Recent Post


    Cara Menghilangkan Noise Di Android Dengan Mudah

    Cara Menghilangkan Noise - Dalam membuat sebuah rekaman suara tentu kita menginginkan hasil yang terbaik. Hasil yang baik tersebut ialah suara rekaman terdengar halus, bersih, dan tidak ada suara lain yang masuk pada rekaman itu. Namun, nyatanya memang tidak sesuai ekspetasi meski suara sudah direkam dengan baik masih ada saja noisenya.


    Tidak semua orang yang merekam suara menggunakan microphone atau semacamnya. Kadang melalui smartphone saja juga bisa. Beruntungnya bagi mereka yang merekam menggunakan microphone karna sudah dilapisi dengan peredam agar suara bising tidak masuk saat sedang rekaman. Lalu, bagaimana dengan yang merekam menggunakan smartphone? tentu hasilnya berbeda.

    cara menghilangkan noise

    Meskipun sudah melakukan yang terbaik dalam ruangan yang kedap sekalipun merekam menggunakan smartphone tidak sejernih dengan microphone. Nah, bagaimana sih caranya agar rekaman di smartphone bisa sejernih seperti rekaman di microphone?

    Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial cara agar suara tidak pecah bisa dikatakan menghilangkan suara bising pada hasil rekaman. Caranya cukup mudah kok dan ini dilakukan di smartphone menggunakan sebuah aplikasi audio.

    Cara Menghilangkan Noise Pada Audio


    Aplikasi audio yang bisa menghilangkan noise yaitu Lexis Audio Editor. Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi suara berisik saat rekaman.

    • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah download aplikasi 'Lexis Audio Editor' di Playstore
    • Selanjutnya, buka aplikasi tersebut dan klik Open untuk membuka rekaman suara yang telah kamu rekam
    • Jika kamu belum merekam suara, pada aplikasi ini bisa langsung merekam suara juga lho
    • Tekan tanda Rekam / lingkarang merah dan mulailah untuk rekaman. Jika sudah selesai tekan Stop / Kotak warna putih dan jika ingin menjeda rekaman tekan tanda Pause / garis biru
    lexis audio editor

    • Apabila hasil rekaman menurutmu masih belum sesuai silahkan rekam ulang seperti cara sebelumnya
    • Jika hasil rekaman sudah sesuai tetapi masih ada noise. Tekan tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas lalu pilih Effects dan pilih Noise Reduction atur saja ukuran seberapa besar noise yang ingin kamu hilangkan. Atau kamu bisa ikuti gambar dibawah ini
    lexis audio editor

    lexis audio editor

    lexis audio editor

    • Kamu bisa tekan Play untuk mendengar terlebih dahulu apabila sudah OK tekan Apply, dengan begitu suara noise yang terekam akan hilang
    • Silahkan Save rekaman tersebut


    Ada beberapa kelebihan dari menghilangkan suara noise ini diantaranya yaitu:

    1. Suara Menjadi Jernih

    Dengan menghilangkan suara bising atau noise pada rekaman membuat suara menjadi lebih jernih dan pastinya enak didengar. Karna suara merupakan salah satu elemen penting ketika disandingkan dengan video.

    2. Dapat Dimasukkan Di Berbagai Video

    Rekaman suara yang tidak memiliki noise lebih mudah untuk dimasukkan ke berbagai video. Sebab, suaranya sudah sangat halus sehingga tidak menganggu isi dari video tersebut.

    Kesimpulan


    Nah, itulah cara menghilangkan suara noise di android dengan mudah. Untuk kamu yang memiliki cara lainnya bisa tinggalkan di komentar ya guys agar yang lain dapat terbantu. Semoga informasi ini bermanfaat jangan lupa untuk share ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Noise Di Android Dengan Mudah"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close