Recent Post

5 Cara Mengatasi Blue Screen di Laptop Windows

Cara Mengatasi Blue Screen di Laptop - "Kak, layar laptopku kok jadi biru semuanya ini kenapa kak?", begitulah ketika adik saya panik dan bertanya mengenai permasalahan pada laptopnya itu. Saya pun menanggapinya tidak panik juga heboh karna permasalahan ini sering kali terjadi pada laptop maupun komputer.


Perubahan layar menjadi biru atau yang kita kenal dengan blue screen ini merupakan suatu kondisi sistem operasi windows hanya akan memunculkan warna biru pada layar monitor. Penyebab munculnya blue screen ini biasanya dikarenakan ada masalah pada hardware atau software di laptop maupun komputer.

cara mengatasi blue screen di laptop

Hal ini tentu menjadi masalah yang besar, apalagi saat kamu sedang mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan yang hampir selesai dan belum disave, namun secara tiba-tiba layar monitor berubah menjadi warna biru bahkan restart sendiri.


Penyebab Layar Laptop Blue Screen


1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Penyebab :
  • Tidak cocoknya driver hardware yang terinstall di komputer/laptop
  • VGA card kamu belum terinstall atau driver yang terinstall tidak cocok
  • Driver Audio card tidak cocok atau tidak terpasang dengan benar

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Penyebab :
  • Terdapat kerusakan di partisi atau file system. Namun bukan berasal dari harddisk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Penyebab :
  • Suhu komputer/laptop terlalu panas (Overhead)
  • BIOS corrupt
  • Processor corrupt
  • Overclocking berlebihan

4. DATA_BUS_ERROR

Penyebab :
  • RAM terdapat kerusakan

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Penyebab :
  • Terjadinya kerusakan pada hardware, terutama pada RAM, VGA, dan memory pada processor (L2 cache)

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Penyebab :
  • Posisi jumper pada hardisk yang salah
  • Driver IDE controller yang salah dan Virus Boot sector

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Penyebab :
  • Terjadi kesalahan pada saat installasi driver VGA


Lalu bagaimana cara mengatasi layar berubah menjadi biru pada laptop? pada pembahasan kali ini saya akan memberikan solusi dari permasalahan ini. Simak artikelnya dan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Cara Mengatasi Blue Screen di Laptop Windows 8 dan 10


Biasanya saat terjadinya blue screen kamu akan mendapat notifikasi bahwa tampilan atau laptopmu mengalami crash pada harddisk untuk memperbaiknya berikut ini cara-caranya:


1. Melakukan Restart Laptop / Komputer


Pertama cara yang paling mudah yaitu dengan melakukan restart. Pada komputer kamu bisa menekan tombol restart dan kalo di laptop kamu bisa melakukan restart dengan cara hardbooting.

Tunggu hingga proses restart selesai booting dan liat apakah layar kamu sudah kembali normal? jika belum normal coba kamu ikuti langkah selanjutnya dibawah ini.

2. Melakukan Cara System Restore


Kamu bisa menggunakan system restore ini apabila cara pertama tadi gagal, berikut ini langkah-langkahnya:
  • Pertama, matikan komputer atau laptop laptop dengan menekan tombol power hingga laptop benar-benar dalam keadaan mati.
  • Jika sudah benar-benar mati, hidupkan kembali laptop.
  • Ketika laptop sedang melakukan booting, tekan F8 yang berfungsi membawa kamu ke menu boo ting.
  • Selanjutnya pilih Safe Mode.
  • Dan masuklah ke Operasi System Safe Mode.
  • Untuk masuk ke mode ini klik tombol Start Windows -> Control Panel -> System Security -> Action Center -> Recovery -> Open System Restore -> klik Next -> Next -> Finish -> Yes.
  • Secara otomatis komputer akan restart.

3. Repair System Operasi Windows


Cara memperbaiki blue screen kamu bisa menggunakan DVD yang berisi System Operasi Windows untuk merepair windows. Cara ini digunakan saat terjadi masalah blue screen karena ada file windows yang corrupt.

4. Periksa Hardware dan Update Driver


Kamu juga perlu memeriksa secara berkala kesehatan laptop atau komputermu terutama pada bagian software dan hardware. Untuk mengatasi blue screen pada bagian hardware yang pertama kali kamu cek ialah bagian Harddisk jika ada masalah pada harddisk bisa jadi itulah penyebab blue screennya.


Tetapi, bila harddisk enggak memiliki kendala kamu bisa cek bagian selanjutnya yaitu RAM melalui menu Start lalu search Memory Diagnotisc Tool. Jika kedua cara tersebut sudah kamu lakukan, namun belum berhasil cobalah install update driver cara ini sudah terbukti dan bisa mengatasi masalah tersebut.

5. Install Ulang Windows


Cara terakhir dan satu-satunya bila semua cara diatas gagal adalah dengan install ulang laptopmu. Install ulang laptop akan mereset ulang sistem operasi seperti saat pertama kali di beli dan dijamin tidak ada kerusakan-kerusakan lain yang terjadi seperti Blue screen ini.

Kesimpulan


Demikian penyebab layar menjadi blue screen dan bagaimana cara mengatasi blue screen di laptop windows. Semoga cara-cara diatas bisa membantu kamu ya sob. Share artikel ini ke temanmu dan semoga bermanfaat ya sob.

1 Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Blue Screen di Laptop Windows"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel