Recent Post


    Tips Budidaya Ikan Lele Sampai Berhasil Menghasilkan Untung!

    Budidaya Ikan Lele - Budidaya ikan merupakan salah satu bisnis yang bisa dikatakan paling menguntungkan di Indonesia terutama ikan air tawar. Jika kamu termasuk seseorang yang ingin membangun usaha budidaya ikan sepertinya kamu harus memulainya dengan budidaya ikan lele.


    Ikan lele termasuk salah satu jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Sebab cara budidaya ikan lele ini sangatlah mudah dan bila kamu menternak ikan ini secara intensif bukan tidak mungkin bisa mendulang keuntungan yang berlimpah lho.

    Terdapat beberapa pilihan dalam ternak lele. Kamu bisa melakukan budidaya ikan lele di kolam terpal, ember, ataupun dalam drum. Untuk modalnya? Tenang guys ternak ikan lele ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar kok. Ini semua tergantung dari tujuan segmen usahamu dan juga ketersediaan lahan.

    tips budidaya ikan lele
    sumber foto / akurat.co

    Segmen usaha disini maksudnya ada 2 yaitu pembenihan dan pembesaran. Jika kamu memilih pembenihan, maka tujuan kamu adalah menghasilkan benih ikan saja. Sedangkan, untuk pembesaran yaitu bertujuan untuk menghasilkan lele yang siap dikonsumsi.

    Untuk ketersediaan lahan mungkin masih menjadi kendala bagi kamu yang ingin memulai usaha budidaya ikan. Namun, jangan berputar pada ketersediaan lahan yang mengharuskanmu memiliki lahan yang luas. Nyatanya banyak orang yang sukses beternak ikan lele hanya di kolam terpal saja lho.

    Keuntungan budidaya ikan lele di kolam terpal diantaranya bisa dilakukan dilahan yang terbatas, modal yang dikeluarkan cukup minim. Menggunakan kolam terpal menjadi pilihan yang sangat bagus apalagi menggunakan sistem bioflok.

    Bioflok adalah gumpalan dari berbagai heterogen mikroba, partikel, polimen organik, koloid, dan kaiton yang saling berinteraksi dengan baik saat didalam air. Oleh karena itu, banyak peternak yang sukses ketika menggunakan sistem bioflok ini.

    Sistem bioflok sendiri memiliki berbagai keunggulan diantaranya dapat meningkatkan keberlangsungan hidup hingga lebih dari 90% dan tanpa melakukan pergantian air. Air bekasnya pun tidak berbau sehingga tidak mengganggu lingkungan disekitarnya.

    Lalu, bagaimana cara budidaya ikan lele di kolam terpal menggunakan sistem bioflok ini?. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan sebuah informasi mengenai cara membuat kolam ikan lele dari terpal dan tips budidaya ikan tersebut.

    Cara Membuat Kolam Ikan Lele Dari Terpal

    Dikutip dari gdmorganic.com terdapat 8 bahan yang perlu disiapkan untuk membuat kolam ikan dari terpal berbentuk bundar. Berikut ini bahan dan langkah-langkahnya:

    Bahan dan Alat

    • Besi wiremesh berdiameter 6 mm (besi anyaman) untuk membuat rangka kolam
    • Pelapis dinding, bisa menggunakan fiber tipis / karpet talang / tripleks 2 mm
    • Terpal lembaran untuk dinding dan dasar kolam
    • Pipa PVC 2 inch
    • Knee 2 buah
    • Lem/sealer
    • Gunting
    • Gergaji Besi

    Cara Membuat

    • Potong besi anyaman/besi wiremesh sesuai ukuran yang diinginkan
    • Kaitkan antar buku dengan cincin besi atau bisa juga dengan mengikatkan kawat sebagai pengunci sehingga berbentuk lingkaran
    • Buat kerangka bulat dengan diameter 2 meter atau sesuai lahan yang tersedia
    • Potong Terpal sesuai ukuran dan bentuk kolam, kemudian jahit dan lapisi dengan lem agar tidak bocor
    • Masukkan terpal yang sudah siap kedalam rangka yang sudah dibuat
    • Kolam terpal bundar untuk bioflok sudah bisa digunakan

    Nah, itu merupakan cara membuat kolam bundar ikan lele menggunakan terpal. Selanjutnya kamu perlu mengetahui juga nih beberapa tips dalam usaha budidaya ikan lele agar mendapatkan keuntungan yang besar.

    Tips Budidaya Ikan Lele Hinggan Menghasilkan Keuntungan Yang Besar


    kolam ikan terpal
    sumber foto/jogjagarden.com

    Berikut ini hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat budidaya ikan air tawar. Jika kamu ingin beternak dan menghasilkan untung yang besar kamu harus berjuang dengan sungguh-sungguh khususnya kamu harus mengetahui hal dibawah ini:


    1. Pembuatan Kolam Ikan


    Seperti yang telah dijelaskan diatas ada beberapa tipe kolam untuk budidaya, yaitu kolam tanah, kolam semen, dan kolam terpal. Dalam pembuatan kolam usahakan buat sebesar mungkin agar bisa menampung banyak ikan didalamnya. Namun, jika kamu terbatas oleh lahan bisa membuatnya dengan ukuran yang sedang atau sesuai dengan lahan saja.

    Penting! Sebelum menabur benih ikan lele kamu harus menunggu sekitar 3-7 hari untuk pengeringan pada kolam. Hal ini bertujuan agar membunuh mikroorganisme jahat yang bisa menyebabkan bibit penyakit. Usahakan kolam jangan tepat dibawah sinar matahari agar ikan tidak kepanasan.

    2. Pemberian Air Kolam


    Pengisian air kolam juga memiliki aturannya sendiri yaitu idealnya untuk ketinggian air berkisar 100 - 120 cm. Lakukan pengisian air kolam secara bertahap dan biarkan kolam terkena sinar matahari selama satu minggu.

    Setelah satu minggu sejak pengisian baru kamu bisa menebar bibit ikan lele. Tahap berikutnya kamu bisa menambah air secara berkala sesuai dengan ketinggian ideal.

    3. Pengapuran dan Pemupukan


    Pengapuran dilakukan untuk memberikan keseimbangan keasaman pada kolam dan membantu dalam memberantas mikroorganisme patogen. Lakukan penyebaran pengapuran secara merata pada kolam. Selanjutnya, kamu bisa melakukan pemupukan yang berfungsi memberikan nutrisi bagi biota air di dasar kolam.

    4. Pemilihan Benih Ikan Lele Terbaik


    Ada beberapa jenis ikan lele yang bisa kamu jadikan benih. Kesuksesan budidaya ikan ini terletak pada jenis benih dan kualitas benihnya. Kamu bisa melakukan pembelian benih atau membuat benih itu sendiri.

    5. Pakan dan Panen Lele


    Pakan menjadi hal utama dalam budidaya lele. Berikan pakan ikan yang mengandung protein hewani yang tinggi. Namun, pakan tersebut memiliki harga yang cukup besar, bila kamu ingin meminimalisir biaya gunakanlah pakan alami.

    Untuk panen ikan lele sendiri dapat dilakukan apabila kira-kira ukurannya telah sesuai kriteria permintaan pasar. Gunakan proses penyeleksian dengan menyeleksi ikan yang lebih besar untuk dipanen selanjutnya ke ukuran yang lebih kecil.

    Kesimpulan


    Nah, itulah bagaimana cara membuat kolam ikan lele dan tips budidaya ikan lele hingga menghasilkan untung yang besar. Selamat mencoba bisnis budidaya ikan ini ya guys semoga berhasil!

    Belum ada Komentar untuk "Tips Budidaya Ikan Lele Sampai Berhasil Menghasilkan Untung!"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close