Recent Post

6 Tips Memilih Pakaian Saat Interview Kerja Yang Simple

Tips Memilih Baju Untuk Interview - Tahap interview atau wawancara kerja merupakan tahap yang menentukan bagi kamu apakah diterima kerja atau tidak. Banyak hal yang perlu dipersiapkan saat interview kerja selain mempersiapkan jawaban-jawaban ternyata ada juga hal yang lebih penting lainnya.


Salah satunya adalah cara berpakaian kamu dimana pakaian yang akan kamu gunakan menjadi kesan pertama yang dilihat oleh hrd. Memilih pakaian interview kerja yang tepat tidak bisa dipungkiri selain bisa memikat hrd bisa juga meningkatkan kepercayaan diri kamu yang mampu mempengaruhi kelancaran proses interview.

tips memilih pakaian interview kerja

Sebab, ketika interview ini kebanyakan bagi para freshgraduate lebih mementingkan mempersiapkan jawaban dan melupakan pakaian yang mereka gunakan. Perlu digaris bawahi bahwa interview kerja tidak sekadar datang lalu menjawab pertanyaan, tapi juga kamu dinilai dari penampilanmu dan itu menjadi nilai tambah lho.

Tips Memilih Baju Untuk Interview Kerja


Bagi kamu yang ingin sukses dan merasa percaya diri dalam menghadapi interview pas banget nih pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tips memilih pakaian interview kerja. Berikut ini tips-tips yang bisa kamu ikuti:

1. Hindari Penggunaan Celana Jeans


Walaupun celana jeans termasuk celana yang rapih dan enak dilihat, tapi jika kamu menggunakan celana ini bisa berakibat fatal lho. Penggunaan celana jeans saat interview kerja dapat dinilai kurang professional atau terkesan kurang formal saja.


Namun, tidak semua perusahaan atau hrd menilai seperti itu. Jika kamu melamar kerja di perusahaan yang bergerak di industri kreatif tidak masalah kok menggunakan celana jeans asalkan terlihat rapih mereka tidak mempermasalahkan hal tersebut.

2. Pakai Kemeja Agar Terlihat Professional


Agar berkesan rapih dan professional sebaiknya untuk atasan gunakan kemeja ya. Berhubung kemeja memiliki beragam jenis, maka pilihlah kemeja yang polos atau setidaknya tidak memiliki banyak motif.

Jangan lupa untuk melepas kancing kemeja pada bagian leher agar tidak terlihat kaku. Hindari juga kemeja yang ketat saat dipakai sebisa mungkin pakailah pakaian yang membuatmu nyaman.


3. Pilih Pakaian Sesuai Dengan Ukuran


Pilihlah pakaian yang nyaman dan sesuai ukuran badanmu, maksudnya adalah pakaian yang tidak terlalu ketat atau pakaian yang terlalu longgar. Terutama jika kamu mengenakan kemeja pastikan kancing pada tangan bisa dikancing. Begitupun dengan celana perhatikan pada bagian pinggang dan panjang dari celana tersebut.

4. Perhatikan Warna Pakaian


Warna pakaian ternyata juga berpengaruh lho untuk menampilkan kesan formal dan professional pakailah baju yang memiliki warna netral seperti warna putih, atau biru dongker. Tapi, kamu juga tidak harus memilih warna netral jika melamar di industri kreatif pakailah pakaian yang menunjukkan warna yang cerah.

Selain itu, kamu perlu perhatikan warna pakaian yang sebaiknya tidak digunakan saat interview kerja seperti warna orange dan cokelat. Kedua warna tersebut memiliki arti yang mirip dimana menggambarkan seseorang terlihat cukup kuno di era modern ini.


5. Pakai Sepatu Yang Tepat


Jika kamu terbiasa menggunakan sepatu untuk jalan-jalan atau sepatu olahraga mungkin hal tersebut bisa kamu hindari ketika hendak interview kerja. Baiknya jika kamu seorang cowo maka bisa memilih sepatu pantofel atau jenis sepatu kulit lainnya. Jika kamu wanita bisa memakai sepatu pantofel, flat shoes, atau high heels.

6. Jangan Pakai Aksesoris Berlebih


Setelah semua tips diatas sudah kamu ikuti dan tips memilih pakaian interview kerja yang terakhir yaitu jangan mengenakan aksesoris yang berlebihan. Aksesoris disini seperti gelang, kalung dan sebagainya. Cukup mengenakan jam tangan ataupun dasi saja sudah bisa membuat kesan menarik kok.

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih pakaian interview kerja yang bisa kamu coba nantinya walau terlihat santai namun tetap formal. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Memilih Pakaian Saat Interview Kerja Yang Simple"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel