Recent Post

3 Cara Cek IP Address di Laptop, PC, HP Dengan Mudah

Cara Cek IP Address di PC - IP (Internet Protocol) Address merupakan suatu identitas numerik atau angka yang dilabelkan kepada suatu alat seperti komputer, router, atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi. Untuk dapat mengetahui IP Address atau alamat IP laptop, PC, Hp atau perangkat yang kamu pakai lainnya. Dapat dilakukan dengan berbagai cara, simak artikel dibawah ini Cara Cek IP Address di Laptop, PC, HP:


cara cek ip address di laptop, pc, hp

Cara Cek IP Address di Laptop, PC, HP


Cara Cek IP Address di Laptop atau Komputer

Baik laptop atau komputer kamu pasti memiliki IP Address yang berbeda-beda sebagai identifikasi perangkat. Ada 3 cara untuk mengetahui IP Address kamu, yaitu sebagai berikut:

1. Melalui Command Prompt


Pertama kamu buka command prompt terlebih dahulu, dengan mengklik Start Menu -> ketik Run -> Setelah Run muncul, lalu ketikan CMD. Atau kamu bisa langsung membuka command prompt dengan menggunakan shortcut Win + R.

cara cek ip address laptop


Setelah jendela command prompt terbuka, ketikan ipconfig lalu tekan enter. Tunggu beberapa saat, dan command prompt akan menampilkan IP Configuration komputer kamu seperti dibawah ini:

cara cek ip address laptop

cara cek ip address laptop

cara cek ip address laptop


2. Melalui Control Panel


Kamu dapat langsung membuka control panel, caranya klik Start Menu -> ketik Control Panel. Setelah control panel terbuka klik Network and Sharing Center yang ada pada menu Network and Internet.

cara cek ip address laptop

cara cek ip address laptop



Kemudian klik submenu View network status and tasks. Pada saat di klik maka akan muncul Wi-Fi yang kamu pakai.

cara cek ip address laptop


Klik Details, dan kamu akan melihat IP Address dan detail koneksi kamu.

cara cek ip address laptop

cara cek ip address laptop


3. Melalui Website


Untuk mengecek IP Address melalui website ini kamu harus terhubung ke jaringan internet. Kamu dapat mengetahui IP Address kamu melalui website http://whatismyipaddress.com , pada situs ini kamu akan melihat IP Address beserta informasi lainnya.


Cara Cek IP Address di HP

Kamu juga dapat mengecek IP Address di smartphone android kamu, berikut caranya:


1. Melalui Setting Wi-Fi


Bila kamu sedang menggunakan koneksi Wi-Fi, kamu dapat mengecek IP Address kamu, caranya klik Settings -> Connections -> Wi-Fi lalu klik jaringan Wi-Fi yang kamu pakai.

cara cek ip address laptop

Kesimpulan


Nah, demikian cara cek IP Address di laptop/pc, Hp dengan mudah. Ada banyak cara lainnya untuk mengetahui IP Address kamu, namun disini hanya memberitahu beberapa cara yang mudah untuk mengetahui IP Address kamu.

2 Komentar untuk "3 Cara Cek IP Address di Laptop, PC, HP Dengan Mudah "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel