Recent Post

Mudah! Cara Mengubah Huruf Kapital Menjadi Huruf Kecil di Word

Cara Ubah Huruf Kapital Jadi Kecil di Word - Dalam menulis sebuah dokumen di word sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan penggunaan tanda baca, penggunaan huruf besar dan kecil agar tulisanmu mudah dipahami.


Terkadang setelah kamu menulis panjang ada beberapa kalimat yang mengharuskan menggunakan huruf besar/kecil dan kamu lupa akan hal itu. Alhasil kamu hapus kalimat tersebut dan mengubahnya ke format huruf yang sesuai. Tentunya hal ini buang-buang waktu bukan? Meskipun cara yang dilakukan tidak salah.

Cara Mengubah Huruf Kapital Menjadi Huruf Kecil di Word

Sebenarnya ada cara yang lebih cepat untuk mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil dan sebaliknya pada microsoft word. Mungkin bagi sebagian dari kamu masih belum tahu bagaimana cara mengubahnya. Kebetulan pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tutorialnya, simak pembahasan dibawah ini:


Menggunakan Change Case


Change case merupakan fitur yang disediakan oleh microsoft word untuk memudahkanmu mengubah huruf dari besar ke kecil dan sebaliknya. Dengan cara ini kamu bisa mengubah huruf mulai dari 1 kata, 1 kalimat, bahkan beberapa paragraf secara cepat loh. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:
  • Blok teks yang ingin kamu ubah baik 1 huruf maupun beberapa kalimat tergantung kebutuhanmu
  • Klik menu Home
  • Klik icon Aa yang melambangkan Change Case. Pada tombol ini akan terdapat pilihan seperti berikut untuk mengubah tulisan menjadi Sentence case, lowercase, UPPERCASE, Capitalize Each Word, tOGGLE cASE.
change case toolbar

  • Untuk mengubah huruf besar diawal kalimat saja pilih Sentence case
  • Untuk mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil pilih lowecase
  • Untuk mengubah huruf menjadi kapital semua pilih UPPERCASE
  • Untuk mengubah huruf menjadi kapital di awal kata pilih Capitalize Each Word
  • Untuk mengubah huruf kecil di awal kata dan sisanya menjadi besar pilih tOOGLE cASE


Menggunakan ShortCut


Jika kamu ingin cara cepat bisa menggunakan shortcut yang tersedia. Caranya cukup mudah dengan menyeleksi teks yang mau diubah lalu tekan shortcutnya. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Blok atau seleksi teks yang ingin diubah
  • Jika sudah silahkan tekan tombol keyboard SHIFT + F3 secara bersamaan. Cara ini sama seperti diatas jika kamu tekan sekali akan berubah menjadi sentence case, jika ditekan berikutnya akan berubah menjadi lowercase dan seterusnya
  • Jadi pastikan kamu sudah tahu teks yang ingin diubah menjadi seperti apa jika menggunakan shortcut ini

Nah, itulah beberapa cara mengubah huruf kapital menjadi kecil dan sebaliknya pada microsoft word yang bisa kamu ikuti. Semoga informasi ini bermanfaat ya guys, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

Belum ada Komentar untuk "Mudah! Cara Mengubah Huruf Kapital Menjadi Huruf Kecil di Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel