Recent Post


    9 Aplikasi Perekam Layar Laptop Dan Hp Terbaik

    Aplikasi Perekam Layar - Mungkin sebagian dari kamu masih merekam sebuah layar laptop atau hp menggunakan pihak ketiga. Pihak ketiga disini adalah alat perekam seperti kamera atau smartphone yang khusus hanya untuk merekam layar yang dituju.


    Hal seperti ini tidak masalah untuk dilakukan hanya saja sangatlah ribet dan juga memiliki banyak kekurangan. Kekurangan ketika kamu merekam sebuah layar baik di pc atau hp menggunakan alat bantu kamera salah satunya hasil dari video tersebut terdapat noise atau suara bising.

    Wajar saja karna memang kamera mengambil semua yang ada disekitarnya termasuk suara, meskipun tujuan kamu hanya ke laptop. Oleh karena itu, karna rumitnya hal tersebut muncullah sebuah inovasi aplikasi yang dapat membantu seseorang dalam merekam sebuah layar di laptop ataupun smartphone.

    aplikasi perekam layar laptop dan hp

    Aplikasi perekam layar ini dapat mengambil rekaman video dan suara hanya dari dalam saja suara yang ada diluar tidak ikut terekam kedalam, kecuali kamu menggunakan headset dan membuat settingan agar suara dari luar bisa terdengar seperti suara dari mulutmu. Jadi bisa dipastikan hasil rekaman tersebut memiliki suara yang jernih tidak ada bising.

    Biasanya seseorang yang melakukan aktivitas merekam layar ini adalah seorang Youtuber ataupun Gamer. Tapi, tidak sedikit juga seseorang yang diluar profesi tersebut melakukan perekaman layar, misalnya saja untuk video call, membuat tutorial, sampai live streaming.

    Saat ini terdapat banyak sekali aplikasi screen recorder baik untuk laptop maupun hp. Tentunya aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang menarik dan sangat berguna. Penasaran apa saja aplikasi itu? Berikut ini beberapa aplikasi perekam layar terbaik dan gratis yang bisa kamu gunakan.

    Aplikasi Perekam Layar Untuk Laptop


    Di laptop sendiri ada beberapa aplikasi screen recorder gratis yang paling banyak digunakan sampai saat ini diantaranya yaitu:

    1. Bandicam


    bandicam

    Aplikasi perekam layar gratis yang bisa kamu gunakan dengan mudah yaitu bandicam. Bandicam termasuk aplikasi populer dimana dengan bandicam kamu dapat merekam layar laptop dengan bitrate dan framerate yang cukup tinggi.

    Tentunya dengan framerate dan bitrate yang tinggi menghasilkan video yang memiliki pergerakan sangat halus. Meski kualitas dari rekaman yang dihasilkan sangat baik, penyimpanan hasil video ini terbilang cukup kecil loh dibandingkan yang lainnya.

    Bandicam bisa kamu dapatkan dari 2 versi, yaitu berbayar dan gratis. Versi gratis aplikasi ini kamu akan mendapatkan watermark pada video, sedangkan versi berbayar kamu tidak akan melihat watermark tersebut sehingga tidak menganggu jalannya video.

    2. Camtasia


    camtasia

    Aplikasi screen recorder gratis yang tidak boleh kamu lewatkan adalah camtasia. Kenapa dibilang tidak boleh dilewatkan? Sebab, aplikasi ini memiliki fitur sangat lengkap dan canggih yang dimilikinya seperti penggunaan green screen, penambahan subtitle, dan lain-lain.

    Selain untuk merekam ternyata camtasia juga bisa untuk mengedit video loh. Cara mengedit video di camtasia juga cukup mudah hanya perlu drag and drop saja. Jadi, sangat cocok bagi kamu yang pemula dan belum mengetahui cara edit video.

    Aplikasi ini tersedia dalam bentuk gratis yaitu dapat dinikmati secara trial hanya dalam hitungan beberapa waktu saja. Apabila kamu ingin menggunakannya tanpa trial kamu harus membelinya seharga kurang lebih $169 dan kamu sudah bisa menikmatinya dengan bebas.


    3. ScreenCast O Matic


    screencast o matic

    Aplikasi perekam layar laptop ringan yang sering digunakan terutama untuk siswa sekolah adalah screencast o matic. Aplikasi ini gratis dan bebas kamu gunakan tanpa mengeluarkan biaya untuk membeli atau mencobanya.

    Hebatnya fitur yang ada pada aplikasi ini tidak kalah jauh loh dengan aplikasi yang berbayar. Hanya saja hasil video yang kamu rekam terdapat sebuah watermark. Hal tersebut wajar karena memang aplikasi gratisan.

    4. CamStudio


    camstudio

    Selain camtasia ternyata ada juga lho aplikasi yang hampir mirip yaitu CamStudio. Yap, mirip dari segi namanya saja ya secara fitur dan penggunaan antara keduanya cukup berbeda. CamStudio dapat merekam layar laptop secara full baik video maupun audionya.

    Tidak hanya itu video yang dihasilkan juga berformat AVI. Seperti yang kita ketahui bahwa file dengan format AVI memiliki ukuran file yang besar. Akan tetapi, kenyataannya camstudio mampu menghasilkan video dengan kualitas tinggi, namun memiliki ukuran file yang kecil.

    5. OBS Studio


    obs studio

    Salah satu aplikasi perekam layar pc terbaik yang sering digunakan para youtuber adalah OBS Studio. OBS Studio biasa digunakan untuk melakukan live streaming baik untuk bermain game atau broadcast lainnya.

    Aplikasi ini hadir dengan fitur-fitur yang lengkap dan juga termasuk aplikasi open source artinya siapapun bisa menggunakan OBS Studio. Selain open source, OBS juga termasuk ke dalam multiplatform dimana kamu dapat menggunakan aplikasi ini di sistem operasi manapun.

    Untuk menggunakan OBS kamu perlu memahaminya terlebih dahulu, sebab aplikasi ini kurang cocok bagi para pemula karna tidak user-friendly atau sulit digunakan.

    Aplikasi Perekam Layar Untuk HP


    Selain untuk laptop ada juga aplikasi screen record untuk hp. Meski sebagian hp ada yang memiliki perekam layar bawaan, tapi tidak semua memiliki kualitas yang bagus. Oleh karena itu, masih banyak yang menggunakan aplikasi seperti berikut:

    1. DU Screen Recorder


    du screen recorder

    Aplikasi perekam layar untuk hp ini bisa kamu gunakan tanpa perlu melakukan rooting. DU Screen Recorder memiliki fitur yang lengkap dimana terdapat fitur editing video juga.

    Kamu bisa merekam layar ponsel tanpa harus cut to cut karna aplikasi ini terdapat fitur pause. Serta bitrate dan framerate yang ditawarkan juga sudah HD atau diatas 720p, hanya saja hasil video dengan ukuran yang tinggi memiliki file berukuran besar.

    2. Screen Recorder - Free No Ads


    screen recorder free no ads

    Suka sebel dengan aplikasi recorder yang ada iklannya? Sepertinya screen recorder - free to ads ini cocok untuk kamu gunakan, sebab aplikasi tersebut tidak memiliki iklan saat digunakan.

    Ditambah lagi dengan fitur menarik yang dapat membantu kamu lebih mudah dalam merekam layar. Kamu juga bisa merekam layar berbarengan dengan menampilkan wajah layaknya orang sedang melakukan selfie lho.

    3. Mobizen


    mobizen

    Aplikasi perekam layar terbaik android lainnya ada Mobizen. Mobizen ini bisa melakukan apa saja mulai dari transfer file, mengirim sms, hingga streaming video. Uniknya tidak seperti aplikasi lain yang memberikan spesifikasi minimum pada ponsel untuk digunakan.

    4. AZ Screen Recorder


    az screen recorder

    AZ Screen Recorder bisa kamu gunakan untuk menangkap layar smartphone dengan kualitas FullHD dan tanpa harus melakukan root pada ponselmu. Fitur yang tersedia pada aplikasi ini juga terbilang sangat lengkap sehingga memudahkanmu dalam merekam layar hp.

    Kesimpulan


    Demikianlah beberapa informasi mengenai aplikasi perekam layar untuk laptop dan hp terbaik yang bisa kamu gunakan. Semua aplikasi diatas terdapat 2 versi, yaitu gratis dan berbayar. Jadi, kamu bisa memilihnya jika ingin membuka semua fitur yang ada kamu bisa memilih versi berbayar, sedangkan jika kamu hanya ingin merekam saja bisa menggunakan versi gratis.

    Belum ada Komentar untuk "9 Aplikasi Perekam Layar Laptop Dan Hp Terbaik"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel