Recent Post


    Ukuran Feed Instagram Yang Perlu Kamu Gunakan Saat Posting

    Ukuran Feed Instagram - Postingan menarik di instagram merupakan salah satu kunci jika kamu ingin dikenal oleh banyak orang. Tentunya sebuah postingan gak terlepas dari ukuran foto atau video yang pas di feed instagram.


    Ukuran foto dan video yang pas dapat menarik perhatian banyak orang sehingga kamu bisa mendapatkan banyak like dan komentar. Kamu udah tau belum berapa ukuran feed instagram yang direkomendasikan agar fotomu terlihat kece dan gak buram? Kalo belum tau, cus simak penjelasannya dibawah ini:

    Ukuran Feed Instagram

    ukuran feed instagram

    Instagram sendiri terdiri dari beberapa feed dan beberapa fitur, masing-masing fitur tersebut memiliki rasio ukuran foto dan video yang berbeda antara postingan di feed, postingan story, maupun postingan igtv. Yuk, mari kita bahas satu per satu.

    Ukuran Foto Instagram Dalam Feed

    ukuran foto instagram

    Ukuran foto instagram pada umumnya kita ketahui terdapat 3 macam, yaitu landscape, square, dan potrait. Ketiganya memiliki ukuran default sendiri yang disarankan untuk diupload ke instagram,  diantaranya:
    • Ukuran foto instagram Landscape maksimal 1080 x 608 pixel atau rasio 1.91:1.
    • Ukuran foto instagram Square maksimal 1080 x 1080 pixel atau rasio 1:1.
    • Ukuran foto instagram Potrait maksimal 1080 x 1350 pixel atau rasio 4:5.

    Nantinya ketika kamu sudah mengupload foto, instagram otomatis akan mengkonversi gambar tersebut agar ukurannya lebih kecil tetapi enggak mengurangi resolusi fotomu. Misalnya, kamu mengupload foto yang berukuran 1080 x 1350 pixel atau potrait akan ditampilkan atau dikonversi menjadi ukuran 480 x 600 pixel.

    Ukuran Video Instagram Dalam Feed

    ukuran video instagram

    Sebelumnya, ukuran foto instagram terbagi menjadi 2. Nah, untuk ukuran video instagram ini terdapat 2 macam, yaitu landscape dan potrait untuk ukurannya sebagai berikut:
    • Ukuran rasio video instagram Landscape maksimal rasionya adalah 1.91:1 dan resolusi video sebesar 1080 x 608 pixel.
    • Ukuran rasio video instagram Potrait maksimal rasionya adalah 4:5 dan resolusi video sebesar 1080 x 1350 pixel.

    Kira-kira untuk foto dan video di feed instagram hampir sama yang membedakan hanya kualitasnya saja.


    Ukuran Foto dan Video Instagram Stories

    Pada ig story kamu bisa mengupload foto dan video dan di fitur ini juga kamu bisa menambahkan efek, teks, animasi, gif, maupun yang lainnya. Berbeda dengan postingan feed instagram untuk postingan stories ini hanya bertahan 1 hari atau 24 jam saja. Jika, sudah lewat waktu 1 hari maka story kamu akan hilang dan masuk ke dalam arsip.

    Idealnya story instagram memiliki ukuran yang bisa menayangkan foto dan video dengan rasio 4:5 dan 9:16 menggunakan resolusi 1080 x 1350 pixel dan 1080 x 1920 pixel. Kamu bisa mengekspresikan postingan stories ini sesuai selera kamu karna instagram sendiri enggak mematok ukuran foto dan video hanya merekomendasikan aja.

    Ukuran Foto Profil Instagram

    Tau gak ukuran foto profil instagram itu berapa? ukuran default dari foto profil instagram adalah minimal sebesar 110 x 110 pixel atau rasio 1:1. Meski begitu kamu juga bisa mengupload foto instagram sebesar 180 x 180 pixel kok.

    Ukuran dan Resolusi Instagram TV / IGTV

    Fitur IGTV ini merupakan fitur yang cukup baru dibandingkan dengan fitur lainnya. Pada IGTV kamu dapat menampilkan durasi video yang lebih panjang dari video yang kamu posting di feed instagram. IGTV memiliki 2 macam ukuran yaitu, landscape dan potrait.
    • Ukuran IGTV pada mode landscape ini memiliki rasio maksimal 16:9 dan minimal 5:4 agar gak pecah direkomendasikan video kamu memiliki resolusi sebesar 1920 x 1080 pixel di mode landscape.
    • Sedangkan, ukuran IGTV pada mode potrait memiliki rasio maksimal 9:16 dan minimal 4:5 agar gak pecah direkomendasikan video kamu memiliki resolusi sebesar 1080 x 1920 pixel di mode potrait.

    Kesimpulan


    Demikian penjelasan mengenai ukuran feed instagram yang direkomendasikan agar foto dan video dalam feedmu terlihat menarik. Kamu bisa membuat konsep yang unik dan kece dengan ukuran-ukuran diatas, selamat berkreasi!. Share artikel ini ke temanmu. Semoga info ini bermanfaat ya sob!

    Belum ada Komentar untuk "Ukuran Feed Instagram Yang Perlu Kamu Gunakan Saat Posting"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close