Recent Post

8 Contoh Alasan Yang Baik dan Buruk Tidak Masuk Kerja

Alasan Tidak Masuk Kerja - Perusahaan dan karyawan memiliki hubungan ketergantungan yang erat dan bisa dikatakan tidak bisa dipisahkan. Karena itu setiap perusahaan mewajibkan karyawannya untuk masuk sesuai kesepakatan kontrak, jika karyawan tidak masuk kerja tanpa alasan jelas maka bisa dikenakan sanksi dari perusahaan.


Kecuali, jika karyawan tidak masuk kerja karna sakit ataupun cuti mungkin perusahaan bisa memakluminya dengan melampirkan bukti. Namun, sayangnya bagi sebagian karyawan bingung bagaimana cara menyampaikan alasan tidak masuk kerja. Baik itu dikatakan jujur atau tidak tapi ada beberapa perusahaan yang sangat susah memberikan izin kepada karyawannya.

contoh alasan tidak masuk kerja yang baik dan buruk

Nah, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa alasan tidak masuk kerja yang baik dan buruk untuk kamu jadikan pertimbangan untuk disampaikan ke kantor. Sampai sekarang sih alasan ini terbukti berhasil tapi itu semua tergantung cara penyampaianmu kepada atasan.

Alasan Tidak Masuk Kerja Yang Buruk


Pertama-tama kamu perlu tahu kata-kata apa saja yang buruk untuk dijadikan alasan tidak masuk kerja. Karna alasan seperti ini bisa dikatakan klise atau dibuat-buat, simak berikut ini beberapa alasannya:


1. Telat Bangun Tidur


Tidak masuk kerja karna telat bangun? Hei!! jangankan tidak masuk kamu telat datang dengan alasan tersebut saja sudah bisa membuat citramu sebagai karyawan dikantor terlihat buruk baik oleh atasan ataupun teman sekantor. Hindari alasan seperti ini karna hanya menjadi blunder bagi dirimu sendiri saja.

2. Pusing atau Sakit Kepala


Kalo memang kamu sakit kepala hingga badan sudah tidak bisa digerakkan tidak masalah pakai alasan ini tapi jangan lupa lampirkan surat dokter juga. Tapi, jika kamu sakit kepala sedikit saja karna beban kerjaan jangan harap deh bisa diizinin untuk tidak masuk.

3. Tidak Ada Pakaian Bersih


Beberapa orang terutama yang merantau pasti sering mengalami masalah keterbatasan pakaian kerja. Mereka lupa jika pakaian untuk kerja tidak tersedia yang bersih sedangkan pakaian yang telah dipakai sudah kotor, sehingga mencoba buat alasan ada kecelakaan dijalan seperti kecipratan yang membuat baju kotor sehingga harus pulang dan tidak masuk kerja.

Kalo kamu pakai alasan seperti ini sepertinya tidak akan diterima deh, hrd pasti akan bilang lebih baik kamu telat setelah mengganti pakaian daripada kamu tidak masuk kerja. Hmmm, gimana kalo udah dijawab gitu pasti gabisa ngeles lagi dong.

4. Kerabat Meninggal Dunia


Sebenarnya alasan kerabat meninggal dunia tidak buruk jika memang benar, tapi jika tidak tentu ini menjadi buruk. Orang saudara atau kerabat masih sehat kok kamu jadikan alasan untuk tidak masuk kerja bilangnya meninggal. Jangan sampai bohong yang melibatkan seseorang karna itu akan berakibat fatal bagi dirimu sendiri.


Mungkin dihari ini kamu berhasil membohongi atasan, tapi bagimana jika sewaktu-waktu kamu pakai alasan yang sama dan atasan ingat kamu pernah mengatakannya. Sudah pasti atasan akan marah dan kamu akan dicap sebagai pembohong lho.

Setelah mengetahui alasan yang buruk tidak masuk kerja, sekarang kamu bisa menyampaikan alasan yang baik dan benar kepada atasan dan dijamin berhasil.

Alasan Tidak Masuk Kerja Yang Baik


Berikut ini beberapa alasan tidak masuk kerja yang baik:

1. Mengikuti Tes/Sertifikasi


Pada sebagian posisi dalam pekerjaan mengharuskan karyawan memiliki sertifikasi agar terbukti dan memiliki nilai yang bagus pada posisinya. Sehingga tidak jarang mereka mengikuti tes atau sertifikasi sayangnya waktu yang didapat bertepatan dengan jam kerja.

Kamu bisa memakai alasan ini karna tujuannya memang baik untuk mengembangkan diri sendiri dan bisa berkontribusi untuk perusahaan nantinya. Tapi, perlu diingat bahwa ada perusahaan yang meminta buktinya lho jadi pastikan kamu menggunakan alasan ini dengan jujur.


2. Sakit


Sakit disini tidak seperti sakit kepala atau sebagainya ya. Lebih dari itu misalnya sakit yang memang mengharuskan kamu beristirahat dalam beberapa hari. Kamu juga diwajibkan untuk melampirkan surat keterangan dokter yang dibawa pada saat kamu masuk kembali.

Bagi wanita sakit haid tidak bisa ditahan sehingga banyak yang memilih untuk tidak masuk karna saking sakitnya. Mungkin bagi atasan alasan haid wanita bisa mereka maklumi terutama atasannya wanit pasti sudah mengerti.

Alasan sakit sering kali dianggap klise oleh perusahaan sehingga mereka menganggap sakit adalah hal biasa. Oleh karena itu, sebagai bukti kamu wajib membawa surat sakit dari dokter agar tidak terkena sanksi perusahaan.

3. Anggota Keluarga Sakit


Bagi kamu yang tinggal sama orang tua terutama orang tua yang sudah renta pasti selalu mengkhawatirkan mereka ketika berangkat kerja apalagi jika mereka sakit. Kondisi seperti ini biasanya terjadi mendadak dan kamu bisa mengabarkan orang kantor bahwa tidak bisa hadir karna ada anggota keluarga yang sakit dan kamu harus menemaninya.

Sama seperti sakit terhadap diri sendiri, kamu juga perlu melampirkan bukti baik itu foto atau lokasi ataupun surat keterangan dari rumah sakit yang menyatakan anggota keluarga sedang sakit dan dirawat.

4. Terkena Bencana Alam


Perusahaan akan mewajari jika kamu sedang mengalami musibah salah satunya bencana alam seperti banjir atau gempa bumi. Terutama bagi yang bekerja diarea yang rawan banjir atau rawan gempa bumi. Karna hal seperti ini tidak diinginkan oleh siapapun, jadi atasan pun bisa memaklumi dan mengizinkan kamu tidak masuk kerja.

Itulah beberapa alasan yang baik dan buruk tidak masuk kerja yang bisa kamu ikuti. Cara ini terbukti berhasil tergantung bagaimana cara kamu menyampaikannya kepada atasan. Intinya jangan pernah berbohong karna itu akan membuat namamu menjadi jelek dilingkungan kantor. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

Belum ada Komentar untuk "8 Contoh Alasan Yang Baik dan Buruk Tidak Masuk Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel