Recent Post


    2 Keuntungan dan Resiko Membeli Saham Yang Bisa Kamu Dapatkan

    Keuntungan Investasi Saham - Akhir-akhir ini investasi saham menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya berinvestasi selain menabung di bank.


    Sebagian orang memilih saham dengan alasan paling menguntungkan dibandingkan produk keuangan lain seperti reksadana, deposito, dan lain-lain. Namun, tidak semudah itu seseorang dalam memilih produk keuangan karna mereka mempertimbangkan berbagai hal.

    keuntungan membeli saham

    Semakin tinggi potensi keuntungan yang dihasilkan oleh suatu produk investasi, maka semakin besar juga potensi kerugiannya hal ini dikatakan high return, high risk.

    Keuntungan dan Resiko Membeli Saham


    Tidak ada suatu investasi yang mendapatkan keuntungan tinggi tanpa mengalami resiko. Karna jikalau adapun bisa dipastikan bahwa itu adalah investasi bodong. Berbeda dengan investasi saham dimana setiap hal yang berhubungan dengan transaksi dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    Keuntungan Membeli Saham


    Ada beberapa keuntungan investasi saham yang bisa kamu dapatkan diantaranya yaitu:

    1. Menerima Dividen


    Kamu berhak mendapatkan sebuah dividen dari saham yang kamu beli. Dividen ini merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahan kepada para pemegang saham secara merata sesuai dengan lembar saham yang dimiliki.

    Biasanya dividen ini dibagikan setiap tahun, tapi itu semua tergantung dari perusahaannya masing-masing. Dividen juga tidak semata-mata bisa dibagikan begitu saja karna perlu adanya persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

    Perusahaan juga tidak berkewajiban membagikan dividen ke pemegang saham, jika perusahaan tersebut sedang mengalami kerugian atau keuntungan perusahaan dipakai untuk memperluas jangkauan perusahaan.

    Hal penting lainnya yaitu nilai dari dividen itu sendiri tidak besar yaitu berkisar antara 1% hingga 3% dan keuntungan dividen yang kamu terima tersebut belum dipotong pajak.


    2. Capital Gain


    Semakin meningkatnya perusahaan dari waktu ke waktu, maka makin meningkat juga harga sahamnya. Kenaikan harga saham sangat menguntungkan bagi pemiliki saham perusahaan, dimana hal ini dapat kamu gunakan untuk menjual saham dengan keuntungan yang lebih dari pembeliannya.

    Selisih dari harga pembelian dan penjualan inilah yang dinamakan Capital Gain. Misal saja, kamu membeli saham perusahaan PT.XXX sebesar Rp 1.500 dan kamu menjualnya sebesar Rp 1.800, kamu bisa melihat selisihnya kan berarti kamu mendapatkan capital gain yaitu sebesar Rp 300.

    Resiko Membeli Saham


    Selain mendapatkan berbagai keuntungan diatas ternyata membeli saham juga memiliki resiko diantaranya yaitu:

    1. Tidak Mendapatkan Dividen


    Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa para pemegang saham tidak selalu dividen mendapatkan keuntungan. Hal ini bisa diakibatkan karna bisa jadi perusahaan sedang mengalami kerugian atau dalam RUPS tidak mendapatkan persetujuan dari suara mayoritas.

    2. Loss Selisih Harga Jual dan Beli


    Apabila performa bisnis perusahaan sedang tidak baik, ada kemungkinan bahwa harga saham akan turun. Nah, saat saham turun inilah jika kamu menjual saham dalam keadaan ini, kamu akan mendapat kerugian yaitu menjual harga saham dengan harga yang rendah dari pembelian.

    Kesimpulan


    Demikianlah, pembahasan mengenai keuntungan dan resiko saat membeli saham. Dengan mengetahui hal tersebut kamu harus bisa memilih dengan bijak saham-saham yang akan kamu beli maupun jual. Semoga informasi ini bermanfaat ya guys.

    Belum ada Komentar untuk "2 Keuntungan dan Resiko Membeli Saham Yang Bisa Kamu Dapatkan"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close