan memudahkan bagi seseorang yang bertugas memberikan gaji.


3. Waktu Penggajian


Tidak lupa untuk mencantumkan periode gaji yang dibagikan ke karyawan agar karyawan tahu kapan dirinya mendapatkan gaji setiap bulannya. Setiap perusahaan memiliki periode atau tanggal penggajiannya masing-masing ada yang tanggal 25, 27 bahkan awal bulan.

4. Komponen Pokok Slip Gaji


Isi pokok dari slip gaji yang perlu ada dan harus kamu buat agar diketahui dengan jelas oleh karyawan yaitu:
  • Gaji pokok : Jumlah penghasilan pokok karyawan terhitung dari jam kerja dan periode pembayaran tertentu.
  • Bonus : Bonus bisa diisi jika memang perusahaan memberikannya karna bonus ini tidak setiap bulan diberikan kepada karyawan biasanya bonus ini berupa THR (Tunjangan Hari Raya), lemburan atau Bonus Akhir Tahun.
  • Tunjangan jabatan : Apabila karyawan memiliki sebuah jabatan pasti perusahaan akan memberikan nilai lebih, oleh karena itu tunjangan jabatan perlu ada dalam slip.
  • Tunjangan keluarga : Ada beberapa perusahaan yang memberikan tunjangan keluarga dan ditulis dalam slip gaji, tunjangan ini ada jika seorang karyawan telah berkeluarga jika belum berkeluarga maka tidak ada tunjangan.
  • Transportasi & Makan : Terkadang uang transportasi dan makan bisa dibuat secara terpisah rincian dalam laporan gaji, hal ini terlihat lebih baik dibanding digabungkan dengan gaji pokok.
  • Potongan gaji : Jangan lupa masukkan informasi potongan dalam isi slip agar karyawan tahu potongan apa saja, contohnya seperti potongan bpjs, potongan pinjaman dan lain-lain.


Aplikasi Pembuat Slip Gaji Karyawan


Format gaji karyawan dapat dibuat tanpa download aplikasi bantuan karna kamu bisa memanfaatkan aplikasi sederhana seperti Microsoft word jika ingin membuat format sederhana atau Microsoft excel yang menyediakan formula untuk perhitungan gaji sehingga lebih mudah membuatnya.

Contoh Format Slip Gaji Karyawan

contoh format slip gaji karyawan sederhana


Seperti yang kamu lihat diatas adalah contoh format slip gaji karyawan yang simple dimana semua informasi yang telah disebutkan sebelumnya tertera pada slip tersebut. Meski demikian, format ini tergantung kepada perusahaan masing-masing ada yang simple seperti ini atau ada tambahan tergantung kebutuhan.

Silahkan download slip gaji karyawan ini sebagai referensi, semoga informasi ini bermanfaat ya jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Lengkap Format Laporan Slip Gaji Karyawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel