Recent Post


    Mengenal Proses Bisnis Sistem Informasi Beserta Contohnya

    Apa Itu Proses Bisnis - Proses bisnis adalah suatu kumpulan pekerjaan yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Dimana dalam suatu proses bisnis yang baik harus memiliki tujuan efektif, efesiensi, dan membuat mudah untuk beradaptasi dari proses didalamnya.


    Hubungan sistem informasi dengan proses bisnis yaitu serangkaian aktivitas yang berhubungan dengan logika tentang bagaimana suatu proses bisnis dikerjakan juga merepresentasikan cara unik yang dipilih suatu organisasi dalam mengkoordinasikan pekerjaan, informasi, dan pengetahuan.

    apa itu proses bisnis sistem informasi

    Proses Bisnis Menurut Para Ahli


    1. Monk (2009)

    Proses Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang menerima satu atau lebih masukkan (input) dan menghasilkan keluaran (output) yang bernilai bagi pelanggan. (Monk, 2009)


    2. Davenport (1993)

    Aktivitas yang terukur dan terstruktur untuk memproduksi output tertentu untuk kalangan pelanggan tertentu. Terdapat di dalamnya penekanan yang kuat pada "bagaimana" pekerjaan itu dijalankan di suatu organisasi, tidak seperti fokus dari produk yang berfokus pada aspek "apa". Suatu proses oleh karenanya merupakan urutan spesifik dari aktivitas kerja lintas waktu dan ruang, dengan suatu awalan dan akhiran, dan secara jelas mendefinisikan input dan output.

    3. Hammer dan Champy's (1993)

    Kumpulan aktivitas yang membutuhkan satu atau lebih inputan dan menghasilkan output yang bermanfaat/bernilai bagi pelanggan.

    Kesimpulan yang bisa saya ambil mengenai proses bisnis adalah suatu aktivitas yang berisi input dan output dari proses bisnis yang dijalankan.


    Suatu proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut sendiri tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya.

    Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan. Ada beberapa karakteristik umum yang dianggap harus dimiliki suatu proses bisnis diantaranya:

    Karakteristik Proses Bisnis


    1. Definitif

    Suatu proses bisnis harus memiliki batasan, masukan, serta keluaran yang jelas.


    2. Urutan

    Suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurut sesuai waktu dan ruang.

    3. Pelanggan

    Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses.


    4. Nilai Tambah

    Transformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah pada penerima.

    5. Keterkaitan

    Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait dalam suatu struktur organisasi.


    6. Fungsi Silang

    Suatu proses umumnya, walaupun tidak harus, mencakup beberapa fungsi.


    Fungsi Proses Bisnis


    • Membantu manajer dalam mengambil keputusan ketika menangani masalah yang ada selama proses bisnis berjalan.
    • Membantu pelanggan untuk memprediksikan kapan proses bisnis dimulai dan diakhiri ataupun berkelanjutan.
    • Membantu para pekerja perusahaan agar mengerti proses apa yang menjadi tugasnya dalam menjalankan proses bisnis.


    Contoh Proses Bisnis


    Contoh proses bisnis saat meminjam buku di perpustakaan:

    1. Pendaftaran Anggota

    Seorang calon anggota yang belum menjadi anggota perpustakaan dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pendaftaran. Setelah mengisi formulir tersebut, maka data calon anggota dapat di input kedalam sistem oleh pustakawan. Pustakawan mencetak kartu anggota dan menyerahkan ke anggota perpustakaan.

    2. Pengolahan

    Pustakawan harus memasukkan data koleksi bahan pustaka yang dibelinya ke dalam sistem. Proses pengelolan akan dilaksanakan dan pustakawan dapat mencetak label koleksi untuk masing-masing koleksi bahan pustaka.


    3. Peminjaman

    Koleksi bahan pustaka yang telah melalui proses pengolahan, dapat dipinjamkan kepada anggota. Saat seorang anggota meminjam koleksi bahan pustaka, pustakawan harus memasukkan nomor keanggotaan, dan sistem akan menyimpan data peminjaman serta menampilkan form untuk menambahkan data lengkap peminjaman. Pustakawan mengisikan nomor dari koleksi bahan pustaka yang akan dipinjam dan tanggal pengembalian.

    4. Pengembalian

    Pustakawan harus mencatat data pengembalian, pada saat anggota mengembalikan buku pinjamannya. Pustakawan mengisikan nomor dari koleksi bahan pustaka yang dikembalikan pada form Pengembalian. Pada form ini terdapat informasi seperti anggota peminjam, koleksi bahan pustaka yang telah dipinjam tapi belum dikembalikan, tanggal pengembalian, denda yang harus dibayar, dan perpanjangan waktu peminjaman.


    Sumber referensi klik Disini

    Belum ada Komentar untuk "Mengenal Proses Bisnis Sistem Informasi Beserta Contohnya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close