Recent Post

    Teknik Dasar Permainan Bola Voli Lengkap Beserta Penjelasan

    Teknik Bola Voli - Bola voli merupakan salah satu permainan olahraga tangan yang diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895 di Amerika Serikat. Teknik dasar permainan bola voli cukup mudah yaitu terletak pada gerakan memukul bola dan tentunya memperhatikan taktik serta kondisi.


    Perkembangan permainan bola voli di Indonesia dimulai dari lahirnya organisasi PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) pada 22 Januari tahun 1955. Hingga sampai sekarang banyak klub-klub bola voli mulai bermunculan dan melahirkan atlet-atlet berprestasi.

    teknik bola voli


    Permainan bola voli ini tergolong memiliki tempo yang cukup cepat sehingga para pemain perlu menguasai teknik-teknik bermainnya. Alasan pemain harus menguasai teknik bermain bola voli yaitu agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat merugikan tim.

    Dalam permainan ini ada dua tipe lapangan bola voli yaitu indoor dan outdoor. Untuk ukuran lapangan bola voli sendiri sebesar 18x9 meter dengan ukuran net putra 2,43 meter dan net putri 2,24 meter serta jarak tiang net ke garis tepi lapangan sejauh kurang lebih 0,5 - 1 meter.

    Sebelum kamu mengetahui cara bermain bola voli yang benar ada baiknya kamu harus mengetahui peraturan dasar permainan bola voli diantaranya yaitu:
    • Tidak boleh memukul bola lebih dari 3 kali sentuhan dan tidak boleh menangkap bola
    • Tidak boleh memukul bola lebih dari 1 sentuhan dari orang yang sama sebelum rekan tim menyentuh bola
    • Pemain tidak boleh menyentuh net
    • Bola harus berbentuk bula dengan diameter 65-67 cm dengan massa 260-280 gram dan terbuat dari kulit lunak atau sintetis
    • Jumlah pemain dalam 1 tim terdiri dari 10 orang, 6 orang sebagai pemain inti dan 4 orang pemain cadangan
    • Masing-masing tim hanya boleh melakukan 1 kali timeout per babak dalam pertandingan
    • Pemain melakukan servis di luar area lapangan dan tidak boleh menyentuh garis lapangan
    • Jersey tim harus memiliki nomor punggung dan nama
    • Sistem perhitungan poin menggunakan sistem rally point
    • Pergantian pemain tidak terbatas

    Jika kamu sudah memahami peraturan dasar permainan bola voli. Selanjutnya, simak teknik dasar bola voli yang harus kamu pelajari.


    Teknik Bola Voli


    Ada 4 jenis teknik dasar bermain bola voli yaitu, service, passing, blocking, dan smash. Semua teknik ini sangat penting dan wajib banget untuk kamu sebagai pemain menguasainya. Terlepas dari apapun peran kamu dalam tim, kamu tetap harus bisa teknik ini. Berikut ini masing-masing penjelasannya:

    1. Teknik Bermain Bola Voli, Service


    Teknik service merupakan teknik pukulan awal permainan bola voli. Teknik ini terbagi lagi menjadi 4 jenis yaitu:
    • Service Atas : service dengan cara melambungkan bola ke atas kepala dengan ketinggian idel dan pemain memukul bola menggunakan telapak tangan.
    • Service Bawah : service dengan cara memukul bola dengan tangan yang diayunkan ke bola dan bentuk tangan yang mengepal.
    • Service Lompat : service dengan cara melambungkan bola ke atas dengan ketinggian secukupnya lalu pemain lompat dan memukul bola dengan telapak tangan.
    • Service Samping : service dengan cara melambungkan bola sedikit dan pemain mengayunkan tangan dari arah samping dengan badan yang ikut memutar.

    2. Teknik Bermain Bola Voli, Passing


    Teknik passing merupakan teknik yang dilakukan dengan menggunakan 2 tangan baik untuk di oper kepada teman maupun langsung ke lawan. Teknik ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu:
    • Passing Atas : passing atas yaitu passing yang dilakukan menggunakan jari dari kedua tangan. Teknik ini dilakukan ketika kamu menerima bola diatas kepala dan bisa kamu lakukan untuk memberi umpan kepada tim atau langsung mengarah ke area lawan.
    • Passing Bawah : passing bawah yaitu passing yang dilakukan menggunakan kedua tangan ketika bola berada dibawah. Teknik ini biasa dilakukan saat kamu menerima bola dari servis lawan atau bola dari smash lawan.

    3. Teknik Bermain Bola Voli, Blocking


    Teknik blocking merupakan teknik menghalau atau mencegah serangan lawan biasanya serangan smash, tujuan blocking ini selain menghadang juga membalikan bola ke arah lawan.

    Teknik ini dilakukan menggunakan 2 tangan dan terdiri dari beberapa pemain di baris depan. Biasanya pemain yang melakukan blocking adalah pemain yang memiliki postur tubuh tinggi.

    4. Teknik Bermain Bola Voli, Smash


    Teknik smash merupakan teknik menyerang dari seorang pemain dengan menggunakan satu tangan yang memukul bola hasil umpan dari teman sekeras, tepat, dan cepat ke arah lawan sehingga lawan tidak bisa melakukan blocking. Teknik ini terbagi menjadi 5 diantaranya:
    • Quick Smash : smash ini dilakukan oleh pemain depan-tengah dimana saat seorang setter memberikan umpan dan penyerang telah melompat dan siap memukul bola.
    • Semi Smash : hampir sama dengan quick smash, pada semi smash ini dilakukan oleh pemain depan-tengah dimana saat setter memberikan umpan dan penyerang telah dulu melompat setelah mengetahui arah bola yang diberikan kepadanya lalu memukulnya.
    • Ace Smash : teknik yang dilakukan oleh seorang pemain ace dengan melakukan pukulan keras ke area lawan.
    • Pull Smash : merupakan teknik tipuan yang dilakukan oleh pemain bola voli. Teknik ini dilakukan saat penyerang ingin melakukan quick smash atau semi smash sehingga lawan akan kebingungan menebak smash apa yang akan dilakukan.

    Kesimpulan


    Demikian penjelasan lengkap mengenai teknik bola voli dan peraturan dasar permainan bola voli yang bisa kamu pelajari. Share artikel ini ke temanmu, semoga informasi ini bermanfaat ya.

    Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Permainan Bola Voli Lengkap Beserta Penjelasan"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close