Recent Post


    5 Jenis Ikan Air Tawar Yang Cocok Untuk Dibudidayakan

    Jenis Ikan Air Tawar - Ikan merupakan hewan yang kaya akan nutrisi dan bagus untuk perkembangan otak terutama pada anak-anak. Selain itu, ikan juga merupakan makanan yang sering dikonsumsi oleh banyak orang yang diolah menjadi berbagai makanan yang lezat. Paling banyak kita temui hidangan olahan tersebut memilih jenis ikan air tawar.


    Alasan mengapa ikan air tawar banyak menjadi olahan makanan dibanding ikan air laut yaitu karena mudah didapatkan. Sekedar informasi saja ikan air tawar ini mudah didapatkan karna mudah dibudidayakan juga lho. Ikan air tawar memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika kamu membudidayakannya dengan baik.

    jenis ikan air tawar budidaya

    Meskipun memiliki nilai ekonomis yang tinggi, tetapi hanya ada beberapa jenis ikan air tawar yang bisa mendulang keuntungan jika kamu membudidayakannya. Karna setiap ikan memiliki karakteristik dan kelebihan yang berbeda-beda hal itulah yang membedakan dalam segi keuntungan.

    Mungkin bagi sebagian dari kamu sudah mengetahui apa saja ikan air tawar yang bisa mendulang keuntungan saat dibudidayakan. Namun, untuk kamu yang belum tahu tenang guys. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa macam ikan air tawar yang cocok untuk dibudidayakan dan dapat menghasilkan keuntungan.

    Jenis Ikan Air Tawar Yang Cocok Untuk Dibudidayakan


    Berikut ini macam-macam ikan air tawar yang bagus untuk dibudidayakan dan menghasilkan keuntungan serta dapat dikonsumsi oleh banyak orang.

    1. Ikan Lele


    Ikan air tawar yang pertama yaitu ikan lele. Ikan lele ini sangat mudah ditemui disekitar kita. Kamu bisa melakukan budidaya ikan lele pada sebuah kolam terpal, atau bahkan hanya di drum saja. Untuk segi ekonomisnya jangan ditanya deh, ikan ini memiliki nilai keuntungan yang sangat tinggi lho apabila panen.

    Ikan lele banyak dicari oleh banyak orang karna dagingnya yang lembut dan rasanya yang enak. Bagi para pecinta lele bahkan rela untuk membeli lele yang sudah dimasak atau bibit dari lele itu sendiri.

    2. Ikan Mas


    Kamu pasti sudah tahu bentuk dari ikan mas. Yapp ikan yang memiliki warna tubuh emas kekuning-kuningan ini ternyata cocok banget untuk dibudidayakan guys. Tidak jarang ikan ini dibudidayakan sebagai ikan hias dimana nilai ekonomisnya terletak pada keindahan ikan tersebut.

    Selain menjadi ikan hias, ikan mas masih menjadi ikan yang dibudidaya karna banyak orang yang mengkonsumsi ikan ini. Banyak peternak yang membudidayakan ikan mas ini di sebuah kolam, tanah, atau keramba. Biasanya ikan mas memerlukan waktu 4-5 bulan agar para peternak bisa melakukan panen.

    3. Ikan Gurame


    Ikan air tawar budidaya selanjutnya yaitu ikan gurame. Sama halnya dengan ikan mas kebanyakan ikan gurame dijadikan sebagai ikan hias yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Budidaya ikan gurame tidak kalah menguntungkannya dengan ikan air tawar lain.


    Umumnya kamu bisa panen ikan gurame jika ikan tersebut menyentuh bobot diangka sekitar setengah sampai satu kilogram. Tanpa harus menunggu bobot diatas tersebut karna memakan banyak waktu dan pastinya nilai ekonomis akan sedikit menurun.

    4. Ikan Nila


    Bisnis ikan air tawar yang menghasilkan keuntungan lainnya yaitu ada ikan nila. Ikan nila cukup mudah untuk dibudidayakan dimana setiap bertelur ikan ini bisa menghasilkan 500-1000 telur lho. Umumnya untuk memanen ikan ini dilakukan selama 4 - 5 bulan karna pertumbuhannya yang sangat cepat.

    5. Ikan Arwana


    Umumnya ikan arwana tidak untuk dikonsumsi karna ikan ini termasuka kedalam ikan hias. Ikan arwana merupakan salah satu ikan hias yang memiliki nilai jual yang amat tinggi dibanding dengan ikan lainnya. Ikan ini dipercaya bahwa dapat mendatangkan rejeki yang berlimpah bagi orang yang membudidayakannya.

    Kesimpulan


    Nah, itulah beberapa jenis ikan air tawar budidaya. Apakah kamu sudah mulai tertarik untuk membudidayakan ikan air tawar tersebut. Silahkan mencobanya semoga bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah ya.

    Belum ada Komentar untuk "5 Jenis Ikan Air Tawar Yang Cocok Untuk Dibudidayakan"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel