Recent Post

    5 Kebiasaan Seorang Introvert Yang Sering Kamu Jumpai

    Kebiasaan Seorang Introvert - Sering kali seseorang yang gak banyak bicara dan jarang komunikasi terhadap orang lain dianggap sebagai anti sosial dan di cap sebagai seorang introvert. Sebenarnya anti sosial dan introvert adalah dua hal yang berbeda, jangan kamu sama artikan kedua sifat tersebut.


    kebiasaan seorang introvert
    unsplash/thesollers

    Perbedaannya introvert adalah seseorang yang berorientasi ke dalam dirinya sendiri, mereka tidak menyukai keramaian bagi mereka memiliki lingkungan dengan inner circle aja udah cukup karna pada saat dikeramaian atau sedang bersosialisasi seorang introvert seperti kehilangan banyak 'energi' dan untuk mengisi ulang 'energi' tersebut dia lebih memilih menyendiri.

    Berbeda dengan anti sosial kalo anti sosial adalah sifat seseorang yang tidak senang bergaul atau bersosialisasi dengan dunia luar sedikitpun. Mereka hidup hanya untuk diri sendiri seperti gak ada atau butuh bantuan orang lain disekitar lingkungannya.

    Kenali seorang introvert lebih dalam lagi, dia bukan seorang yang pemalu tetapi seseorang yang lebih nyaman menyendiri. Berikut ini ciri-ciri seseorang yang berkepribadian introvert:

    Ciri-Ciri Seorang Introvert


    kebiasaan seorang introvert
    unsplash/calebfrith

    1. Tidak Suka Berbagi Emosi

    Mereka yang memiliki kepribadian introvert gak suka berbagi emosi dengan siapapun sekalipun teman dekatnya walaupun ada mungkin hanya sebagian kecil saja. Karna mereka lebih suka menyelesaikan emosi tersebut dengan cara sendiri dan menganggap berbagi emosi tidak menyelesaikan apapun.

    2. Tidak Menyukai Keramaian

    Keramaian akan membuat 'energi' mereka merasa cepat habis, introvert gak suka dengan keramaian untuk mengisi ulang 'energi' kembali, mereka lebih memilih menyendiri. Pada saat seperti ini seorang introvert lebih baik diberi waktu sendiri jangan kamu ajak ngobrol atau melakukan hal lainnya.

    3. Seorang Pendengar Yang Baik

    Meskipun mereka gak suka berbagi emosi dengan orang lain, tetapi mereka merupakan seorang pendengar yang baik. Kamu berbagi cerita dengan seorang introvert pasti akan didengarkan dengan baik, mereka tau apakah cerita kamu perlu dijawab atau hanya didengarkan aja.

    4. Berpikir Sebelum Mengeluarkan Pendapat

    Kadang orang ingin buru-buru mengeluarkan pendapat atau bicara agar terlihat paling segalanya, tetapi belum tentu yang cepat itu benar. Seorang introvert selalu berpikir dan mencerna baik-baik pendapat yang akan ia keluarkan apakah merugikan orang lain atau tidak.

    5. Sering Mengamati Keadaan Sekitar

    Diam-diam seorang introvert sering mengamati keadaan sekitarnya loh, memang mereka kelihatan cuek tetapi kamu gak tahu aja tentang kebiasaan seorang introvert ini kalo mereka punya jurus dalam mengamati keadaan sekitar.

    6. Selektif Dalam Berbicara Dengan Orang Lain

    Dia gak mau berbicara dengan sembarang orang apalagi dengan orang yang membawa toxic, oleh karena itu mereka selalu selektif dalam berbicara dengan orang lain. Kalo pun terpaksa mereka hanya berbicara singkat-singkat aja.

    7. Pembuat Rencana Yang Baik

    Mereka perencana yang baik loh, saat ingin melakukan sesuatu mereka pasti menganalisa dulu dan membuat rencana agar hasil dari yang ia rencanakan memuaskan.

    8. Tidak Menyukai Obrolan Basa-Basi

    Obrolan basa-basi membuat mereka merasa bosan gak jelas dengan tujuan dari obrolan tersebut, mereka lebih memilih obrolan berbobot yang memiliki tujuan. Karna basa-basi sama aja buang-buang waktu buat mereka.

    9. Menyukai Waktu Kesendirian

    Mengisi 'energi' inilah yang paling disukai seorang introvert, mereka menyukai waktu 'me time' entah itu mencari hobi baru, baca buku, dengar musik, atau mengerjakan hal lainnya yang intinya dilakukan sendirian.

    10. Teman Yang Setia

    Kamu gak percaya kalo mereka teman yang setia? buktiin sendiri. Mereka memperlakukan teman seperti teman memperlakukan mereka seperti apa, ketika mereka sudah menemukan teman yang cocok pasti mereka setia dan loyal dengan orang tersebut.

    11. Lebih Suka Ngobrol Langsung Daripada Lewat Chat

    Lebih suka ngobrol tatap muka langsung merupakan kepribadian introvert lainnya, dibanding ngobrol lewat chat mereka lebih suka ngobrol secara langsung agar lebih nyaman, mereka rela ngeluangin waktu lebih saat ngobrol secara langsung.

    kebiasaan seorang introvert
    unsplash/fedotov_vs

    Dari ciri-ciri tersebut ada seniman, dan beberapa tokoh hebat dunia yang memiliki kepribadian introvert diantaranya yaitu:
    • Albert Einstein
    • Issac Newton
    • Abraham Lincoln
    • Michael Jordan
    • Charles Darwin
    • J.K Rowling

    Seperti yang sudah dijelaskan diatas orang-orang hebat diatas merupakan seorang introvert. Gak selamanya orang introvert itu gak bisa apa-apa layaknya yang dibayangkan orang-orang karna kurangnya bersosialisasi, nama diatas adalah bukti nyata kalo introvert gak seperti yang mereka bayangkan.


    Kamu juga harus mengetahui kebiasaan seorang introvert itu apa aja. Agar kamu bisa mendekati seorang introvert dengan cara yang mereka inginkan dengan begitu kamu bisa lebih mengenal dengan dia. Berikut ini mengenai kebiasaan seorang introvert yang sering kita jumpai:

    Kebiasaan Seorang Introvert


    kebiasaan seorang introvert
    unsplash/keenangrams

    1. Lebih Suka Menulis Daripada Berbicara

    Kebiasaan ini pasti sering kamu jumpai pada seorang introvert, mereka senang dengan menulis daripada berbicara. Lihat aja contohnya seperti J.K Rowling, Karena seorang introvert lebih memilih menjaga privasi mereka dibandingkan memberi tahu siapa mereka kepada banyak orang. Kamu mungkin gak tahu kalo mereka mempunyai sebuah karya tulis yang sudah diterbitkan.

    2. Ngobrol Bareng Circle Pertemanannya Aja

    Saat berada di tempat nongkrong atau tempat lainnya, mereka lebih sering kumpul atau ngobrol bareng hanya dengan circle pertemenan yang telah mereka buat alasannya seperti yang sudah dijelaskan diatas mereka selektif dengan lawan bicara.

    3. Pemberi Ide-Ide Brilian

    Kebiasaan seorang introvert yang paling kamu sukai yaitu mereka merupakan seseorang yang memberikan ide-ide brilian entah itu misalnya pada saat mengerjakan tugas atau hal lainnya. Mereka bisa menjadi pemimpin, ketidakhadirannya membuat kamu selalu merindukannya.

    4. Tidak Mudah Terpengaruh Perkataan Orang Lain

    Karena mereka gak suka dengan basa-basi jadi mereka pun gak mudah terpengaruh dengan omongan orang lain. Apa yang ia lihat dan orang lakukan terhadap mereka, dimata seorang introvert yaitulah orang tersebut meskipun orang lain ngomong A, B, C, dan semacamnya mereka hiraukan.

    5. Sosok Dengan Mood Yang Misterius

    Mungkin ini kebiasaan seorang introvert yang membuat kamu gak bisa mendekatinya, yap karena mood nya yang misterius kamu gak bisa membaca pikiran atau raut wajah mereka. Kadang kala kamu salah menebak bisa jadi mereka sedang bertengkar dengan dirinya sendiri atau merasakan hal senang, dapat dibilang didalam terluka diluar tak terbaca yak itulah mereka.


    Kesimpulan

    Nah, itu dia penjelasan singkat tentang seorang introvert, ciri-ciri introvert, dan kebiasaan seorang introvert yang sering kamu jumpai. Bagi mereka "Silence is A Source of Great Strength". Share artikel ini ketemanmu untuk lebih mengenal sosok introvert. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

    Belum ada Komentar untuk "5 Kebiasaan Seorang Introvert Yang Sering Kamu Jumpai"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel